SELEBRITI
24 September 2019

Lindswell Kwok Ulang Tahun, Intip Transformasinya Sebagai Atlet Hingga Jadi Calon Ibu

Sudah berbakat sejak kecil!
placeholder

Sumber: instagram.com/lindswell_k

placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Lindswell Kwok, mantan atlet wushu menutup kariernya di dunia wushu dengan manis usai meraih medali emas Asian Games 2018 di nomor taijiquan dan taijijian putri. Padahal dari kemenangannya itu, dirinya mendapatkan julukan Ratu Wushu Asia.

Kini sudah tidak menjadi atlet, Lindswell tengah menunggu kehadiran sang jabang bayi setelah menikah dengan sesama atlet, Achmad Hulaefi. Mau tahu bagaimana Lindswell memulai kariernya? Yuk Moms simak bersama.

Memulai Wushu Sejak Kecil di Medan

Lindswell Kwok menikah

Foto: instagram.com/lindswell_k

Lindswell Kwok atau biasa dipanggil Lindswell lahir di Medan, 24 September 1991. Ia putri bungsu dari pasangan Tjoa Eng Hing dan Nuraini. Wanita yang mengidolakan aktor laga mandarin Jet Li ini sudah mulai latihan wushu sejak kecil.

Awalnya, Lindswell tidak begitu suka wushu dan hanya ikut-ikutan kakak lelakinya. Namun, bersama berjalan waktu, Lindswell kerap melihat atlet wushu lahitan dan mulai menyukainya.

Baca Juga: 6 Atlet Perempuan Indonesia Peraih Medali Emas Sepanjang Asian Games

Meraih Medali Pertama pada Usia 14 Tahun

Lindswell Kwok menikah

Foto: instagram.com/lindswell_k

Proses yang tidak membohongi hasil dibuktikan sendiri oleh Lindswell. Ia memulai dengan menyabet 1 medali Perak pada Kejurnas Jakarta, 2005, pada saat itu usianya menginjak 14 tahun.

Setahun kemudian, ia meraih 1 Medali Perunggu Kejuaraan Dunia Junior, Kualalumpur pada 2006.

Lin mendapatkan medali emas di Kejurnas Surabaya pada 2007. Ia juga menorehkan medali perak di Pekan Olahraga Nasional (PON) Kalimantan Timur 2008, yang merupakan PON pertamanya.

Setiap Tahun Mendapatkan Medali Emas

4-wushu.width-800.jpg

Foto: instagram.com/edorusia

Semenjak menjadi atlet wushu profesional, Lindswell hampir selalu membawa pulang medali emas. Medali emas pertama kali, ia peroleh pada ajang Asian Junior, Macau, dan World Wushu Champion Toronto, Canada, 2009.

Kariernya cukup mengejutkan dan ia tak pernah menyangka jika olahraga ini berhasil mengumandangkan nama Indonesia di dunia Internasional.

Pada ajang World Wushu Championships (WWC) baik level junior atau senior, ia berhasil meraih medali emas bagi Indonesia.

Baca Juga: 5 Nama Bayi Perempuan yang Terinspirasi dari Atlet Indonesia Peraih Medali Asian Games 2018

Emas di Tiga Sea Games Secara Beruntun

akurat_20180109053904_35k347.jpg

Foto: akurat.co

Karier Lindswell di dunia wushu kian menanjak dengan mendapat medali emas di tiga edisi SEA Games secara beruntun (2011, 2013, dan 2015).

Penantian Panjang Emas di Asian Games

lindswell_atlet.width-800.jpg

Foto: instagram.com/kemenpora

Pada gelaran Asian Games, karier Lindswell tidak semulus di Kejuaraan Dunia. Lindswell memulai Asian Games tanpa meraih medali pada 2010 dan baru mendapatkan perak pada 2014.

Penantian panjang Lindswell di Asian Games membuahkan hasil pada 2018 saat Indonesia menjadi tuan rumah.

Di nomor taijiquan dan taijijian Lindswell menjadi yang terbaik dengan meraih emas sekaligus mengakhiri pengharapannya selama 12 tahun.

Baca Juga: Tak Ikuti Jejak Orang Tua, Ini 5 Anak Artis yang Jadi Atlet

Pensiun dan Menikah

Lindswell Kwok menikah

Foto: instagram.com/lindswell_k

Usai Asian Games di Indonesia, Lindswelll memutuskan untuk pensiun dari olahraga yang membesarkan Namanya tersebut.

Setelah itu, dirinya menjadi mualaf dan menutup tubuhnya dengan hijab, menikah dan kini tengah menunggu anak pertamanya. Selamat ya Lindswell, semoga calon ibu dan bayinya sehat selalu.

(TPW)

Artikel Terkait