FASHION & BEAUTY
22 Oktober 2019

7 Kebiasaan yang Bikin Rambut Cepat Rontok

Ternyata, ada beberapa kebiasaan yang membuat rambut lebih cepat rontok
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Rambut menjadi mahkota indah bagi perempuan yang harus dirawat dengan baik. Rambut berkilau dan kuat adalah ciri-ciri dari rambut sehat. Namun, rambut yang rapuh dan mudah rontok adalah ciri-ciri dari rambut yang tidak sehat.

Masalah rambut rontok rasanya lebih sering terlihat pada pria, tapi sebenarnya wanita lebih rentan mengalami kondisi ini.

Sebagian besar wanita menyadarinya saat sudah berusia 50-an atau 60-an, tetapi sebenarnya rambut rontok bisa terjadi pada usia berapa pun dan karena berbagai faktor alasan.

Penyebab Rambut Rontok

7 Kebiasaan yang Bikin Rambut Cepat Rontok-2.jpg

Menurut Wendy E. Roberts, MD, dokter kulit di Rancho Mirage, California, mengungkapkan ada berbagai penyebab rambut rontok.

Di antaranya karena mengonsumsi obat-obatan, terpapar bahan kimia, faktor genetik, perawatan rambut yang salah, terkena infeksi atau penyakit tertentu.

Beberapa gangguan kesehatan seperti kelainan tiroid, anemia, penyakit autoimun, sindrom ovarium polikistik, psoriasis, dan dermatitis seboroik dapat menyebabkan kerontokan rambut. Namun sebenarnya, kerontokan rambut dalam jumlah yang wajar itu adalah hal yang normal terjadi.

“Kebanyakan orang normalnya kehilangan 50 sampai 100 helai rambut setiap hari. Bahkan, saat keramas, kita bisa kehilangan sampai 250 helai rambut. Tapi, jangan menghindari keramas demi menjaga rambut karena ujung-ujungnya tetap akan rontok,” ujar dr. Wendy.

Baca Juga: 8 Cara Merawat Rambut Rontok pada Ibu Hamil

Nah, untuk melihat apakah kerontokan rambut yang dialami wanita sudah parah atau belum, Moms bisa mengetahuinya melalui beberapa hal ini.

“Saat bangun di pagi hari, coba lihat apakah ada rambut yang tertinggal di permukaan bantal. Kalau banyak, dapat diartikan rambut sudah menipis. Lalu, saat menyisir rambut, perhatikan seberapa banyak rambut yang tersisa di sisir. Jika banyak rambut yang tersisa lebih dari biasanya, berarti kerontokan rambut yang dialami sudah parah,” jelas dr. Wendy.

Kerontokan rambut dapat menjadi hal yang mengerikan bagi wanita karena rambut berisiko untuk menipis. Ternyata kondisi ini bisa terjadi karena beberapa kebiasaan yang dilakukan sehari-hari, lho, Moms.

Kebiasaan yang Jadi Penyebab Rambut Rontok

7 Kebiasaan yang Bikin Rambut Cepat Rontok-3.jpg

Perhatikan beberapa kebiasaan penyebab rambut rontok di bawah ini:

1. Terlalu sering keramas dengan air hangat

Mandi dengan air hangat memang bisa membuat tubuh lebih rileks, namun sebaiknya hindari kebiasaan menggunakan air hangat karena bisa menyebabkan rambut kering dan rapuh. Akhirnya, kebiasaan ini bisa jadi penyebab rambut rontok.

2. Asupan makanan yang salah

Ya, pola makan yang tidak teratur atau sengaja melewatkan jam makan bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi termasuk juga rambut.

Padahal rambut membutuhkan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi, seperti makanan kaya protein, zat besi, vitamin A, zinc, dan vitamin D.

3. Menyisir rambut saat basah

Hindari kebiasaan menyisir rambut saat keadaan rambut masih basah. Hal ini dapat membuat rambut rapuh dan mudah rontok.

Selain itu, hindari terlalu sering mengeringkan rambut memakai hairdryer. Keringkan rambut secara alami karena lebih sehat.

Baca Juga: Alami dan Mudah, Ini 4 Perawatan Rambut Rontok yang Bisa Moms Lakukan

4. Mengikat rambut terlalu kuat

Mengikat rambut yang parahnya bisa terbawa sampai kita ketiduran, ternyata bisa jadi penyebab rambut rontok.

Kebiasaan ini bisa melemahkan folikel rambut sehingga pertumbuhan rambut menjadi terhambat.

5. Hindari produk berbahan keras dan panas

Menggunakan produk perawatan rambut yang salah bisa mengakibatkan rambut rontok. Hindari menggunakan produk berbahan kuat seperti alkohol karena dapat membuat rambut kering dan rapuh.

Tak hanya itu, hindari terlalu sering memakai alat styling rambut seperti catokan atau pengeriting rambut. Temperatur yang tinggi bisa merusak protein alami rambut yang menyebabkan rambut lebih tipis.

Rambut yang terpapar bahan kimia seperti pengecatan rambut juga bisa mengakibatkan kerontokan. Jika Moms mewarnai rambut, sebaiknya berikan perawatan yang tepat.

Baca Juga: Ini 5 Masalah Kesehatan yang Jadi Penyebab Rambut Rontok Setiap Hari

Itulah kebiasaan yang menjadi penyebab rambut rontok. Cara mengatasinya bisa mengurangi pemakaian alat styling rambut bersuhu panas, gunakan hair tonic, dan memakai produk perawatan rambut yang tepat. Jaga kesehatan rambut agar tetap berkilau, ya, Moms!

(DG)

Artikel Terkait