FASHION & BEAUTY
23 Maret 2018

6 Makanan yang Bisa Mencegah Kulit Keriput

Nutrisi yang baik sangat penting untuk kesehatan tubuh kita, termasuk kesehatan kulit.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Nutrisi yang baik sangat penting untuk kesehatan tubuh kita, termasuk kesehatan kulit. Jadi jangan biarkan kulit “kelaparan”, cobalah beberapa makanan yang dapat mencegah kulit keriput, dan menjadikannya lebih halus dan kencang.

1. Protein tanpa lemak

0efecc8d 4b83 4459 b6e1 cc1c257b45f8 beans shutterstock

foto: lovefood.com

Ayam tanpa kulit, ikan, kacang-kacangan, dan makanan protein tanpa lemak lainnya, dapat membantu memperbaiki sel-sel yang telah mengalami kerusakan. Ketika protein dicerna, akan terurai menjadi asam amino, atau bangunan sel. Jika tubuh memiliki banyak asam amino yang tersedia, akan membantu mempercepat perbaikan dan regenerasi sel-sel kulit dan kolagen.

2. Minyak zaitun

01 use this oil to preserve memory and stave off alzheimers 571508704 speedkingza 1024x683

foto: rd.com

Minyak Zaitun mengandung banyak asam oleat, salah satu asam lemak yang menjaga membran sel cairan dan membuat kulit kenyal. Minyak zaitun juga memiliki sejumlah kecil asam lemak esensial yang dapat melawan peradangan.

Baca juga: 6 Tips Sederhana Merawat Kulit

3. Buah berry

native post img 1 1849 57e1fd78e3dc7

foto: inspiyr.com

Untuk buah-buahan kecil, berry lebih banyak mengandung antioksidan dibandingkan buah lain atau sayuran lain. Makan banyak blueberry, stroberi, dan raspberry, karena dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang menyebabkan keriput. Buah jeruk dan apel merah dengan kulit juga kaya antioksidan.

4.Teh hijau

shutterstock 229991395

foto: greatindianfood.in

Teh hijau penuh dengan segudang polifenol, teh hijau termasuk pada daftar minuman yang baik untuk kulit. Konsumsi lah empat cangkir teh hijau sepanjang hari. Jika kita sensitif terhadap kafein, minum secangkir terakhir sebelum tiga sore.

Baca juga: 8 Khasiat Es Batu untuk Kecantikan Wajah, Bisa Mengurangi Jerawat Lho!

5. Ikan

vietnamese lemongrass and chilli steamed fish 109671 1

foto: taste.com.au

Salmon, makarel, dan ikan berlemak lainnya kaya akan asam lemak omega-3 dan sangat bermanfaat bagi kulit. Omega-3 memberikan perlindungan dengan menjaga membran sel cairan.

6. Air putih

eight bottles of water

foto: medicalnewstoday.com

Sel-sel kulit membutuhkan cairan untuk menjaga membran mereka agar kenyal dan menerima nutrisi agar tetap sehat. Kita mungkin harus minum enam sampai delapan gelas (1,5 sampai 2 liter) sehari untuk menjaga kulit halus dan terhidrasi. Jika berkeringat karena aktivitas fisik atau jika berada di luar dalam cuaca panas, kita harus minum lebih banyak.

Ditinjau oleh dr. Jezy Reisya

Sumber: meetdoctor.com

Artikel Terkait