KESEHATAN
18 Oktober 2020

9 Makanan untuk Penderita Maag yang Aman Dikonsumsi

Konsumsi sereal atau gandum dengan kandungan serat tinggi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Menderita maag adalah salah satu alasan mengapa Moms tidak bisa memilih makanan asal-asalan. Ini karena beberapa makanan dapat menyebabkan maag kambuh.

Karena itu, Moms perlu mengetahui apa saja makanan untuk penderita maag yang aman, sebagai cara untuk meredakan gejalanya. Cari tahu lebih lanjut yuk, Moms!

Mengenal Penyakit Maag

makanan untuk penderita maag-1

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mengetahui apa saja makanan untuk penderita maag yang aman, Moms harus mencari tahu dulu sekilas mengenai penyakit maag.

Maag, atau yang dikenal dengan istilah medis sebagai dispepsia, merupakan kondisi yang umum terjadi.

Mengutip jurnal American Family Physician, kondisi ini memberikan rasa sakit atau perasaan tidak nyaman di bagian tengah atas area perut. Rasa sakit itu mungkin datang dan pergi, tetapi hampir selalu ada.

Moms dengan kondisi maag mungkin merasa terlalu kenyang setelah makan atau terlalu kenyang untuk menyelesaikan makan. Kondisi ini bisa terjadi di usia berapa pun.

Beberapa gejala dari maag seperti sakit perut yang menggerogoti atau membakar, kembung, mual (sakit perut), muntah, dan bersendawa.

Mayo Clinic menyebutkan, gejala maag yang merupakan gangguan pencernaan berulang, tidak memiliki penyebab yang jelas. Maag sering terjadi dan bisa berlangsung lama.

Beberapa faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko maag antara lain: jenis kelamin perempuan, usia yang lebih tua, penggunaan obat pereda nyeri tanpa resep tertentu (seperti aspirin dan ibuprofen yang dapat menyebabkan masalah perut), merokok, kecemasan atau depresi, sejarah pelecehan fisik atau seksual masa kanak-kanak.

Lalu, seperti apa makanan untuk penderita maag yang aman dikonsumsi dan apa saja beberapa makanan yang sebaiknya dihindari? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Baca Juga: Hati-hati, 5 Makanan ini Dapat Memicu Penyakit Maag

Makanan untuk Penderita Maag yang Aman

Makanan untuk penderita maag yang direkomendasikan tidak hanya aman dikonsumsi, tapi juga bisa membunuh bakteri penyebab maag, yaitu H. pylori.

Untuk bisa meredakan dan menyembuhkan maag, tentu saja Moms harus "menyingkirkan" salah satu akar utama dari penyakit maag. Berikut ini sumber makanan yang bisa dipilih.

Baca Juga: 5 Pencegahan Agar Anak Tidak Kena Sakit Maag

1. Brokoli, Ada Efek Antibakteri

makanan untuk penderita maag-brokoli

Foto: Orami Photo Stock

Brokoli mengandung zat kimia bernama sulforaphane, yang dikenal memiliki efek antibakteri. Tidak hanya itu, brokoli juga dilengkapi zat antikanker. Ini bisa menjadi makanan untuk penderita maag yang aman.

Sulforaphane yang dikandungnya, mampu mengalahkan bakter H. pylori, supaya penyakit maag tidak menyerang lagi. Selain itu, brokoli juga bisa menghindarkan dari penyakit kanker lambung.

Kesimpulan ini datang dari sebuah studi yang dirilis dalam jurnal Cancer Prevention Research, pada 2009.

Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa mengonsumsi satu cangkir kecambah brokoli per hari, selama 8 minggu, mampu menghilangkan infeksi dan peradangan di lambung.

2. Jahe, Punya Sifat Anti Inflamasi

Mengutip Healthline, jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami, dan merupakan pengobatan alami untuk sakit maag dan masalah pencernaan lainnya.

Moms bisa menambahkan parutan atau irisan jahe ke resep atau smoothie atau minum teh jahe untuk meredakan gejala sebagai makanan untuk penderita maag yang direkomendasikan.

3. Yogurt, Mengandung Probiotik

makanan untuk penderita maag-yogurt

Foto: Orami Photo Stock

Yogurt juga menjadi makanan untuk penderita maag yang direkomendasikan.

Dalam studi lainnya, menambahkan yogurt ke dalam menu sehat, dianggap mampu mengatasi penyakit maag. Yogurt menjadi salah satu makanan untuk penderita maag yang aman dikonsumsi, karena mengandung probiotik, untuk menghilangkan H. pylori.

Sebanyak 86% responden penelitian yang mengonsumsi yogurt menunjukkan keberhasilan dalam menghilangkan bakteri H. pylori, dibandingkan dengan 71% yang tidak mengonsumsinya.

Yogurt memiliki bakteri baik, yang meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan bakteri di dalam perut. Sehingga, menjadi makanan yang aman untuk penderita maag.

Beberapa makanan yang mengandung probiotik, seperti kimchi, kombucha, dan kefir juga bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi.

4. Masukkan Sumber Lemak Sehat dalam Menu Makanan

Sumber lemak sehat antara lain alpukat, kenari, biji rami, minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak bunga matahari, juga termasuk makanan untuk penderita maag.

Kurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans, dan gantikan dengan lemak tak jenuh yang lebih sehat ini agar mengurangi risiko serangan maag yang tidak mengenakkan.

