3-12 BULAN
28 Mei 2020

Keuntungan Sering Mengajak Bayi Bermain di Luar, Moms Perlu Tahu!

Mengajak bayi bermain di luar rumah memberikan manfaat bagi perkembangannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Dina Vionetta

Apakah Moms ingat saat bermain di luar waktu kecil? Itu adalah waktu untuk berlarian dan bergerak dengan bebas, bermain menggunakan imajinasi dan mengeksplorasi sekitar. Bermain dengan teman-teman sebaya, juga berkeringat mencari kupu-kupu di taman. Mengasyikan bukan?

Hal juga yang akan dirasakan oleh bayi jika Moms mengajaknya bermain di luar. Sebab, saat ini sudah terlalu banyak anak-anak dan bahkan bayi yang terlalu lama bermain dengan gadgetnya. Padahal, anak-anak yang menghabiskan lebih sedikit waktu di luar rumah berkaitan dengan banyak hal yang negatif.

Misalnya tidak terlalu menghargai lingkungannya, masalah kesehatan termasuk obesitas dini, defisiensi vitamin D, berkurangnya penggunaan indera, sulit berkonsentrasi, dan memiliki tingkat penyakit emosional yang lebih tinggi seperti kecemasan dan depresi.

Baca Juga: 3 Cara yang Bisa Moms Coba Agar Anak Lebih Sering Bermain di Luar Ruangan

Alam Membantu Mengurangi Stress

Ini Keuntungan Sering Mengajak Si Kecil Bermain di Luar -1.jpg

Foto: purewow.com

Manusia memiliki naluri alamiah yang dikenal sebagai biofilia, yakni ikatan bawaan yang saking memiliki dengan semua makhluk dan lingkungan di dunia secara tidak sadar. Bahkan, semakin banyak penelitian dari seluruh dunia yang menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam dapat meningkatkan kesehatan mental dan meningkatkan penyembuhan.

Sebuah studi di Journal of Environmental Psychology menemukan bahwa adanya taman penyembuhan di rumah sakit anak-anak di California memiliki efek positif pada pengguna sekitar 85% melaporkan merasa lebih santai, segar, atau lebih mampu mengatasinya setelah menghabiskan hanya 5 menit di kebun.

Ternyata hal tersebut berlaku juga untuk Si Kecil. Bayi juga akan merasakan manfat bermain di luar rumah dan merasakan kenyamanan tersebut. Meski bayi seperti tidak pernah menunjukkan rasa stress, mengajaknya bermain di luar akan membantunya tenang karena melihat luasnya pemandangan, hingga membuatnya ingin bergerak dengan leluasa.

Baca Juga: 5 Manfaat Bermain di Luar Ruangan

Memberi Efek pada Perkembangan Otak

Ini Keuntungan Sering Mengajak Si Kecil Bermain di Luar -2.jpg

Foto: justsimplymom.co/depositphotos

Bermain adalah aktivitas yang disukai anak, apalagi sambil dilakukan di luar rumah. Manfaat bermain di luar rumah untuk bayi akan membuat wajahnya tidak berhenti tersenyum. Bermain adalah bagian penting dari masa kanak-kanak.

Pada 2018, American Academy of Pediatrics (AAP) menerbitkan laporan klinis yang menekankan pentingnya bermain dalam perkembangan anak dan mendesak orang tua untuk bermain dengan anak-anak mereka setiap hari. Laporan tersebut menyarankan dokter anak untuk menasihati ibu dan ayah untuk meluangkan waktu bermain, dan menyarankan sekolah melakukan hal yang sama.

"Saya pikir kita terus belajar bahwa bermain sangat penting untuk anak-anak - itu bukan hanya sebuah renungan atau aksesori," kata Dr. Kathy Hirsh-Pasek, seorang profesor di departemen psikologi di Temple University dan salah satu penulis utama laporan tersebut.

Sejumlah penelitian yang berkembang mengenai subjek tersebut menunjukkan bahwa permainan membantu anak-anak mempelajari keterampilan penting, mengarah pada perubahan konektivitas neuronal, mendorong perilaku prososial dan melindungi anak-anak dari tekanan racun.

"Bermain benar-benar membangun otak, dan kami mencoba memberikan contoh bagaimana permainan meningkatkan struktur dan fungsi otak," kata Dr. Michael W. Yogman, MD, FAAP, penulis utama laporan dan ketua Committee on Psychosocial Aspects of Child and Family Health.

Baca Juga: Cukup 15 Menit, Bermain di Taman Bersama Keluarga Terbukti Menyehatkan Mental dan Bikin Bahagia

Membangun Bonding Keluarga

Ini Keuntungan Sering Mengajak Si Kecil Bermain di Luar -3.jpg

Foto: istockphoto.com

Beberapa orang tua suka bermain bersama bayi. Namun hal tersebut bisa jadi sulit dilakukan oleh orang tua lain karena memiliki tugas yang harus dilakukan. Michael menyarankan, orang tua jangan melihat waktu bermain sebagai kegiatan yang bisa dilakukan sambil lalu.

Tetapi sebagai kesempatan untuk mengalami kembali kesenangan dari pengalaman sendiri saat bermain di masa kecil.

“Dan untuk memperhatikan jenis isyarat nonverbal yang anak-anak tunjukkan bermain. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat penting untuk meningkatkan interaksi dan hubungan dengan anak-anak," jelasnya.

Laporan tersebut mencatat bahwa saat bermain di luar rumah memberi manfaat untuk bayi karena akan memberikan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan integrasi sensorik Si Kecil, banyak keluarga tidak mendapatkan cukup waktu bersama di luar.

"Sebuah survei nasional terhadap 8.950 anak-anak prasekolah dan orang tua menemukan bahwa hanya 51% anak-anak pergi ke luar untuk berjalan atau bermain sekali sehari dengan salah satu orang tua," kata dia.

Kekhawatiran atas keamanan di luar ruangan adalah salah satu alasan orang tua tidak terlibat dalam bermain di luar dengan anak-anak mereka, tetapi jika Moms memiliki akses ke taman bermain lingkungan yang aman atau ruang halaman belakang, keluar dan bermain bersama bayi akan memberikan semua manfaat dari pengembangan diri dan ikatan sensorik.

Bahkan, Michael menambahkan bahwa perjalanan ke toko saja bisa menjadi pengalaman bonding yang menyenangkan yang membangun perkembangan otak kecil.

"Memberi anak-anak kesempatan misalnya untuk menghitung apel di supermarket. Itu adalah jenis pengalaman yang menyenangkan untuk anak-anak, daripada hanya duduk diam di keranjang belanja," jelasnya.

Selain yang disebutkan di atas, apalagi manfat bermain di luar rumah untuk bayi versi Moms?

Baca Juga: Mengintip Serunya Pangeran George dan Putri Charlotte Bermain di Luar, Ternyata Ini Manfaatnya

Artikel Terkait