BAYI
6 September 2019

4 Langkah Membersihkan Pompa ASI Elektrik yang Benar

Ibu menyusui harus tahu cara membersihkan pompa ASI elektrik yang benar.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Selamat atas kelahiran Si Kecil, Moms! Pasti saat ini Anda sedang disibukkan oleh berbagai macam kegiatan ibu baru. Salah satunya adalah menyusui. Menyediakan ASI (Air Susu Ibu) merupakan hal terbaik yang bisa dilakukan ibu kepada buah hatinya. Selain menyusui langsung dari payudara, memompa ASI salah satu cara yang bisa Moms lakukan.

Ada dua jenis pompa ASI yang bisa Moms digunakan, yaitu pompa manual dan elektrik. Untuk pompa elektrik, Moms harus memperhatikan cara membersihkannya. Dilansir melalui todaysparent.com, US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merilis langkah-langkah untuk membersihkan pompa ASI elektrik.

Cuci Tangan dan Gunakan Cairan Disinfektan

wasp09hmvxkl9pvlpmcp.jpg

(Foto: theroot.com)

Langkah-langkah membersihkan pompa ASI elektrik yang bisa Moms lakukan adalah cuci tangan terlebih dahulu hingga bersih. Lepaskan bagian-bagian pompa ASI elektrik yang Anda miliki sesuai dengan instruksi manual yang terdapat dalam buku panduannya. Untuk membersihkan tombol-tombol yang ada pada pompa ASI gunakan cairan disinfektan.

Baca juga: 18 Perlengkapan Menyusui yang wajib dimiliki Mama

Perhatikan Bagian Pompa ASI yang Dicuci

shutterstock_654304315.jpg

(Foto: parents.com)

Bagian pompa ASI yang dicuci hanyalah botol, leher, klep, dan corong pompa. Sedangkan bagian yang tidak dicuci adalah selang dan mesin. Bilas menggunakan air bersih untuk mencuci bagian pompa yang terkena kontak langsung dengan ASI. Perlu diingat, jangan sampai menyisakan ASI sedikit pun.

Cuci dengan Air Hangat

Medical News Today.jpg

(Foto: Medical News Today)

Langkah-langkah membersihkan pompa ASI elektrik berikutnya adalah cuci bagian pompa ASI (botol, leher, klep, dan corong pompa) dengan air hangat yang sudah diberi sabun pencuci botol bayi. Pastikan bagian-bagian tersebut tidak tersentuh tempat cuci piring yang Moms miliki. Jangan gunakan spoons atau scrub yang biasa Moms pakai untuk mencuci untuk membersihkan pompa ASI, sebaiknya gunakan sikat botol khusus.

Baca juga: Meminimalisir Puting Lecet Karena Menyusui

Bilas Hingga Bersih dan Keringkan

Depositphotos_126309570_s-2019.jpg

(Foto: breastfeedingconfidential.com)

Setelah Moms cuci pompa ASI, bilas dengan air bersih hingga tidak ada sabun yang menempel. Kemudian keringkan dengan lap bersih atau tisu dapur yang Moms miliki. Jangan menggunakan lap yang sebelumnya sudah dipakai untuk menghindari terjadinya kontaminasi bakteri.

Pasang Kembali dan Lakukan Sterilisasi

706f9bcbcf47c248_IMG_7729.jpg

(Foto: popsugar.com)

Setelah sudah kering semua, langkah membersihkan pompa ASI elektrik berikutnya adalah memasang kembali bagian-bagiannya dengan tepat.

Moms disarankan untuk melakukan sterilasasi agar pompa ASI elektrik tersebut benar-benar bersih dan terhindar dari kuman serta bakteri. Caranya dengan menggunakan dishwasher atau rendam semua bagian tersebut dengan air mendidih.

Baca juga: Agar Tak Canggung, Ikuti Tips Menyusui dengan Nyaman di Tempat Umum

Moms, pastikan Anda melakukan langkah-langkah membersihkan pompa ASI elektrik di atas dengan tepat dan rutin, ya. Hal ini dilakukan agar asupan nutrisi ASI Si Kecil dapat terpenuhi dengan lancar sehingga dia tumbuh menjadi anak yang sehat.

(MA/KM)

Artikel Terkait