GAYA HIDUP
23 Desember 2019

Jangan Sembarangan, Ini Tips Memilih Sepatu Saat Hamil

Jangan sembarangan beli sepatu di masa kehamilan!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Memilih sepatu saat hamil ternyata bukan hal mudah, Moms. Kenyamanan memang nomor satu, tapi bagaimana cara agar kaki Moms tetap terjaga kesehatannya itu jauh lebih penting. Lalu bagaimana dengan koleksi high heels milik Moms? Tinggalkan semua.

"Berat badan dan bentuk tubuh Anda berubah saat ini, sehingga pusat gravitasi pun berubah. Ini membuat cara berjalan Anda tentu ikut berubah dan tidak mantap saat menapak. Selain itu, ligamen cenderung lebih longgar selama kehamilan, ini dapat mengakibatkan ketidakstabilan sendi dan ketegangan otot," jelas Jennifer Shu, MD, dokter anak bersertifikat dan juga penulis.

Lagipula, sepatu dengan hak dapat memperbesar risiko Moms terjatuh dan ini tidak baik untuk keamanan Moms. Jadi, saatnya mengganti sepatu milik Moms.

Ikuti tips berikut ini ya Moms dalam memilih sepatu saat hamil:

Baca juga: Kaki Bengkak Saat Hamil, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tips Memilih Sepatu saat Hamil

kesehatan, hamil, sepatu

Foto: romper.com

  1. Moms harus memilih sepatu saat hamil yang memungkinkan kaki Moms bernapas dengan baik. Sebab, di masa kehamilan Moms jadi lebih mudah berkeringat. Pastikan sepatu tetap kering agar tidak licin atau pun bau karena basah akibat keringat.
  2. Pastikan sepatu rata atau tidak memiliki hak.
  3. Moms bisa memilih sepatu saat hamil dengan ujung yang lebar agar tidak menekan dan menghalangi sirkulasi darah di kaki Moms.
  4. Cari sepatu yang stabil dan nyaman. Pilih sepatu yang terbuat dari bahan yang lembut, elastis, menyerap air, dan sejuk. Sepatu dengan alas karet akan sangat menolong Moms untuk membuat kaki lebih nyaman dan membuat penyebaran berat badan jadi lebih merata.
  5. Jika ingin membeli sepatu, beli saat malam hari ketika kaki dalam keadaan mengembang. Hal ini agar Moms tidak merasa kesempitan saat menggunakannya di siang hari.
  6. Coba memilih sepatu saat hamil yang mudah dipakai.
  7. Pastikan Moms memiliki beberapa pasang sepatu yang sesuai dengan cuaca dan musim yang sedang berlangsung untuk menjaga sirkulasi darah di kaki tetap lancar.
  8. Perhatikan panjang dan lebar sepatu saat ingin membelinya. Moms bisa membeli sepatu dengan ukuran satu nomor di atas nomor sepatu biasanya. Sebab, di masa kehamilan ukuran kaki bisa bertambah.
  9. Jangan beli yang mahal. "Moms tidak perlu membeli sepatu yang terlalu mahal. "Sebaiknya jangan berbelanja sepatu mahal selama kehamilan, karena ada kemungkinan besar sepatu itu tidak cocok lagi untuk Anda begitu bayinya lahir," jelas dr. Amos Grunebaum, MD, FACOG.

Baca juga: Waspadai Kaki Bengkak saat Hamil

Jenis Sepatu Aman Dipakai

kesehatan, hamil, sepatu

Foto: babycenter.com

Terdapat dua jenis sepatu atau alas kaki yang paling tepat untuk Moms pakai di masa kehamilan. Selain aman dan nyaman, kedua jenis ini dijamin tidak akan membuat Moms merasa cepat lelah saat menggunakannya.

Flats

kesehatan, hamil, sepatu

Foto: cesblanco.blogspot.com

Sepatu flats adalah pilihan yang paling tepat untuk Moms yang sedang mengandung. Sebab sepatu ini memudahkan Moms untuk beraktivitas tanpa harus membungkuk saat harus mengenakannya. Pilih sepatu dengan model slip on tanpa tali dan memiliki support yang baik untuk pergelangan kaki Moms.

Sandal

kesehatan, hamil, sepatu

Foto: hiveminer.com

Tidak semua sandal bisa Moms gunakan. Sekali lagi, Moms harus memilih sandal yang tidak menjepit bagian depan kaki dan dapat digunakan dalam setiap kondisi sehingga Moms tidak perlu terlalu banyak mengganti alas kaki.

Baca juga: Bagaimana Mengatasi Kram Kaki Saat Hamil?

Ingat, belanjalah sesuai dengan kebutuhan Moms di masa kehamilan dan jangan berlebihan. Selamat memilih sepatu saat hamil!

ERN/KM

Artikel Terkait