KESEHATAN
28 Juni 2019

5 Makanan yang Membuat Sehat Tubuh Secara Luar dan Dalam

Konsumsi bayam membuat rambut tetap lembap dan tidak mudah rapuh!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mengonsumsi makanan yang tepat dapat memberikan kesehatan pada tubuh, tidak hanya untuk organ di dalam, namun juga seperti kulit, rambut, mata, dan organ lainnya.

Seperti misalnya mengoleskan alpukat pada wajah, atau melapisi rambut dengan yogurt, madu, dan minyak zaitun, nampaknya sudah menjadi anjuran umum untuk tips kecantikan.

Padahal, bila makanan ini dikonsumsi juga memberikan manfaat kesehatan yang dibutuhkan tubuh. Mengutip Huffington Post, ketahui daftar makanan yang tidak hanya rasanya enak, tetapi juga menyehatkan.

1. Cokelat Hitam

cokelat ok

Tidak hanya enak, mengonsumsi cokelat hitam membuat kulit tetap terhidrasi dan melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari.

Ini berkat flavonoid, zat tanaman alami yang ditemukan dalam kakao. Cokelat hitam juga membantu mengurangi hormon stres yang membantu menjaga kolagen di kulit, sehingga mengurangi keriput.

Sebagai catatan, untuk dapat merasakan manfaatnya, cokelat harus mengandung setidaknya 70 persen kakao.

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Cokelat Untuk Ibu Hamil, Bisa Cegah Preeklamsia Juga Lho!

2. Yogurt Yunani

yogurt

Yogurt juga menjadi makanan super yang banyak dikonsumsi karena punya rasa enak dan menyehatkan. Apalagi yogurt punya kandungan kalsium tinggi.

Karena yogurt mengandung kalsium dan protein, ini dapat mempertahankan gigi yang kuat. Selain itu, probiotik dalam yogurt mengurangi bakteri di gusi, yang juga melawan bau mulut.

3. Bayam

selain katuk, ketahui 5 makanan pelancar asi ini bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang mudah dimasak, dan menjadi sumber zat besi baik untuk tubuh. Sayuran hijau seperti bayam sangat bagus untuk menjaga rambut lembap sehingga tidak mudah rapuh.

Selain itu, bayam juga memiliki kandungan vitamin A, beta karoten, folat, zat besi, dan vitamin C untuk menutrisi kulit kepala agar tetap sehat.

4. Alpukat

alpukat

Tak melulu dijadikan minuman jus, alpikat juga menjadi buah yang banyak digunakan untuk makanan utama. Teksturnya yang creamy menjadikan alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal.

Lemak tak jenuh tunggal yang baik ini membuat rambut dan kuku lebih bersinar. Selain itu, nutrisi penting lainnya seperti lutein dan zeaxanthin pada alpukat dapat meningkatkan kesehatan mata.

Baca Juga: Rambut Kusam? Coba DIY Hair Mask Avokad Agar Rambut Sehat Berkilau!

5. Buah Beri

basket of blueberries

Keluarga beri seperti buah stroberi, bluberi bisa dikonsumsi sebagai buah anti-penuaan. Ini karena kandungan antioksidan membantu meminimalkan kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Radikal bebas dapat mempercepat pembentukan kerutan pada kulit dan menyebabkan penyakit. Buah beri juga dapat melawan jerawat karena mengandung banyak salisilat.

Seperti yang Moms mungkin sudah ketahui, asam salisilat sering digunakan dalam produk perawatan jerawat topikal.

Nah, itu dia Moms 5 jenis makanan yang bisa dikonsumsi di rumah untuk membuat tubuh sehat luar dalam. Ada yang menjadi favorit Moms?

Artikel Terkait