KESEHATAN
11 Juli 2019

Sedang Stres? Cobain Deh 6 Jenis Makanan Ini

Usir stress dengan berbagai makanan ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline
Disunting oleh Ikhda Rizky

Ketika deadline kerjaan sudah semakin dekat dan kalender kita sudah terisi dengan jadwal setiap harinya, hal yang paling kita inginkan beranjak dari keramaian dan memiliki waktu sendiri untuk memikirkan semua pekerjaan yang ada.

Bagaimana waktu untuk makan makanan sehat? Saat berbicara mengenai kerjaan, sudah pasti erat kaitannya dengan stress apalagi jika banyak deadline. Berbicara mengenai tingkat stress, apa yang kita makan sebenarnya dapat membantu mengurangi stress yang dirasa.

Bahkan ada beberapa makanan yang bisa membantu menstabilkan kadar gula darah atau meredakan tensi emosi. Apa saja makanan tersebut? Yuk kita lihat.

Baca Juga: Cemilan Sehat Untuk Hadapi Stress

1. Sayuran Hijau

makanan pereda stress

Foto: mogreenjuice.com

Ketika stress datang melanda, siapapun akan tergoda untuk langsung menyantap sebuah cheese burger yang tersedia dihadapannya, apalagi berbarengan dengan waktu makan siang.

“Sayuran berdaun hijau seperti bayam mengandung folat, yang akan menghasilkan dopamin, semacam zat kimia yang merangsang hormon kesenangan pada otak. Sehingga kita pun menjadi tetap tenang," kata Heather Mangieri, juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet.

Sebuah studi tahun 2012 dalam Journal of Affective Disorders, menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi folat paling banyak memiliki risiko lebih rendah mengalami gejala depresi daripada mereka yang mengonsumsi sedikit.

2. Oatmeal

makanan pereda stress

Foto: feelgoodfoodie.net

Bila Moms pecinta karbohidrat, sudah pasti godaan donat tidak akan bisa ditolak saat stres melanda.

Menurut penelitian MIT, karbohidrat dapat membantu otak memproduksi hormon serotonin, yang juga berfungsi sebagai zat anti depresi.

"Stres dapat menyebabkan gula darah kita naik,” kata Mangieri. “Jadi karbohidrat kompleks tidak akan berpengaruh banyak pada lonjakan glukosa darah yang potensial,” lanjutnya.

Baca Juga: Ternyata Balita Bisa Stress Juga! Coba 4 Cara Ini Untuk Mengatasinya

3. Yogurt

makanan pereda stress

Foto: foodnetwork.com

Meskipun terdengar aneh, bakteri dalam usus bisa saja menjadi salah satu penyebab stres.

Sebuah studi UCLA 2013 di antara 36 wanita sehat mengungkapkan bahwa mengonsumsi probiotik dalam menangani emosi, termasuk stres, dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi yogurt tanpa probiotik atau tanpa yogurt sama sekali.

4. Salmon

makanan pereda stress

Foto: foodnetwork.com

Salmon juga dapat dijadikan sebagai makanan pereda stres untuk semua orang. Ketik stres datang melanda, hal ini akan memicu adrenalin dan kortisol.

“Asam lemak omega-3 dalam salmon memiliki yang dapat membantu menangkal efek negatif dari hormon stres," kata Lisa Cimperman, dari University Hospitals Case Medical Center dan juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet.

5. Dark Chocolate

makanan pereda stress

Foto: caraghchocolates.com

Bagi para pecinta cokelat, selamat! Cokelat termasuk dalam deretan makanan pereda stres lho. Dark chocolate dipercaya memiliki kekuatan untuk mengatur tingkat stres kita.

“Penelitian menunjukkan bahwa cokelat dapat menurunkan hormon stress, termasuk kartisol,” ucap Cynthia Sass, editor nutrisi kontribusi Health.

Baca Juga: Tak Hanya Cokelat, 4 Makanan Ini Juga Bisa Mengusir Bad Mood

6. Susu

makanan pereda stress

Foto: shutterstock.com

Susu yang diperkaya adalah sumber vitamin D yang sangat baik dan dapat meningkatkan kebahagiaan.

Sebuah studi selama 50 tahun oleh London Institute of Child Health di London menemukan hubungan antara penurunan kadar vitamin D dan peningkatan risiko panik dan depresi di antara 5.966 pria dan wanita.

Orang-orang yang memiliki kadar vitamin D yang cukup memiliki kadar gangguan panik lebih rendah dibandingkan dengan orang yang memiliki tingkat vitamin D rendah. Makanan lain yang kaya akan vitamin D adalah salmon, kuning telur, dan sereal.

Itulah beberapa contoh makanan pereda stres yang bisa kita konsumsi. Makanan ini sangat mudah ditemukan di sekitar kita, bahkan mungkin biasa kita makan sehari-hari.

Artikel Terkait