KESEHATAN
20 Juli 2020

Mengenal 9 Jenis Sampo dan Manfaatnya untuk Rambut

Apakah Moms mengetahui semuanya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Sampo adalah bagian dari perawatan tubuh yang tidak hanya untuk membersihkan kulit kepala, tetapi juga setiap helai rambut di kepala. Bahkan, penggunaan sampo telah dilakukan sejak bayi.

Setiap orang memiliki jenis kulit kepala yang berbeda-beda, begitu juga dengan sampo bayi dengan ragam jenis yang bisa Moms pilih sesuai dengan kebutuhan Si Kecil.

Menurut American Academy of Dermatology, intensitas keramas pada anak harus terlebih dahulu mempertimbangkan tiga hal: jenis rambut (lurus, keriting, berminyak, kering), usia anak, dan tingkat aktivitas.

Jenis Sampo

Mengutip Indian Journal of Dermatology, berikut ini beberapa jenis sampo yang tersedia serta apa saja kegunaan dari sampo tersebut.

1. Sampo Rambut Normal

jenis sampo-normal.jpg

Foto: michaelanthonysalondc.com

Sampo rambut normal adalah sampo untuk orang-orang yang memiliki rambut yang tidak tersentuh dengan bahan kimia (pewarna rambut, hair spray, dll), dan kulit kepala yang menghasilkan sebum atau minyak dalam tingkat sedang.

Sampo untuk rambut normal menggunakan lauryl sulfate sebagai deterjen utama yang dapat membersihkan dengan baik.

2. Sampo Rambut Kering

jenis sampo-kering.jpg

Foto: parade.com

Seperti namanya, sampo ini dikhususkan untuk orang-orang yang telah menjalani perawatan kimia atau prosedur penataan rambut yang dapat membuat rambut kasar dan kering.

Jenis sampo ini memberikan pembersihan ringan dan memberikan kelembapan rambut yang baik.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang

3. Sampo Rambut Berminyak

jenis sampo-berminyak.jpeg

Foto: byrdie.com

Ini adalah jenis sampo untuk orang-orang yang memproduksi sebum atau minyak berlimpah.

Biasanya, sampo khusus rambut berminyak mengandung bahan lauryl sulfate atau sulfosuccinate sebagai deterjen dan tanpa kondisioner.

4. Sampo Setiap Hari

jenis sampo-daily shampoo.jpg

Foto: marthastewart.com

Sampo setiap hari (daily shampoo/everyday shampoo) adalah untuk orang-orang yang ingin mencuci rambut setiap hari bersamaan ketika hendak mandi, agar rambutnya tidak terasa kotor.

Penggunaan sampo ini biasanya mengandung deterjen ringan dan kondisionernya dijual secara terpisah.

Penggunaan kondisioner dilakukan segera setelah keramas dan dibilas sebelum rambut dikeringkan.

5. Deep Cleansing Shampoo

jenis sampo-deep cleansing.jpg

Foto: thelist.com

Deep cleansing shampoo bisa digunakan untuk orang yang sering menggunakan produk penataan rambut, seperti hair spray, gel, dan mousse rambut.

Bahan dari produk penata rambut ini menumpuk di batang rambut ketika digunakan terus menerus dan membuat rambut terlihat kasar, kusam dan terasa kasar.

Deep cleansing shampoo bekerja dengan menggunakan deterjen kuat seperti lauryl sulfat untuk mengangkat residu dari produk ini. Karena bahannya kuat, disarankan menggunakan sampo ini seminggu sekali.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Sabun dan Sampo Bayi yang Aman

6. Sampo Bayi

jenis sampo-sampo bayi

Foto: Orami Stock Photos

Sampo bayi hanya mengandung deterjen ringan yang tidak menyebabkan iritasi mata dan tingkat pembersihan yang ringan, karena bayi menghasilkan sangat sedikit sebum.

Sampo bayi mengandung deterjen jenis khusus seperti betain yang bisa mencegah sengatan dan iritasi, tetapi, masih berpotensi merusak mata jika secara tidak sengaja masuk ke mata.

7. Sampo Obat

jenis sampo-sampo obat.jpg

Foto: elitereaders.com

Jenis sampo obat biasanya digunakan untuk orang dengan masalah kulit kepala seperti dermatitis seboroik, psoriasis, infeksi bakteri atau jamur.

Selain mengandung pembersih biasa, sampo ini juga memiliki kandungan zat aktif seperti kortikosteroid, asam salisilat, belerang, selenium sulfida, polivinilpirolidon-iodin kompleks, fenol terklorinasi atau seng pyrithione.

Baca Juga: Memilih Sampo yang Tepat untuk Rambut Wangi Seharian

8. Shampo 2-in-1

jenis sampo-sampo 2 in 1.jpg

Foto: ontheflyhaircare.com

Sampo ini mengandung silikon dalam bentuk dimethicone sebagai kondisioner, dan deterjen ringan, seperti laureth sulfate atau deterjen kationik, yang menghasilkan busa yang cukup baik.

Kegunaannya adalah sampo ini memiliki dua fungsi sekaligus dalam satu kali pemakaian.

9. Sampo Profesional

jenis sampo-sampo profesional.jpg

Foto: nbcnews.com

Sampo ini digunakan bukan untuk orang biasa, tetapi untuk penggunaan penata rambut profesional dan ahli tata rias.

Biasanya, sampo profesional digunakan sebelum prosedur pemotongan atau penataan rambut di salon, atau sebelum dan sesudah proses kimia seperti proses pemutihan dan pewarnaan rambut.

Jenis sampo profesional memiliki bahan yang bisa menetralkan efek keras bahan kimia pada batang rambut atau menghilangkan residu bahan kimia yang diaplikasikan untuk mencapai gaya atau warna rambut tertentu.

Karena itu, jenis sampo ini tidak akan digunakan untuk perawatan rambut sehari-hari. Di antara berbagai jenis sampo di atas, mana yang biasa Moms gunakan?

Artikel Terkait