PERNIKAHAN & SEKS
1 Oktober 2020

20 Makanan Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan Tanpa Pengaman

Seseorang memasuki masa subur sebelum dan sesudah masa ovulasi mereka.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Dina Vionetta

Banyak pasangan ingin hamil tetapi hanya dengan perencanaan yang tepat dan ketika mereka siap untuk memiliki bayi.

Untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, banyak wanita yang menggunakan pil kontrasepsi atau cara lain seperti pengaman bagi laki-laki.

Akan tetapi, kadang-kadang Moms dan pasangan mungkin melewatkan pil atau melakukan hubungan intim tanpa metode kontrasepsi apa pun.

Tidak hanya itu, kebanyakan orang mencoba melakukan hubungan seks dengan menggunakan alat pelindung, tetapi hasilnya juga seringkali gagal.

Ini mungkin terdengar menakutkan, tetapi itulah faktanya. Moms harus menghadapi hal-hal seperti penyakit menular seksual atau kehamilan terlepas dari semua tindakan pencegahan yang sudah ambil.

Makanan untuk Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan

Untungnya, ada beberapa pengobatan rumahan yang dapat mencegah kehamilan. Moms dapat menggunakannya setelah melakukan hubungan seks tanpa kondom untuk menghindari kehamilan.

Metode-metode ini sangat efektif, meskipun tidak ada jaminan 100% bahwa Moms tidak akan hamil setelahnya.

Berikut ini adalah 20 makanan yang minim risiko dalam mencegah kehamilan setelah berhubungan seksual tanpa pengaman, yaitu:

Baca Juga: Ini Buah dan Sayuran Pantangan Ibu Hamil

1. Pepaya

10 Manfaat Buah Pepaya yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah.png

Foto: Orami Photo Stocks

Jika Moms melakukan hubungan seks yang tanpa pengaman dan khawatir akan menjadi hamil, makan pepaya dua kali sehari selama 3 hingga 4 hari ke depan.

Ini dapat mengurangi kemungkinan atau risiko hamil setelah berhubungan badan.

2. Soba

Soba adalah ramuan umum yang dapat menghindari pembuahan. Soba mengandung komponen bernama Rutin dan komponen ini mampu mencegah implantasi.

3. Nanas

buah untuk meredakan kram saat haid - nanas

Foto: Orami Photo Stocks

Khasiat alami buah nanas dapat mencegah implantasi pada janin dan menghindari kehamilan yang tidak direncanakan setelah berhubungan seks.

Makan nanas yang matang setiap hari selama 2-3 hari setelah berhubungan seks dapat membantu menghindari kehamilan.

Baca Juga: Nanas dan Durian adalah Makanan Pemicu Kontraksi, Mitos atau Fakta

4. Buah Ara Kering

buah ara.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Buah ara kering adalah salah satu metode pengendalian kelahiran alami terbaik. Tidak hanya itu, buah ara juga meningkatkan sirkulasi darah.

Untuk menghindari kehamilan setelah berhubungan seks, makanlah 2-3 buah ara kering setelah berhubungan seks yang tidak aman.

Namun Moms perlu ingat, jangan memakannya secara berlebihan karena buah ini dapat menyebabkan sakit perut.

5. Pennyroyal (Spearmint)

Spearmint

Foto: Orami Photo Stocks

Pennyroyal telah digunakan sejak zaman kuno untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

Cara terbaik untuk menggunakan pennyroyal adalah dengan menambahkan sedikit ramuan kering ke dalam teh yang akan Moms minum.

Mulailah dengan dosis minimum untuk mengurangi risiko efek berbahaya.

6. Jahe

cara-mengobati-gondongan-dengan-jahe.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Jahe dapat menyebabkan menstruasi dan mencegah kehamilan. Moms bisa mengonsumsi teh jahe sederhana untuk sebagai salah satu upaya menhindari kehamilan.

Tambahkan jahe tumbuk atau parut ke air mendidih. Setelah 5 menit, saring campuran tersebut dan siap untuk diminum. Minum 2 cangkir teh jahe kental setiap hari untuk mencegah kehamilan.

