PERNIKAHAN & SEKS
14 Agustus 2019

Jika Istri Tak Ingin Punya Anak, Apa yang Harus Dilakukan?

Jika istri tak ingin punya anak, apa yang harus dilakukan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Akan ada masa di mana kehidupan orang lain di sekitar kita akan terasa sama semua tahapannya: berkenalan, pacaran, menikah, dan punya anak. Bisa diasumsikan, hampir semua orang memiliki keinginan yang sama.

Toh pada akhirnya, untuk beberapa orang pernikahan memang hal yang penting, sementara untuk sisanya pernikahan adalah hal yang terasa mencekam dan tak menyenangkan.

Jika dalam pernikahan ditemukan adanya ketidakcocokan, masih bisa melakukan perceraian. Namun bagaimana dengan anak?

Baca Juga: 5 Film Romantis Terbaik untuk Tingkatkan Kemesraan Suami Istri

Memutuskan untuk memiliki anak atau tidak adalah hal yang berbeda. Tak ada kompromi, karena memiliki anak adalah komitmen seumur hidup, dan tak ada lagi yang bisa dilakukan untuk memutar balikkan waktu jika sudah terlanjur memiliki anak.

Juga, beberapa orang memang terang-terangan jika tak ingin memiliki anak di masa depan.

Bagaimana Jika Kita Ingin Punya Anak, Sementara Istri Tidak?

ingin punya anak

Foto: huffingtonpost.com

Menurut Jenny Douglas dari Relationships Australia, memiliki anak bisa menjadi sebuah dilema karena banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti kapan akan punya anak dan berapa anak yang ingin dimiliki.

Biasanya orang akan memperhitungkan banyak faktor apakah mereka ingin memiliki anak atau tidak, termasuk pengalaman pribadi mereka dengan keluarga inti mereka saat kecil dulu.

Juga, orang cenderung ingin mereplika pengalaman baik mereka saat masih kecil atau justru malah mencari sesuatu untuk diperbaiki karena memiliki trauma sehingga ingin membuat pengalaman yang berbeda untuk anak mereka.

Baca Juga: Sudah Tahu, Berapa Lama Durasi Bercinta yang Paling Ideal?

Bicarakan dengan Istri Secara Baik-Baik

punya anak

Foto: idiva.com

Jika memang tidak memiliki rencana untuk punya anak, harus didiskusikan dari awal hubungan.

Menurut psikolog Dr. Jennifer Rhodes, mengeksplor semua kemungkinan yang akan terjadi bersama pasangan di awal hubungan akan membuat setiap keputusan yang diambil juga penuh pertimbangan dan pemikiran yang matang.

Jika tak pernah mendiskusikan hal ini dari awal hubungan, akan semakin susah karena pasangan mungkin akan berpikir bahwa semuanya baik-baik saja dan keputusan untuk tidak punya anak tak pernah dipikirkan sama sekali.

Jika istri tak ingin punya anak namun Dads tetap ingin punya anak, mungkin sudah saatnya untuk memikirkan semua keputusan yang akan diambil di kemudian hari.

Baca Juga: 4 Film yang Bisa Dijadikan ‘Pemanasan’ Sebelum Bercinta dengan Pasangan

Cobalah untuk meminta bantuan tenaga profesional seperti konselor pernikahan untuk mencari jalan tengahnya.

Bisa juga dengan mengadopsi anak yang sudah beranjak remaja agar bisa menghemat tahun-tahun pertama memiliki anak yang melelahkan.

Pada akhirnya, semua keputusan memang harus didiskusikan bersama pasangan dengan baik dan matang agar tak ada perselisihan di kemudian hari.

Artikel Terkait