BAYI
29 November 2019

Kapan Bayi Bisa Berguling Sendiri?

Moms harus tau ya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Berguling adalah milestone awal yang sangat penting bagi bayi. Setelah bayi bisa berguling sendiri mereka akan mulai belajar keterampilan lainnya seperti duduk, merangkak, berdiri, merayap dan berjalan.

Kapan Bayi Bisa Berguling Sendiri?

bayi berguling sendiri

Foto: babyinfo.com.au

“Beberapa bayi belajar berguling pada usia 3 atau 4 bulan, tetapi sebagian besar bayi sudah berhasil berguling sendiri pada usia 6 atau 7 bulan,” kata Rallie McAllister, M.D., penulis pendamping The Mommy MD Guide to Your Baby’s First Year, seperti dikutip dari Parents.

Biasanya bayi akan mulai belajar berguling dari posisi tengkurap ke telentang terlebih dahulu, kemudian dari posisi telentang ke tengkurap sebulan kemudian karena membutuhkan lebih banyak koordinasi dan kekuatan otot.

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Keamanan Bayi Saat Merangkak

Bagaimana Bayi Belajar Berguling?

bayi berguling sendiri

Foto: cherbebesleep.com

Dalam laman Baby Center dikatakan bahwa pada usia sekitar 3 bulan, ketika diletakkan dalam posisi tengkurap, bayi akan mengangkat kepala dan pundaknya menggunakan lengannya untuk menopang.

Gerakan kecil ini dapat membantu bayi memperkuat otot yang nantinya digunakan untuk berguling.

Pada usia 5 bulan, bayi mungkin akan dapat mengangkat kepalanya, mendorong lengannya, dan melengkungkan punggungnya untuk mengangkat dadanya dari lantai.

Si Kecil bahkan bisa mengguncang perutnya, menendangkan kakinya, dan menggerakkan tangannya secara bebas.

Semua pencapaian kecil ini perlahan-lahan akan membantu bayi bisa berguling sendiri secara sempurna pada usia sekitar 6 bulan.

Baca Juga: Bayi Tidak Merangkak Tapi Mengesot, Normalkah?

Bagaimana Cara Menstimulasi Agar Bayi Bisa Berguling Sendiri?

bayi berguling sendiri

Menurut NCT.org.uk, membiasakan bayi melakukan tummy time (dengan pengawasan yang ketat) dapat membantunya memperkuat otot punggung, lengan, dan leher, yang sangat dibutuhkan untuk mendukung bayi bisa berguling sendiri.

Selain itu, tummy time juga dinilai daat mendorong bayi untuk berguling dan memandang dunia di sekitarnya dengan cara yang berbeda.

Moms dapat melatih tummy time pada Si Kecil sekali atau beberapa kali sehari. Namun, beberapa bayi cenderung tidak suka melakukan tummy time. Ini sangat normal dan biasanya dapat berubah saat bayi mulai berembang dari minggu ke minggu.

Jika Si Kecil juga tampak tidak nyaman dan rewel, cari tahu apa yang kira-kira bisa membuatnya terhibur selama melakukan tummy time. Misalnya, meletakkan mainan favorit tepat di hadaannya.

Baca Juga: Cara Stimulasi Bayi agar Mudah Berguling

Jika bayi belum juga berguling sama sekali saat ia berusia sekitar 6 bulan dan tidak mencoba untuk duduk sendiri (beberapa bayi cenderung melewatkan kemampuan berguling dan langsung bisa duduk sendiri), konsultasikan kondisinya dengan dokter anak.

Setiap bayi mengembangkan keterampilan secara berbeda, beberapa lebih cepat daripada yang lainnya dan beberapa bayi tidak pernah benar-benar berguling sendiri.

Selain itu, perlu diingat bahwa bayi prematur umumnya akan mencapai kemampuan untuk berguling sendiri dan tonggak pencapaian lainnya terkesan lebih lambat dari bayi yang lahir cukup bulan. Ketahui tonggak pencapaian bayi prematur berdasarkan usia koreksi atau usia sebenarnya.

RGW

Artikel Terkait