KESEHATAN
27 Juni 2020

Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Bikin Kulit Awet Muda

Penuaan adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari, tapi kita bisa memperlambatnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Sabrina
Disunting oleh Intan Aprilia

Kulit yang sehat dan cantik dipengaruhi oleh pola makan. Begitu pula ketika seseorang ingin tampilan kulit yang awet muda dan kencang.

Dilansir dari Healthline, saat Moms menjaga pola makan yang penuh dengan antioksidan, lemak sehat, air dan nutrisi penting, maka tubuh akan meresponnya melalui organ terbesarnya, termasuk kulit.

Moms perlu memahami bahwa kulit sering kali menjadi bagian utama dari tubuh yang menunjukkan adanya masalah kesehatan.

Seperti yang dilansir dari American Academy of Dermatology, kulit bisa memunculkan tanda berupa warna atau ukuran yang tak lazim.

Contohnya terdapat ruam kemerahan pada tubuh atau kuning pada jari-jari kuku. Hal tersebut bisa mengindikasikan penyakit dalam tubuh lainnya.

Kulit adalah bagian utama yang akan menunjukkan responsnya ketika dioles lotion, krim, masker hingga serum sebelum berdampak lebih jauh ke organ dalam tubuh.

Baca Juga: Hindari Penuaan Dini, Lakukan 4 Tips Kecantikan Ini

Selain itu, kulit pula yang pertama kali akan menunjukkan tanda-tanda penuaan. Pada saat itulah Moms mungkin akan lebih tidak percaya diri dengan tanda-tanda penuaan.

Meskipun tidak ada cara yang bisa menghentikan proses penuaan. Tapi, para peneliti percaya makan buah-buahan dan sayuran adalah cara paling aman dan sehat untuk memerangi kulit kusam dan garis-garis halus.

Makanan untuk Bikin Awet Muda

Nah, berikut ini makanan-makanan anti penuaan terbaik untuk membuat kulit tetap awet muda.

1. Wortel

Konsumsi 5 Makanan ini untuk Memperlambat Tanda-Tanda Penuaan - 1.jpg

Foto: pexels.com

Wortel adalah sayuran yang memiliki beta karoten. Beta karoten adalah prekursor vitamin A, yakni nutrisi penting untuk menjaga kesehatan kulit, sekaligus membuat kulit menjadi awet muda.

Cynthia Bailey, MD, seorang dokter kulit di Sebastopol, California mengatakan wortel sebagai antioksidan bisa membantu menunda penuaan seluruh tubuhmu.

Apalagi beta karoten dalam wortel bisa menghangatkan kulitmu, dan telah terbukti secara ilmiah lebih baik daripada berjemur di bawah matahati.

Selain itu, wortel juga memiliki karotenoid, seperti beta karoten yang bisa diserap lebih baik bila dipasangkan dengan makanan lemak sehat.

Jadi, cobalah konsumsi wortel dengan telur dalam salad sayur atau campurkam wortel dalam sup krim dengan yogurt.

2. Teh

Konsumsi 5 Makanan ini untuk Memperlambat Tanda-Tanda Penuaan - 2.jpg

Foto: pexels.com

Toby Amidor , MS, RD, CDN, penulis The Healthy Meal Prep Cookbook mengatakan minum secangkir teh setiap hari bisa memberikan manfaat untuk menunda penuaan.

Seiring bertambahnya usia, kepadatan mineral tulang seseorang cenderung menurun dan bisa menyebabkan patah tulang.

Sebuah studi dalam American Journal of Clinical Nutrition pun menemukan bahwa wanita lanjut usia yang minum teh memiliki risiko patah tulang lebih rendah dan kepadatan mineral tulang yang lebih kuat.

Berbeda dengan wanita yang tidak mengonsumsi teh. Para peneliti menemukan flavonoid dalam teh dapat membantu meminimalkan risiko osteoporosis atau tulang rapuh seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: Ingin Tetap Awet Muda? Coba 4 Cara Ini Moms!

3. Avokad

Konsumsi 5 Makanan ini untuk Memperlambat Tanda-Tanda Penuaan - 3.jpg

Foto: pexels.com

Avokad adalah buah yang kaya asam lemak tak jenuh tunggal. Melissa Mitri , MS, RD, ahli diet di Milford, Connecticut mengatakan mengatakan avokad juga mengandung lemak anti-inflamasi yang membantu melembapkan kulit, mencegah kerutan, dan melindungi dari bahaya matahari.

Ani Petrosyan-Baran, ahli akupuntur di Jersey City, NJ, mengatakan orang bisa mengonsumsi avokad dalam bentuk smoothie, bersama dengan telur atau salad.

4. Telur

Konsumsi 5 Makanan ini untuk Memperlambat Tanda-Tanda Penuaan - 4.jpg

Foto: pexels.com

Makanan yang bisa bikin awet muda selanjutnya adalah telur. Telur adalah sumber protein yang membantu mendukung otot dan metabolisme tubuh.

Jessica Crandall Snyder, RDN, CDE, ahli diet di Denver, CO, mengatakan kebanyakan orang akan kehilangan 0,8 persen dari tubuh tanpa lemak seiring bertambahnya usia.

"Jika ingin mencegah kerusakan otot, konsumsi makanan kaya protein untuk mendukung ketahanan otot. Seseorang perlu protein untuk mengembangkan dan menjaga otot tanpa lemak," katanya.

Baca Juga: 5 Bahan Alami untuk Anti Aging, Bikin Awet Muda!

5. Ikan Berlemak

Konsumsi 5 Makanan ini untuk Memperlambat Tanda-Tanda Penuaan - 5.jpg

Foto: pexels.com

Salmon, mackerel, tuna dan sarden adalah ikan berlemak yang mengandung asam lemak omega-3 tingkat tinggi.

Kandungan lemak omega-3 itu dipercaya bisa mengurangi peradangan pada tubuh dan kulit.

Tsippora Shainhouse, MD, dokter kulit di Los Angeles, CA, mangatakan asupan lemak omega-3 dua hingga tiga porsi seminggu bisa membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dan trigliserida.

Suplemen minyak ikan juga bisa menggantikan ikan berlemak ini.

Tetapi, suplemen mungkin tidak memberikan manfaat protein rendah kalori seperti makan ikan berlemak.

6. Susu

Konsumsi 5 Makanan ini untuk Memperlambat Tanda-Tanda Penuaan - 6.jpg

Foto: pexels.com

Minum tiga hingga empat gelas susu lemak dengan kandungan kalsium, vitamin D dan protein setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga tulang kuat.

Sandra Poirier, MS, profesor ilmu gizi dan pangan di Middle Tennessee State University di Murfreesboro mengatakan kalsium adalah mineral yang diperlukan untuk kehidupan.

Karena, kalsium membantu membangun tulang yang kuat, pembekuan darah, kontraksi otot dan jantung berdetak.

Sedangkan, vitamin D dalam susu, membantu penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh untuk dibawa ke tulang dan gigi.

Selain itu, vitamin D juga membantu mengatur berapa banyak kalsium yang tersisa dalam darah.

Pada akhirnya, kalsium dan vitamin D akan membantu melindungi terhadap hilangnya massa tulang dan mengurangi risiko patah tulang seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: Mengatasi Keriput dan Kerutan, Yuk Gunakan Masker Kolagen!

Ternyata makanan yang bisa bikin awet muda tuh mudah didapatkan ya, Moms? Moms paling suka makan makanan yang mana?

Artikel Terkait