Teh ini tidak akan membahayakan Moms atau tubuh Moms. Tidak ada efek samping dan teh jahe jelas baik untuk kulit Moms dan membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Amankah Mengonsumsi Jahe Saat Hamil? Ini Penjelasannya

7. Juniper Berries (Kala Jamun)

juniper-berries-naturepl-01340549-simon-colmer.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Makan buah juniper atau yang juga dikenal sebagai Kala Jamun di India, dapat membantu menghindari kehamilan setelah berhubungan seks.

Moms bisa mengkonsumsinya selama 3 hari berturut-turut setelah bercinta tanpa pelindung untuk menghentikan kehamilan yang mungkin saja terjadi.

8. Silphium

Siphium adalah tanaman milik keluarga adas raksasa dan digunakan untuk pengendalian kehamilan oleh wanita kuno. Ini secara umum dikenal karena sifatnya yang mirip dengan kontrasepsi.

9. Mimba

Neem atau Mimba adalah salah satu pengobatan rumahan India paling populer untuk menghindari kehamilan setelah berhubungan seks tanpa kondom. Mimba tersedia dalam bentuk daun, minyak, dan ekstrak daun kering.

Jika disuntikkan ke dalam rahim, minyak neem bisa membunuh sperma hanya dalam 30 detik. Di sisi lain, tablet neem dapat meningkatkan kemandulan sementara pada pria.

10. Peterseli

5 Manfaat Peterseli untuk Kulit

Foto: Orami Photo Stocks

Peterseli juga merupakan obat yang efektif untuk mencegah kehamilan setelah berhubungan secara alami.

Moms dapat mengkonsumsinya sebagai ramuan ringan dan minuman ini tidak akan membawa efek samping. Cara terbaik dan termudah untuk mengonsumsi peterseli adalah menyajikannya dalam bentuk teh.

Baca Juga: Perbedaan Peterseli, Seledri, dan Daun Ketumbar, Jangan Salah Lagi ya!

11. Asafoetida (Hing)

asafoetida-powder.jpg

Foto: wisegeek.com

Minum jus asafoetida dengan air setiap bulan dapat mencegah pembuahan dan menghindari kehamilan setelah berhubungan seks secara alami.

Namun, jangan meminumnya selama menstruasi dan hentikan konsumsi saat menstruasi Moms dimulai.

12. Queen Anne’s Lace (Wild Carrot Seeds)

Biji wortel liar juga merupakan salah satu pengobatan kuno untuk mencegah kehamilan atau bekerja untuk mengontrol kelahiran.

13. Suplemen Vitamin C

Vitamin c.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Vitamin C adalah obat efektif lainnya untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Vitamin C mengganggu hormon "progesteron" dan dengan demikian bisa mencegah pembuahan.

Moms hanya perlu minum sekitar 1500 mg tablet Vitamin C sebanyak dua kali sehari selama 2-3 hari setelah melakukan hubungan seks tanpa kondom.

Pastikan untuk tidak mengonsumsi vitamin C secara berlebihan karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan tubuh Moms.

Selain itu, perlu Moms ketahui bahwa obat ini tidak cocok untuk wanita yang menderita sel sabit, anemia, atau sedang menjalani pengobatan antikoagulan.

Baca Juga: Vitamin Apa Saja yang Bisa Membuat Cepat Hamil

14. Akar Biji Batu

Manfaat Minum Jamu Kunyit Asam saat Menstruasi.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Ini adalah ramuan yang sangat kuat atau ampuh untuk pengendalian kehamilan.

Tambahkan akar biji batu dalam air dingin dan biarkan terendam selama beberapa jam. Minum satu cangkir selama enam bulan.

Akar ini digunakan sejak zaman kuno oleh wanita suku Indian Dakota. Mereka biasa menghirup asap tanaman ini agar dapat meningkatkan kemandulan.

Namun, Moms disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter sebelum menggunakan atau mengonsumsi ini.

15. Black Cohosh

Black cohosh adalah tanaman dari keluarga yang sama dengan blue cohosh.

Secara alami, black cohosh efektif dalam mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

Tanaman ini diduga bekerja dengan merangsang pelepasan oksitosin yang pada akhirnya menyebabkan kontraksi rahim dan mencegah kehamilan.

