KESEHATAN
19 September 2019

7 Langkah Efektif Hilangkan Kutu Rambut

Kutu rambut tidak bisa melompat, tapi bisa ditularkan melalui kontak langsung
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memperkirakan sekitar 6-12 juta anak-anak di Amerika Serikat di antara usia 3-11 tahun mendapatkan kutu rambut setiap tahunnya.

Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan kutu rambut ini. Nyatanya, lama kelamaan kutu rambut jadi kebal terhadap obat-obatan yang diberikan.

“Masalah terbesar saat ini adalah kutu menjadi resisten terhadap obat-obatan yang dijual bebas,” ujar Anna Albano-Krosche, pemilik salon penghilang kutu rambut, The Lice Lady of Westchester di Elmsford, New York.

Kutu rambut hanya bisa bertahan hidup 24 jam di luar kepala. Untuk itu, penularan kutu rambut biasanya disebabkan oleh kontak langsung.

Kemungkinan kutu rambut menular dari seseorang yang dikenal seperti teman, anggota keluarga, atau orang asing yang melakukan kontak fisik secara dekat.

Baca Juga: 5 Manfaat Cuka Apel untuk Rambut Keriting

Beberapa situasi umum yang bisa menyebabkan kutu rambut menular adalah berada di sekolah (untuk anak-anak), duduk berdekatan dengan orang lain, tidur di ranjang yang sama, dan berbagi sisir, sikat, atau handuk dengan orang yang punya kutu rambut.

Untuk membantu mengurangi kutu rambut, CDC juga merekomendasikan untuk menggunakan sisir nit.

Lalu, ketika mau menghilangkan kutu rambut, Moms hanya boleh menggunakan satu produk saja dalam satu waktu (tidak boleh dicampur). Lantas, bagaimana langkah efektif menghilangkan kutu rambut?

1. Pastikan Itu adalah Kutu Rambut

hilangkan kutu rambut 1.JPG

Moms, tidak semua kulit kepala yang gatal disebabkan kutu rambut. Sebelum memulai rangkaian pengobatan yang tidak nyaman, Moms harus memastikan dulu apakah itu benar kutu rambut atau bukan.

Beberapa penyakit lain yang gejalanya mirip dengan kutu rambut adalah ketombe, kulit kering, dan beberapa infeksi kulit kepala lainnya.

Tanpa pemeriksaan yang teliti, kulit kepala yang mengelupas pun bisa jadi sangat mirip dengan telur kutu.

Untuk memeriksa kutu, Moms harus memeriksa kulit kepala dengan berdiri di bawah cahaya.

Kutu berwarna coklat keabu-abuan dan seharusnya terlihat di kulit kepala. Sedangkan telur kutu menempel pada akar rambut, sekitar satu inci dari kulit kepala.

Baca Juga: Cara Membuat DIY Cuka Apel untuk Membasuh Rambut

2. Pahami Proses Pengobatan

Gunakan pestisida ringan yang aman digunakan pada kulit kepala. Meski terbilang aman, obat-obatan ini beracun, sehingga penggunaan pada anak-anak perlu diawasi secara hati-hati.

Apabila Moms punya riwayat alergi kulit atau reaksi tidak biasa lainnya, terutama terhadap pestisida atau produk topikal, Moms harus konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan perawatan kutu.

Ada beberapa obat-obatan yang bisa digunakan, misalnya malathion, ivermectin lotion, spinosad topical suspension, benzyl alcohol lotion, dan lindane.

3. Sampo Anti-Kutu

hilangkan kutu rambut 2.jpg

Moms bisa memulai perawatan dengan sampo delousing atau sampo antikutu. Ada banyak produk-produk sampo ini yang dijual secara online. Ikuti instruksi pada kemasan.

Biasanya, Moms harus membiarkan sampo ini selama beberapa menit di kulit kepala.

Setelah merawat kepala dengan sampo ini, orang yang terkena kutu rambut harus tetap menjaga kebersihan seperti menggunakan pakaian bersih dan mencuci pakaian dengan air panas.

Mengenakan pakaian kotor bisa membantu kutu naik kembali ke kepala dan kembali bersarang di kepala Moms.

Baca Juga: 6 Cara Mencegah Vertigo Sebelum Ganggu Aktivitas

4. Ulangi Perawatan

Kebanyakan perawatan kutu perlu diulang beberapa hari setelah aplikasi pertama.

Setelah perawatan pertama, periksa kulit kepala 8-12 jam sesudahnya. Kutu seharusnya mati atau sekarat, tidak aktif atau bergerak di kulit kepala.

Jika kutu masih aktif, cobalah segera hubungi dokter, Moms karena mungkin dibutuhkan perawatan yang berbeda. Ada beberapa kutu yang resisten dengan perawatan tertentu.

5. Hilangkan Kutu Rambut dengan Sisir Nit

hilangkan kutu rambut 3.jpg

Tidak semua perawatan bisa menghilangkan kutu rambut, maka untuk menghilangkan telurnya, Moms membutuhkan nit comb atau sisir nit.

Sisir nit punya gigi yang halus sehingga bisa menyisir semua telur kutu. Untuk hasil yang efektif, sisir kepala Moms dengan sisir nit setiap hari setidaknya selama satu minggu.

6. Bersihkan Semua Barang yang Jadi Sumber Penularan

Kutu rambut tidak bisa melompat dari satu kepala ke kepala lain. Penyebaran kutu ini terjadi ketika seseorang melakukan kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

Menurut CDC, ada beberapa benda yang harus diperhatikan karena bisa jadi sumber bersemayam kutu, misalnya saja pakaian kotor, karpet, atau furnitur.

Untuk menghilangkan kutu rambut, coba lakukan beberapa hal ini:

  • Rajin vakum karpet dan furnitur.
  • Rendam sisir, sikat, dan alat rambut lainnya dalam air panas selama 5-10 menit.
  • Cuci selalu syal, topi, dan pakaian lain yang bersentuhan dengan kepala.
  • Rajin mengganti dan mencuci sarung bantal.
  • Ajari anak untuk tidak berbagi sisir, sikat, topi, atau syal dengan anak lain.

Baca Juga: Hindari 9 Makanan yang Memicu Asam Lambung Ini

7. Tetap di Rumah

hilangkan kutu rambut 4.jpg

Apabila Si Kecil atau Moms sedang terkena kutu rambut, hal yang paling efektif untuk mengobati kutu rambut adalah dengan berdiam diri di rumah.

Sebelum kembali beraktivitas normal, pastikan dulu kutu dan telur kutu di kepala sudah benar-benar hilang.

Selain melindungi diri sendiri, hal ini pun akan melindungi orang lain yang melakukan kontak fisik dengan Moms atau Si Kecil.

Sebab, jika kutu itu ditularkan pada teman lain, teman itu pun akan menularkannya pada yang lain dan bisa saja kembali menularkan lagi ke anak Moms.

Itulah 7 langkah efektif untuk hilangkan kutu rambut. Moms juga bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak tea tree, minyak zaitun, mayones, cuka, dan lain-lain. Namun, bahan-bahan alami ini pun belum banyak dibuktikan dengan penelitian ilmiah.

(SR/ERW)

Artikel Terkait