TREN
6 Juli 2019

Kyaraben, Bento Karakter untuk Ide Bekal Lucu Si Kecil

Ini tips membuat bento dengan karakter kesukaan anak.
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Wah, tak terasa libur sekolah segera usai dan tahun ajaran baru akan segera dimulai!

Di hari-hari awal masuk sekolah, beberapa anak mungkin merasa kurang bersemangat dan masih ingin libur saja. Moms bisa mengakalinya dengan memberikan mereka bekal yang lucu seperti kyaraben.

Kyaraben adalah singkatan dari kyarakuta bento alias bento karakter dalam Bahasa Jepang. Nasi, sayur, buah, dan aneka lauk dibentuk dan ditata sedemikian rupa sehingga mirip karakter kartun, hewan, atau tanaman. Moms pasti pernah melihatnya, kan?

Awal Mula Bento Karakter

Kyaraben, Bento Karakter untuk Ide Bekal Lucu Si Kecil 01.jpg

Foto: taiken.co

Bento hias awalnya diciptakan untuk mengatasi susah makan pada anak. Agar bekal terlihat lebih menarik, “sosis tuan gurita” (tako-san winna) yang terbuat dari sosis yang bagian bawahnya dibelah beberapa bagian sehingga menjadi tentakel sering ditambahkan. Namun, dulu karakter dalam bento tidak diberi mata, hidung, dan mulut sehingga sulit dikenali.

Konon, bento karakter yang diberi wajah pertama kali muncul dalam buku Kodomo no Kawai O-bento yang terbit di Jepang pada Mei 1997. Sejak itu, kyaraben tidak hanya populer bagi anak-anak, tapi juga di kalangan orang dewasa. Bahkan, ada kontes nasional yang tak hanya menilai desain bento, tapi juga keseimbangan gizi berbagai komponen makanan di dalamnya.

Baca Juga: 5 Gizi Ini Wajib Ada Dalam Bekal Anak, Apa Saja Ya?

Bentuk Paling Populer untuk Kyaraben

Kyaraben, Bento Karakter untuk Ide Bekal Lucu Si Kecil 02.jpg

Foto: flickr.com

Karakter film kartun termasuk paling sering dibuat menjadi kyaraben karena bentuknya lucu dan sering menjadi favorit anak-anak.

Dari Disney, bentuk Mickey dan Minnie Mouse paling banyak dijadikan bento. Karakter Sanrio yang jadi favorit biasanya Hello Kitty, Gudetama, dan My Melody. Kyaraben Ghibli, Anpanman, dan Doraemon juga banyak disukai.

Selain karakter kartun, ada beberapa jenis hewan yang sering dibuat menjadi bento. Misalnya, panda, beruang, hewan ternak lucu, serta ikan. Untuk tanaman, bunga dengan aneka bentuk adalah yang paling populer.

Baca Juga: Rayakan Hari Bekal, 5 Akun Instagram Seru Ini Sajikan Bekal Kreatif dan Wajib Difollow!

Tips Membuat Bekal Kyaraben

Kyaraben, Bento Karakter untuk Ide Bekal Lucu Si Kecil 03.jpg

Foto: taiken.co

Pristina Chairmane Gosana, instruktur Little Bento House, membagikan beberapa kiat membuat kyaraben di acara 4th Orami Babes Meet Up:

  • Agar menarik, bento harus memiliki unsur warna merah, kuning, dan hijau selain putih dari nasi. Menurut penelitian, warna hijau bisa meningkatkan nafsu makan anak.
  • Bento memang sebaiknya dibuat menggunakan beras Jepang. Tapi, kalau tidak ada, Moms bisa membuat campuran beras putih dengan beras ketan putih dengan takaran 3:1. Atau, masak beras putih dengan campuran satu sendok makan bubuk jeli. Kedua cara ini berfungsi agar nasi lebih lengket dan mudah dibentuk seperti nasi Jepang.
  • Saat membentuk nasi dengan tangan, jangan lupa pakai plastic wrap atau sarung tangan plastik agar nasi tidak menempel di tangan.
  • Gunakan nori untuk membuat sushi yang tidak renyah, bukan nori camilan yang crispy. Sebab, nori untuk snack mengandung lebih banyak minyak dan mudah pecah saat dibentuk.

Baca Juga: Tidak Selalu Nasi, Ini 4 Kriteria Bekal Sekolah yang Sehat untuk Anak

Nah, itulah tips membuat kyaraben, bento karakter yang bisa jadi bekal favorit anak. Mudah bukan, Moms?

(EMA)

Artikel Terkait