PROGRAM HAMIL
23 Januari 2019

Hati-hati! Ini 3 Jenis Makanan yang Dapat Mengancam Kesuburan

Makanan bisa jadi sumber masalah kesuburan
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Makanan merupakan faktor penting untuk Moms sebelum hamil, sebab ternyata pola makan sehari-hari berhubungan dengan masalah kesuburan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Academy of Nutrition and Dietetics menemukan bahwa banyak perempuan yang tidak makan dengan tepat saat mempersiapkan kehamilan.

Kondisi ini menyebabkan banyak perempuan tidak menyadari penyebab dari masalah kesuburan yang sedang dialami. Hal ini semakin menguatkan bahwa makanan juga turut berpengaruh pada masalah kesuburan.

Banyak pasangan yang tak menyadari bahwa gaya hidup sehari-hari justru menjadi masalah yang menyebabkan susah hamil.

Tidak hanya dari istri saja, gaya hidup seperti pola makan yang salah juga kerap dilakukan oleh para suami.

Makanan untuk kesuburan yang kerap dilewati antara lain protein, asam lemak hingga serat.

Nah, untuk mencegah masalah kesuburan yang berlanjut, ada baiknya Moms menghindari makanan yang justru dapat mengancam kesuburan. Apa saja ya? Berikut daftarnya!

Ikan Bermerkuri Tinggi

shutterstock 1063751891

Pasalnya merkuri merupakan sumber kerusakan untuk saraf manusia. Artinya jika Moms mau mendapatkan kesuburan dan kehamilan yang baik, kurangi mengonsumsi ikan tinggi merkuri.

Kondisi ikan merkuri tinggi ini terdapat pada ikan dengan ukuran besar dan tak umum dijual di pasaran, yakni hiu, todak, marlin, king mackerel, dan tuna.

Tak hanya berbahaya untuk Moms yang sedang merencanakan kehamilan, makanan ini juga berbahaya untuk ibu hamil dan janin.

Ahli diet Suzanne Fisher mengungkapkan bahwa seafood atau makanan laut aman dikonsumsi oleh ibu hamil maupun yang sedang mempersiapkan kehamilan.

Namun, pilih ikan yang tepat serta memasaknya dengan matang adalah hal yang patut diperhatikan.

Baca Juga: 4 Jenis Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Menjalani Program Hamil

Soda

shutterstock 361921463

Selain jenis makanan untuk kesuburan, ada pula minuman yang sebaiknya dihindari. Soda menjadi deretan minuman yang dapat mengganggu kesuburan.

Soda akan memengaruhi perubahan metabolisme karena soda mengandung gula buatan dan pemanis buatan. Hal ini akan mengubah bakteri baik menjadi bateri yang buruk bagi tubuh Moms.

Tak hanya soda, Moms juga harus memilih minuman khususnya minuman kemasan dengan kualitas baik.

Sebaiknya Moms mulai membiasakan minum air putih dari botol minum yang Moms bawa dari rumah. Perlu diingat, 75 persen tubuh kita adalah air sehingga asupan air putih juga harus dijaga.

Baca Juga: Ternyata Ini 5 Manfaat Durian untuk Kesuburan

Makanan Cepat Saji

shutterstock 365602730

Mengonsumsi makanan cepat saji memang menjadi favorit bagi banyak orang. Apalagi dengan kemudahan mendapatkannya serta rasanya yang enak.

Makanan cepat saji tidak hanya berbahaya untuk Moms dalam hal kesuburan. Banyak juga kasus kesehatan yang terjadi karena seseorang sering menyantap makanan cepat saji.

Berbagai studi menunjukkan bahwa makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko infertilitas sebanyak 50 persen.

Infertilitas atau masalah kesuburan ini tentu berbahaya untuk Moms yang sedang merencanakan kehamilan.

Lalu, bagaimana menghadapi masalah kesuburan ini? “Fokus pada pola makan baik dan benar akan menjadi faktor pendukung Moms untuk segera memiliki momongan,” ujar Marthur, seorang ahli gizi di New York.

Perbanyak makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan akan kaya serat. Selain nutrisinya, jangan lupa perhatikan tahapan sumber makanan dan pola memasak makanan tersebut dengan baik dan benar.

Cara menyimpan dan pengolahan makanan juga penting. Apakah Moms sempat menghindari jenis makanan tertentu agar cepat hamil?

(GSA)

Artikel Terkait