KESEHATAN
27 Agustus 2020

15 Makanan Penyebab Radang Tenggorokan, Hindari Ya Moms!

Radang tenggorokan memang paling menyiksa!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Saat cuaca sedang tidak menentu dan pola makan kurang baik, virus atau bakteri apapun mudah masuk ke dalam tubuh, termasuk virus radang tenggorokan.

Radang tenggorokan menjadi salah satu penyakit yang paling banyak diderita orang, terutama mereka yang punya segudang aktivitas padat.

Radang tenggorokan adalah keadaan di mana terjadi peradangan pada tenggorokan yang umumnya disebabkan oleh infeksi.

Menurut dr. Brett M. Scotch, dokter osteopati dari Wesley Chapel, Florida, sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh sejumlah faktor. "Penyebabnya bisa flu biasa, kelembapan udara, rokok, polusi udara, berteriak, atau saluran hidung," jelasnya.

Dilansir dari Family Doctor, gejala radang tenggorokan di antaranya:

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Bintik putih di amandel dan tenggorokan
  • Amandel bengkak dan merah
  • Kulit gatal

Baca Juga: 8 Obat Alami yang Mujarab Atasi Radang Tenggorokan

Makanan Penyebab Radang Tenggorokan

Nah, supaya radang tenggorokan tidak semakin parah, berikut ini beberapa makanan penyebab radang tenggorokan yang harus Moms hindari supaya bisa cepat kembali sehat dan lancar beraktivitas.

1. Gorengan

7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Radang Tenggorokan 1.jpg

Gorengan memang paling nikmat dikonsumsi ya, Moms, apalagi bersama teh atau kopi hangat. Tapi, saat sedang radang tenggorokan sebaiknya puasa gorengan dulu.

Sebab, makanan gorengan termasuk makanan penyebab radang tenggorokan dan bisa memperparah infeksi di tenggorokan dan susah ditelan.

Selain itu, makanan berminyak juga bisa menyebabkan dahak dalam tenggorokan. Akibatnya, radang bukan semakin membaik malah semakin parah.

2. Makanan Pedas

7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Radang Tenggorokan 2.jpg

Sebagian masyarakat Indonesia memang sangat menyukai makanan pedas. Namun, makanan pedas ini wajib dihindari saat sedang sakit tenggorokan karena termasuk makanan penyebab radang tenggorokan.

Bayangkan kalau Moms sedang mengalami luka di bagian luar dan diberi cabai. Wah, perihnya luar biasa, bukan?

Sama halnya infeksi pada tenggorokan jika diberi makanan pedas pasti malah semakin parah. Untuk itu, hindari dulu makanan pedas selama radang tenggorokan, ya.

Baca Juga: 7 Teh Terbaik untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

3. Makanan Bersantan

7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Radang Tenggorokan3.jpg

Saat tubuh sedang kurang fit saja, makan makanan bersantan pasti membuat tenggorokan gatal dan tidak enak. Apalagi saat sedang radang tenggorokan.

Mengonsumsi makanan bersantan saat radang malah akan memperbanyak produksi lendir sehingga membuat kita jadi tidak enak ketika menelan. Tahan dulu untuk tidak mengonsumsi makanan bersantan selama radang tenggorokan, ya.

4. Makanan Kering

7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Radang Tenggorokan4.jpg

Suka mengonsumsi camilan seperti biskuit dan kacang-kacangan? Sebaiknya hindari dulu saat sedang radang, ya.

Makanan kering seperti camilan termasuk makanan penyebab radang tenggorokan dan dapat membuat tenggorokan makin sakit dan susah ditelan.

Sebaiknya beralih ke camilan yang bertekstur lembut dan mengandung air agar mudah ditelan seperti buah-buahan.

5. Makanan Berbahan Susu

7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Radang Tenggorokan5.jpg

Mungkin banyak orang berpikir kalau susu bisa meredakan sakit tenggorokan.

Namun, nyatanya makanan berbahan susu seperti keju, yogurt, atau susu itu sendiri bisa meninggalkan lapisan yang memperparah nyeri dan radang di tenggorokan.