16. Kayu Manis

5 Efek Samping Kayu Manis Bila Dikonsumsi Berlebiihan

Foto: Orami Photo Stocks

Kayu manis bisa merangsang rahim, bahkan bisa menyebabkan keguguran dan aborsi. Namun, obat atau rempah ini tidak akan langsung bekerja.

Untuk menghindari kehamilan setelah berhubungan seks secara alami, konsumsilah kayu manis secara rutin selama beberapa hari atau sampai Moms mendapatkan haid.

Sebelum memilih dan mengonsumsi kayu manis, Moms dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Baca Juga: 4 Manfaat Mengonsumsi Kayu Manis saat Hamil

17. Smart Weed Leaves

59dcfd286ad0a.image.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Smart Weed Leaves adalah gulma yang biasa ditemukan dan tumbuh di mana-mana di dunia ini.

Tumbuhan ini mengandung tiga komponen yaitu rutin, asam galat dan quercetin yang ketiganya dapat mengganggu proses awal kehamilan.

18. Ubi Liar

Ubi Liar

Foto: Orami Photo Stocks

Ubi liar juga bisa menjadi salah satu solusi bagi Moms yang ingin menggunakannya sebagai obat agar tidak hamil.

Sayangnya, ini membutuhkan setidaknya satu hingga dua bulan untuk berfungsi sebagai obat kontrasepsi.

19. Blue Cohosh

Blue Cohosh

Foto: Orami Photo Stocks

Blue cohosh adalah ramuan lain yang dianggap merangsang pelepasan oksitosin.

Potongan blue cohosh kering dapat diseduh dalam bentuk teh dan dikonsumsi setiap hari selama 2-3 kali untuk mencegah kehamilan karena tidak menggunakan pengaman saat berhubungan seks.

20. Aprikot

masker wajah alami alpukat dan aprikot.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Aprikot adalah buah yang terkenal dapat mencegah implantasi janin secara alami. Untuk menggunakannya, tambahkan sekitar 100 gram aprikot kering dan 2 sendok teh madu ke dalam 1 cangkir air.

Rebus campuran tersebut selama sekitar 20 menit dan minumlah ketika sudah hangat. Moms juga bisa makan 5-10 aprikot sehari setelah hubungan seks tanpa kondom sampai waktu menstruasi dimulai.

Baca Juga: 7 Buah yang Bagus Dikonsumsi Agar Cepat Hamil

Namun, perlu Moms ketahui bahwa beberapa pihak menyarankan untuk tidak melepaskan kontrasepsi demi penggunaan buah, sayuran, dan herbal.

Dikutip dari Metro.co.uk, disebutkan bahwa tanaman atau ramuan ini tidak efektif mencegah Moms hamil dan beberapa di antaranya bahkan beracun.

Tidak hanya itu, beberapa obat lain dalam daftar tersebut juga dikatakan dapat menyebabkan efek samping seperti muntah atau iritasi jika Moms mengonsumsinya terlalu banyak.

Bethany Fawcett, Perawat Kesehatan Kontrasepsi dan Seksual untuk kesehatan seksual dan kesejahteraan kaum muda Brook, Inggris, mengatakan jamu dan buah-buahan tidak boleh digunakan sebagai metode kontrasepsi dan beberapa yang sering tercantum itu bahkan dapat menjadi racun dan berbahaya

"Kami mendorong siapa pun yang mencari informasi dan nasihat tentang kontrasepsi untuk mengakses sumber yang akurat dan andal yang disediakan oleh profesional perawatan kesehatan seperti brook.org.uk atau situs web National Health Service Inggris," ujarnya

Bethany menambahkan bahwa ada banyak jenis kontrasepsi yang tersedia dan yang terbaik adalah berbicara dengan dokter Moms jika memang ada masalah atau tidak menyukai metode yang digunakan saat ini. Ini merupakan hal yang lebih baik daripada beralih ke Internet.

Baca Juga: 12 Penyebab Telat Haid, Tidak Selalu Karena Hamil Lho

Artikel Terkait