RUPA-RUPA
16 Juni 2019

Kenali 5 Jenis Banchan, Makanan Pendamping Khas Korea yang Lezat

Mana jenis banchan yang jadi favorit Moms?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Dina

Bila Moms sering mengunjungi restoran Korea, tentu sudah tidak asing bila terkadang disediakan piring-piring kecil yang diberikan sebelum hidangan utama disajikan di meja.

Piring-piring kecil ini yang disebut banchan (secara harfiah diterjemahkan menjadi "lauk pauk") disajikan di depan hidangan utama, tetapi ini bukan makanan pembuka.

Banchan adalah camilan Korea yang berfungsi sebagai pelengkap, punya rasa kontras, dan juga bumbu sekaligus. Makanan ini sangat diperlukan sebagai bagian dari hidangan Korea.

Mengutip dari Thrillist, ada sekitar 250 juta jenis banchan yang bisa ditemui di restoran tertentu pada hari tertentu. Namun, ini beberapa banchan yang biasanya disajikan di restoran Korea yang ada di Indonesia.

Baca Juga: 6 Restoran Korea yang Bisa Moms Sambangi

1. Gamja Salad (Salad Kentang)

banchan-gamja salad.jpg

Foto: YouTube

Namanya jenis banchan ini secara harfiah diterjemahkan menjadi "salad kentang," dan begitu juga dengan tampilannya dan rasanya. Kentang salad ini sangat kental, halus, memiliki rasa gurih dan sedikit manis.

Gamja saelleodeu kadang-kadang dicampur juga dengan wortel, apel, kacang polong, dan/atau berbagai buah-buahan dan sayuran lainnya.

2. Rumput Laut

banchan-rumput laut.jpg

Foto: futuredish.com

Jenis banchan yang berupa rumput laut ini memiliki tekstur yang hampir berminyak. Ada begitu banyak bentuk dan ukuran rumput laut yang disajikan sebagai banchan.

3. Danmuji (Acar Lobak)

banchan-danmuji.jpg

Foto: iateoklahoma.com

Acar lobak ini biasanya disajikan sebagai banchan untuk menu hidangan Jjangmyeon (mi dengan bumbu hitam khas Korea).

Danmuji merupakan jenis banchan yang memiliki rasa manis dan asam. Biasanya, bawang bombai ini diberikan secara terpisah.

Baca Juga: Yuk Mengenal 5 Hidangan Mie Khas Korea, Bikin Ngiler!

4. Kkakdugi (Lobak Kimchi)

banchan-kkakdugi.jpg

Foto: maangchi.com

Tentu Moms sudah tahu jika kimchi merupakan makanan khas Korea. TIdak heran bila kimchi juga memiliki ragam olahan, termasuk sebagai jenis banchan.

Salah satu kimchi banchan yang terkenal adalah sajian lobak yang potong dadu dengan cabe merah giling (gochugaru).

Kkakdugi merupakan makanan yang renyah, sedikit manis, dan punya sensasi yang pedas. kkakdugi cocok disajikan dengan sup daging sapi yang lezat yang disebut gumtang.

Baca Juga: Ini Dia 6 Makanan Korea yang Menggugah Selera

5. Jeon (Panekuk Asin)

banchan-pajeon.jpg

Foto: maangchi.com

Istilah "jeon" mencakup seluruh jenis makanan yang digoreng memakai tepung yang dapat berisi apa saja, mulai dari daging, makanan laut, sayuran, dan apa pun yang digoreng.

Salah satu "jeon" yang terkenal adalah pajeon. Pajeon terbuat dari daun bawang, dengan adonan telur, tepung terigu, tepung beras, dan seringkali bahan-bahan lainnya tergantung pada ragam jenisnya.

Nah, itu dia beberapa jenis banchan yang banyak disajikan di restoran Korea. Mana yang jadi favorit Moms?

(AP)

Artikel Terkait