6. Makanan & Minuman Asam

7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Radang Tenggorokan8.jpg

Memang saat sakit tenggorokan kita membutuhkan pasokan vitamin C yang banyak.

Namun, mengonsumsi makanan dan minuman asam seperti lemon atau jeruk malah bisa memperparah keadaan tenggorokan karena termasuk makanan penyebab radang tenggorokan.

Pasalnya, kandungan asam nitrat pada lemon atau jeruk bisa membuat iritasi pada lapisan tenggorokan yang sudah infeksi.

Akibatnya, bukannya kian membaik, radang tenggorokan malah semakin parah.

6. Kafein

7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Radang Tenggorokan6.jpg

Minum segelas kopi hangat mungkin bisa membuat sakit tenggorokan mereda selama beberapa saat. Namun, efek ini hanya bertahan sebentar saja karena ternyata kandungan kafein dalam kopi bisa membuat tenggorokan semakin gatal dan sakit.

Untuk sementara, ganti konsumsi kopi dengan air jahe atau air hangat untuk membantu meredakan nyeri di tenggorokan.

Baca Juga: A-Z Radang Tenggorokan pada Ibu dan Anak

7. Minuman Manis & Bersoda

7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Radang Tenggorokan7.jpg

Makanan penyebab radang tenggorokan selanjutnya adalah minuman bersoda. Bila Moms merupakan pengonsumsi rutin minuman manis dan bersoda, sebaiknya hindari dulu minuman ini saat radang, ya.

Sebab, mengonsumsi minuman manis dan bersoda bisa membuat tenggorokan semakin meradang dan parahnya lagi bisa menyebabkan refluks asam di lambung.

8. Daging Merah

makanan penyebab radang tenggorokan

Foto: Orami Photo Stock

Daging merah seperti daging sapi dan kambing memang bisa membawa banyak manfaat kesehatan, seperti kaya zat besi, zinc, dan vitamin, tetapi dapat menyebabkan tubuh kita menghasilkan lebih banyak panas dan radang tenggorokan.

Meskipun daging mungkin merupakan jenis makanan tepat yang bisa dipilih, dengan kandungan protein yang ideal di daerah yang lebih dingin. Makannya untuk kita yang tinggal di daerah tropis, lebih baik kita mengganti daging merah dengan ayam atau ikan.

9. Buah-buahan Tertentu

makanan yang harus dihindari saat radang tenggorokan

Foto: Orami Photo Stock

Tidak semua buah diciptakan sama. Meskipun mengonsumsi sebagian besar buah membantu kita mencapai diet seimbang dan memberi tubuh kita nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan, ada beberapa buah yang harus dikonsumsi dalam porsi yang kecil atau tidak berlebihan.

Beberapa contoh buah yang bisa menciptakan 'panas dalam' dan sebagai makanan penyebab radang tenggorokan adalah durian, nangka, mangga, dan aprikot. Cobalah mengunyah buah-buahan yang membawa dingin untuk tubuh kita, seperti semangka, manggis, dan stroberi sebagai gantinya.

10. Kacang

kacang memiliki tekstur yang kasar

Foto: Orami Photo Stock

Kabar buruk bagi para pecinta kacang. Banyak jenis kacang seperti almond, kacang mete, dan pistachio diketahui menyebabkan penumpukan panas di dalam tubuh kita, yang bisa menyebabkan radang tenggorokan.

Baca Juga: Jangan Khawatir Jika Anak Alergi Kacang, Perawatan Ini Mungkin Membantu

Tetapi hal ini tidak berarti bahwa kita harus melewatkan makanan sehari-hari atau camilan granola kita ya! Seperti kebanyakan makanan, moderasi adalah kuncinya. Cobalah untuk mengurangi asupan kacang secara teratur, atau mengemil alternatif yang lebih aman seperti lidah buaya atau cincau.

