KESEHATAN
12 Oktober 2019

4 Manfaat Buah Parijoto untuk Kesehatan

Bisa meningkatkan kesuburan wanita agar cepat hamil
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Tahukah Moms mengenai buah parijoto? Yup, buah parijoto cukup kecil dan cenderung dan berkerumun di setiap batang. Buah ini memiliki rasa asam yang bercampur dengan rasa sepat di lidah.

Tanaman semak epifit dengan ketinggian 0,45 - 1,2 meter ini adalah semak yang selalu hijau dengan batang dan cabang kayu yang hijau juga. Daunnya berbentuk hijau dengan ujung runcing dan tulang daun melengkung.

Baca Juga: Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Buahnya tersusun dalam malai besar dengan masing-masing buah bulat kecil. Saat muda, buah akan berwarna merah muda tetapi setelah dimasak akan berwarna merah keunguan.

Buah ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan lho. Apa saja itu? Yuk kita cari tahu Moms.

Meningkatkan Kesuburan

manfaat buah parijoto, buah parijoto

Dilansir dari dilansir dari penelitian Ethnobotany of utilization, role, and philosopical meaning of Parijoto yang diterbitkan oleh American Institute of Physics, tanaman dengan nama latin Medinilla Speciosa ini diyakini dapat meningkatkan kesuburan, dengan kata lain buah parijoto ini dapat digunakan untuk memberi kesuburan dan membantu ibu yang sulit hamil untuk memiliki anak.

Dari hasil penelitian lain, buah parijoto memiliki antioksidan alami seperti tanin, flavonoid, dan saponin, yang dapat menangkal efek berbahaya dari radikal bebas bagi tubuh.

Buah parijoto sangat baik untuk peningkatan nutrisi bagi wanita yang sedang hamil.

Baca Juga: Benarkah Makan Avokad Bagus untuk Kesuburan?

Mengobati Sariawan

manfaat buah parijoto, buah parijoto

Selain berguna untuk memberikan kesuburan pada wanita yang sulit untuk hamil, manfaat buah parijoto ini juga bisa membantu mengobati sariawan di mulut.

Ambil buah parijoto segar sebanyak 4 atau 6 gram, sebelum dicuci. Lalu ditumbuk halus dan larutkan dalam sekitar 100 ml air mineral, kemudian gunakan untuk berkumur. Gunakan sisanya untuk berkumur lagi.

Mengatasi Diare

manfaat buah parijoto, buah parijoto

Dalam penelitian Jurnal Ethnobotany of utilization, role, and philosopical meaning of Parijoto, disebutkan kalau manfaat buah parijoto juga membantu mengatasi diare. Caranya dengan mengambil 15-20 gram daun parijoto segar, lalu cuci dulu.

Baru kemudian rebus dengan 450 ml air hingga mendidih selama kira-kira 15 hingga 20 menit. Saring, setelah dingin minum sebanyak dua kali sehari pagi dan sore.

Baca Juga: Cara Mengatasi Diare Pada Balita

Sebagai Obat Kolesterol

manfaat buah parijoto, buah parijoto

Buah yang didapatkan dari alam memang memiliki banyak kegunaan. Manfaat buah parijoto lainnya yang bisa kita nikmati adalah sebagai obat untuk kolesterol.

Tidak perlu dimasak atau dihancurkan, Moms bisa memakan buahnya langsung setelah dicuci.

Itu dia Moms beberapa manfaat buah parijoto untuk kesehatan. Jika Moms menemui buah ini, jangan coba rasakan khasiatnya untuk tubuh ya.

Artikel Terkait