KEHAMILAN
12 Desember 2019

7 Makanan yang Harus Dihindari pada Trimester Pertama Kehamilan

Waspada ikan bermerkuri dan olahan makanan setengah matang
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Trimester pertama kehamilan, usia 1-12 minggu, merupakan masa-masa membahagiakan sekaligus membutuhkan banyak adaptasi. Moms, dianjurkan untuk berhati-hati pada tiga bulan pertama kehamilan tersebut.

Selain itu, konsumsi makanan yang seimbang penting untuk ibu hamil. Ada nutrisi, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan bayi dalam kandungan.

Makanan yang Harus Dihindari pada Trimester Pertama Kehamilan

Sebagian besar makanan aman untuk dikonsumsi, namun ada makanan tertentu yang harus dihindari selama kehamilan. Sebab, dapat membahayakan bayi atau membuat Moms merasa tidak nyaman dan pusing.

Berikut makanan yang harus dihindari pada trimester pertama kehamilan menurut American Pregnancy Association.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

1. Ikan dengan Kadar Merkuri Tinggi

makanan yang harus dihindari pada trimester pertama

Foto: healthline.com

Makanan yang harus dihindari pada trimester pertama kehamilan yang pertama adalah ikan dengan kadar merkuri tinggi. Konsumsi merkuri selama kehamilan berkaitan dengan keterlambatan perkembangan dan kerusakan otak bayi.

Ikan yang mengandung kadar merkuri tinggi diantaranya ikan hiu, ikan pedang, mackerel, dan tilefish. Pilih ikan yang mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk ibu dan bayi.

2. Daging Mentah atau Setengah Matang

Foto: smallfootprintfamily.com

makanan yang harus dihindari pada trimester pertama

Makanan yang harus dihindari pada trimester pertama kehamilan selanjutnya adalah daging mentah atau setengah matang. Makanan laut mentah, daging sapi, atau jenis daging lainnya yang tidak matang atau setengah matang sebaiknya dihindari.

Moms sebaiknya berhati-hati ketika mengolah daging sebagai masakan, pastikan tidak ada warna merah muda atau darah yang mencirikan daging tersebut belum matang.

Daging mentah berisiko terkontaminasi dengan bakteri coliform, toxoplasmosis, dan salmonella. Toksoplasmosis merupakan parasit kecil yang hidup di daging mentah, tanah, dan kotoran kucing yang dapat membahayakan bayi.

3. Telur Mentah atau Setengah Matang

Foto: tokyocreative.com

makanan yang harus dihindari pada trimester pertama

Makanan yang harus dihindari pada trimester pertama kehamilan selanjutnya adalah telur mentah atau setengah matang. Telur mentah atau makanan apa pun yang mengandung telur mentah harus dihindari karena berpotensi terpapar salmonella.

Salmonella merupakan penyebab umum keracunan makanan yang dapat membahayakan bayi dan membuat ibu tidak sehat.

Tara Gidus, M.S., R.D, ahli gizi dari Orlando, Florida mengungkapkan, untuk melindungi ibu dan bayi dari bakteri berbahaya seperti e. coli, salmonella, dan listeria hindari konsumsi makanan tertentu.

"Jangan makan daging mentah, kurang matang, unggas, makanan laut, atau telur, dan jangan makan sisa makanan yang telah ditinggali lebih dari dua jam, " kata Gidus.

Baca Juga: Wajib Dikonsumsi, Ini 5 Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

4. Keju

makanan yang harus dihindari pada trimester pertama

Foto: photodune.net

Makanan yang harus dihindari pada trimester pertama kehamilan selanjutnya adalah keju tertentu. Ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi keju lunak mungkin mengandung listeria yang merupakan bakteri yang dapat membahayakan ibu dan bayi.

Di antaranya jenis keju Brie, Camembert, Roquefort, Feta, Gorgonzola, dan keju gaya Meksiko yang meliputi Queso Blanco dan Queso Fresco. Semua keju lunak yang tidak diimpor yang dibuat dengan susu pasteurisasi aman dikonsumsi.

” Keju lunak yang tidak dipasteurisasi dapat mengandung listeria, yang dapat menyebabkan persalinan prematur dan keguguran,” jelas Gidus.

5. Susu dan Produk Olahan Susu yang Tidak Dipasteurisasi

makanan yang harus dihindari pada trimester pertama

Foto: healthline.com

Makanan yang harus dihindari pada trimester pertama kehamilan selanjutnya adalah susu dan produk susu yang tidak dipasteurisasi. Susu atau produk olahan susu yang tidak dipasteurisasi mengandung listeria, toksoplasmosis, dan Campylobacter.

6. Kafein

makanan yang harus dihindari pada trimester pertama

Foto: documentarytube.com

Makanan yang harus dihindari pada trimester pertama kehamilan selanjutnya adalah kafein. Hindari kafein selama trimester pertama untuk mengurangi kemungkinan keguguran.

Kafein bersifat diuretik, yang berarti dapat menghilangkan cairan dari tubuh. Hal tersebut bisa menyebabkan hilangnya air dan kalsium. Konsumsi kafein berlebih berisiko keguguran, kelahiran prematur, dan berat lahir bayi rendah.

7. Buah-buahan dan Sayuran Tertentu

makanan yang harus dihindari pada trimester pertama

Foto: healthline.com

Makanan yang harus dihindari pada trimester pertama kehamilan selanjutnya adalah buah dan sayuran tertentu. Beberapa buah-buahan seperti pepaya, anggur hitam, nanas harus dihindari selama kehamilan.

Pepaya mengandung lateks yang dapat menyebabkan kontraksi uterus. Anggur hitam membuat tubuh terasa hangat dan berbahaya bagi bayi.

Selain itu, hindari sayuran dan buah-buahan yang tidak dicuci terlebih dahulu untuk mencegah paparan toksoplasmosis. Toksoplasmosis dapat mencemari tanah tempat sayuran ditanam.

Baca Juga: Sering Bikin Ibu Hamil Ngidam, Sebaiknya Hindari 4 Makanan Ini

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari pada trimester pertama kehamilan. Jika Moms tanpa sengaja mengonsumsi makanan-makanan tersebut, jangan panik. Jika hal tersebut tidak membuat Moms sakit, kemungkinan tidak akan mempengaruhi ibu dan bayi.

Konsultasikan dengan dokter atau bidan jika Moms khawatir terhadap makanan yang baru saja Moms konsumsi. Semoga bermanfaaat.

(SWN)

Artikel Terkait