11. Jeruk dan Makanan Asam

jeruk menyebabkan radang tenggorokan

Foto: Orami Photo Stock

Jauhi makanan asam dan jeruk seperti tomat, jeruk, jeruk bali, jeruk nipis dan lemon merupakan makanan yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Asam yang ditemukan dalam makanan ini dapat mengiritasi dan memperburuk sakit tenggorokan kita.

Daripada mengonsumsi buah jeruk, pilihlah buah-buahan yang menenangkan tenggorokan seperti pisang, melon, kiwi, dan persik. Jika Moms ingin menambahkan lebih banyak vitamin C ke dalam makanan yang dikonsumsi, kita dapat menambagkan kangkung atau paprika merah.

12. Makanan Bertekstur Kasar

jangan makan roti panggang saat radang tenggorokan

Foto: Orami Photo Stock

Makanan penyebab radang tenggorokan selanjutnya adalah makanan yang bertekstur kasar seperti sayuran mentah, granola, dan roti panggang kering dapat menggores dan memperparah sakit tenggorokan. Daripada mengonsumsi makanan yang bertekstur kasar, pilihlah makanan yang mudah ditelan, lembut dan setengah padat seperti keju, sup berbahan dasar krim, yogurt, telur, kentang tumbuk, es krim, sereal matang, smoothie, dan casserole.

Moms juga bisa melembabkan makanan yang dikeringkan dengan kaldu atau kuah dan merebus atau mengukus sayuran agar lebih lembut dan mudah untuk ditelan.

13. Minuman Bersoda

soda bisa menyebabkan radang

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms merupakan salah satu penggemar minuman berkarbonasi, penting bagi kita untuk memahami bahwa mengonsumsi minuman yang sama dapat menyebabkan radang di tenggorokan, yang semakin memperburuk kondisi tentunya. Soda di dalam minuman tersebut bersama dengan pemanis buatan juga dapat menyebabkan refluks asam di perut.

Jadi, hindari minuman ini selama radang tenggorokan atau merasa akan radang tenggorokan, dan sebagai gantinya makan sup panas atau teh herbal karena dapat membantu menenangkan kondisi tersebut. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi makanan atau minuman apa pun jika Moms mengalami radang tenggorokan.

14. Susu

radang tenggorokan

Foto: Orami Photo Stock

Pada beberapa orang, susu mungkin dapat menebal atau meningkatkan produksi lendir dalam mulut. Kondisi ini mungkin akan mendorong seseorang untuk membersihkan tenggorokan lebih sering, sehingga dapat  memperparah sakit tenggorokan atau menyebabkan tenggorokan jadi iritasi.

Baca Juga: 5 Manfaat Susu Kedelai bagi Tubuh, Sehat Banget!

15. Yogurt

makanan penyebab radang tenggorokan

Foto: Orami Photo Stock

Yogurt tidak diragukan lagi adalah salah satu makanan paling sehat untuk dikonsumsi. Namun, yogurt yang sama juga mungkin pada akhirnya lebih berbahaya untuk tubuh kita, jika dikonsumsi selama serangan radang tenggorokan. Selama batuk, ada penumpukan dahak di dada dan yogurt dapat memperburuk batuk dengan cara mengentalnya.

Radang tenggorokan memang jadi penyakit yang paling membuat kita tidak nyaman. Selain membuat badan tidak enak dan aktivitas terganggu, makan dan minum pun jadi sulit.

Untuk itu, dr. Scotch mengingatkan agar Moms menerapkan gaya hidup sehat, makan makanan bergizi, olahraga teratur, dan tidur cukup supaya cepat sembuh dan tidak mudah terserang penyakit.

U.S. Department of Health and Human Services mengingatkan untuk segera ke dokter bila radang tenggorokan tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, atau disertai dengan demam dan amanel yang bengkak.

Tanda-tanda tersebut bisa jadi disebabkan karena infeksi bakteri dan tidak bisa disembuhkan hanya dengan antibiotik.

Dengan beberapa informasi di atas yaitu makanan penyebab radang tenggorokan, semoga Moms bisa mencegah radang tenggorokan yang sedang terjadi ya.

Artikel Terkait