5. Sereal dan Gandum, Bantu Lancarkan BAB

makanan untuk penderita maag-gandum

Foto: Orami Photo Stock

Sereal dan gandum sangatlah aman sebagai makanan untuk penderita maag. Sebab, jenis-jenis makanan tersebut tidak memperparah kondisi dan gejala penyakit maag.

Terutama gandum yang berserat tinggi dan tak diproses, seperti beras merah, quinoa, dan oatmeal, yang bisa membantu buang air besar secara teratur.

Baca Juga: 3 Jenis Obat Asam Lambung dan Cara Kerjanya

6. Daging Sapi, Ikan, dan Ayam yang Rendah Lemak

Makanan untuk penderita maag selanjutnya juga termasuk daging sapi tanpa lemak, ayam tanpa kulit, atau ikan, yang dianggap aman untuk dikonsumsi sebagai makanan untuk penderita maag. Namun ingat, utamakan yang rendah lemak.

Selain itu, daging yang tidak digoreng, seperti dipanggang atau direbus, sangatlah dianjurkan.

7. Teh Hijau dan Madu, Menenangkan Saluran Pencernaan

makanan untuk penderita maag-teh hijau

Foto: Orami Photo Stock

Meminum teh hijau, dengan madu murni, memiliki banyak manfaat untuk meredakan penyakit maag. Ini juga termasuk makanan untuk penderita maag yang bisa Moms konsumsi.

Terutama teh hijau yang hangat. Sebab, air hangat bisa "menenangkan" saluran pencernaan dan membuat sistem pencernaan, bekerja lebih baik.

Satu studi menunjukkan perubahan signifikan pada penderita penyakit maag, yang meminum teh dan madu, sehari dalam seminggu.

Selain itu, madu manuka bisa menjadi pilihan, karena terbukti memiliki antibakteri, yang bisa "menjinakkan" bakteri H. pylori. Cocok sebagai makanan yang aman untuk penderita maag.

8. Oatmeal, Menurunkan Asam Lambung

Oatmeal adalah menu sarapan favorit, karena ini merupakan biji-bijian utuh, dan sumber serat yang sangat baik. Masukkan oatmeal dalam menu makanan sebagai makanan untuk penderita maag.

Diet tinggi serat telah dikaitkan dengan risiko penurunan asam lambung yang lebih rendah. Pilihan serat lainnya termasuk roti gandum dan nasi gandum.

9. Kacang-kacangan, Kandungan Serat yang Tinggi

makanan untuk penderita maag-Kacang-Kacangan

Foto: Orami Photo Stock

Sumber protein nabati, merupakan pilihan makanan untuk penderita maag yang sangat baik karena mengandung serat tinggi, terutama untuk Moms yang tidak mengonsumsi produk hewani.

Kacang-kacangan aman dikonsumsi bagi penderita maag. Moms bisa memilih sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, selai kacang, hingga lentil.

Baca Juga: Hindari 5 Jenis Makanan Ini Saat Gejala Asam Lambung Menyerang

Makanan dan Minuman yang Bisa Memperparah Penyakit Maag

makanan untuk penderita maag

Foto: Orami Photo Stock

Setelah mengetahui beberapa makanan untuk penderita maag yang aman dikonsumsi, ada baiknya Moms mengetahui makanan yang menjadi pantangan penderita maag.

Dalam Middle East Journal of Digestive Diseases, ditunjukkan bahwa beberapa makanan, terutama makanan pedas, asinan, dan makanan berlemak tinggi, dapat menyebabkan maag yang kuat dan memperburuk gejala pada pasien dengan maag.

Penderita maag sebaiknya menghindari minuman berkarbonasi dan bersoda, makanan dan minuman berkafein, minuman alkohol, makanan yang mengandung kandungan sitrat tinggi (jeruk, tomat, dan produknya), makanan berminyak, dan makanan berlemak atau pedas.

Selain itu, makanan dan minuman yang mengandung kafein harus dikurangi atau dihindari karena keberadaan kafein merangsang produksi asam lambung yang berlebihan.

Selain itu, makanan seperti acar, sosis, cuka, cabai merah, pasta, pizza, dan makanan asin memperburuk gejala gangguan pencernaan.

Di sisi lain, makanan seperti nasi, apel, roti, permen batu, madu, yogurt, biji jintan, kurma, kenari, dan quince dapat menjadi makanan untuk penderita maag.

Mengutip News Medical, menyesuaikan pola makan dengan benar, serta menghindari minuman dan makanan yang dapat memperburuk gejala gangguan pencernaan dapat membantu dalam mengelola gangguan pencernaan.

Jika Moms ingin gejala penyakit maag dapat dikontrol serta diredakan, mulai dengan mengurangi, dan bahkan menghindari makanan dan minuman pantangan untuk penderita maag.

Ada baiknya, biasakan diri mengonsumsi makanan untuk penderita maag yang sudah terbukti aman secara ilmiah.

Nah, itu dia makanan untuk penderita maag yang aman dikonsumsi, serta pantangan makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari. Jika Moms masih merasakan gejala maag yang mengganggu, langsung konsultasikan ke dokter, ya.

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Sumber: sehatq.com

Konten ini merupakan kerja sama yang bersumber dari SehatQ

Isi konten di luar tanggung jawab Orami Parenting

Artikel Terkait