RESEP
17 Juli 2019

Kunci Sukses Bikin Cake, Ini Ukuran Telur untuk Kue yang Benar

Ukuran telur untuk kue tentu berpengaruh pada hasil akhir.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Bagi pemula, baking memang menantang. Sudah mengikuti resep, tapi hasilnya sering tidak sesuai harapan.

Cake mengembang terlalu tinggi lalu kempis, custard bau amis telur, atau kue kering yang sudah pernah dibuat berkali-kali tak sama hasilnya dengan sebelumnya.

Moms sering mengalami ini? Jangan-jangan ukuran telur untuk kue yang Moms buat salah.

Berbeda dengan memasak yang bisa menggunakan takaran kira-kira (jika sudah menguasai), membuat kue melibatkan proses ilmiah dengan rasio dan formula yang tetap.

Jika Moms mengutak-atik perbandingan tepung dalam cairan dalam sebuah resep, hasil akhirnya akan berbeda dengan seharusnya.

Fungsi Telur dalam Kue

Kunci Sukses Bikin Cake, Ini Ukuran Telur untuk Kue yang Benar 01.jpg

Foto: twimg.com

Penulis kuliner Megan Gordon berkata dalam baking, telur digolongkan sebagai cairan yang memberikan volume dan struktur pada kue. Saat mengocok telur, udara masuk ke dalam molekul protein telur.

Molekul tersebut akan terurai dan merenggang membentuk jaringan elastis yang membungkus gelembung udara dan akan mengembang saat dipanggang.

Telur yang terlalu sedikit akan menghasilkan kue yang terlalu padat dan hancur, sedangkan terlalu banyak telur akan membuat kue liat.

Telur yang kebesaran akan membuat kue kering menjadi lengket, sementara telur yang kekecilan membuat muffin beremah.

Baca Juga: Belajar Bikin Kue? Ini 8 Peralatan Membuat Kue yang Harus Dimiliki

Ukuran Telur untuk Kue

Kunci Sukses Bikin Cake, Ini Ukuran Telur untuk Kue yang Benar 02.jpg

Foto: moneycrashers.com

Di pasaran ada macam-macam ukuran telur yang umumnya ditentukan oleh usia ayam. Semakin tua ayam, semakin besar telur yang ia hasilkan.

Sayang, resep-resep kue jarang menyebutkan ukuran atau takaran telur. Biasanya resep hanya menyebut jumlah telur yang dibutuhkan.

Padahal, menggunakan ukuran telur untuk kue yang berbeda dengan di resep akan memengaruhi tekstur, keseimbangan dan konsistensi rasa kue, serta menghasilkan kue yang tidak sesuai ekspektasi.

Ternyata, kebanyakan resep menggunakan telur berukuran besar, Moms. Sebutir telur besar utuh memiliki berat sekitar 53 gram dan isi setara 3,5 sendok makan atau 52 mililiter. Putih telurnya saja memiliki berat 33 gram (30 mililiter), sementara kuningnya 16 gram (15 mililiter).

Baca Juga: Amankah Menggunakan Cetakan Kue Berbahan Silikon?

Cara Mengukur Telur dengan Akurat

Kunci Sukses Bikin Cake, Ini Ukuran Telur untuk Kue yang Benar 03.jpg

Foto: wikihow.com

Untuk usaha kue berskala besar, telur bisa ditimbang untuk hasil yang lebih akurat. Tapi kalau Moms hanya membuat kue dalam jumlah sedikit, Moms bisa menggunakan takaran mililiter untuk mengukur telur.

Laura Crotty, seorang penulis kuliner dari Amerika Serikat, berkata bahwa apabila resep menyebutkan telur ayam utuh, maka Moms bisa memecahkan telur dan menuang isinya ke mangkuk. Kocok lepas, lalu tuangkan ke gelas takar. Tambahkan atau kurangi telur sampai takaran yang diperlukan didapat.

Cara yang sama berlaku untuk putih telur dan kuning telur. Pisahkan dulu putih dan kuningnya, baru kocok dan takar.

Baca Juga: Selain Syahrini, Artis-Artis Ini Juga Buka Toko Kue Oleh-Oleh Kekinian

Setelah mengetahui trik ini, semoga kue yang Moms buat tak gagal lagi, ya!

(EMA)

Artikel Terkait