KESEHATAN
12 Oktober 2020

15 Manfaat Buah Parijoto untuk Kesehatan

Bisa meningkatkan kesuburan wanita agar cepat hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Tahukah Moms mengenai buah parijoto? Yup, buah parijoto adalah buah yang berukuran kecil dan berbentuk bulat hingga lonjong, tumbuh berkelompok besar pada batang bersudut, tebal, dan berserat.

Kulit buahnya kencang, halus, dan matang dari merah jambu menjadi merah-ungu cerah saat matang dan batangnya juga berwarna merah-merah jambu cerah.

Selain buahnya, daunnya berbentuk lanset, dengan diameter rata-rata lima belas sentimeter, dan berwarna hijau tua dengan tekstur kasar dan urat menonjol.

Buah parijoto ini memiliki rasa yang renyah, lembut, dan sedikit asam dengan rasa buah yang manis dan asam. Ada juga manfaat buah parijoto untuk kesehatan lho, Moms.

Tanaman semak epifit dengan ketinggian 0,45 - 1,2 meter ini adalah semak yang selalu hijau dengan batang dan cabang kayu yang hijau juga. Daunnya berbentuk hijau dengan ujung runcing dan tulang daun melengkung.

Buahnya tersusun dalam malai besar dengan masing-masing buah bulat kecil. Saat muda, buah akan berwarna merah muda tetapi setelah dimasak akan berwarna merah keunguan.

Jika tanaman ini akan ditanam dalam pot, harus disimpan dalam cahaya yang disaring setelah tanam, mungkin dengan sedikit sinar matahari pagi, selama beberapa minggu sampai menjadi aklimatisasi.

Kemudian, harus dipindahkan perlahan ke tempat yang memiliki lebih banyak sinar matahari pagi dengan perlindungan dari terik matahari sore.

Akarnya tumbuh cukup cepat, sehingga perlu direpoting dari waktu ke waktu. Pemangkasan sesekali setelah sebagian besar pembungaan selesai akan menghasilkan tanaman yang lebih padat.

Mengapa harus menanam buah parijoto? Karena buah satu ini memiliki beragam manfaat kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat buah parijoto yang mungkin belum Moms ketahui.

Baca Juga: Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Manfaat Buah Parijoto

Buah parijoto memiliki beragam manfaat untuk kesehatan lho. Apa saja manfaat buah parijoto? Yuk kita cari tahu Moms.

1. Meningkatkan Kesuburan

manfaat buah parijoto, buah parijoto

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari dilansir dari penelitian Ethnobotany of utilization, role, and philosopical meaning of Parijoto yang diterbitkan oleh American Institute of Physics, tanaman dengan nama latin Medinilla Speciosa ini diyakini dapat meningkatkan kesuburan.

Dengan kata lain, manfaat buah parijoto ini dapat digunakan untuk memberi kesuburan dan membantu ibu yang sulit hamil untuk memiliki anak.

Dari hasil penelitian lain, buah parijoto memiliki antioksidan alami seperti tanin, flavonoid, dan saponin, yang dapat menangkal efek berbahaya dari radikal bebas bagi tubuh.

Buah parijoto sangat baik untuk peningkatan nutrisi bagi wanita yang sedang hamil.

Baca Juga: Benarkah Makan Avokad Bagus untuk Kesuburan?

2. Mengobati Sariawan

Selain berguna untuk memberikan kesuburan pada wanita yang sulit untuk hamil, manfaat buah parijoto ini juga bisa membantu mengobati sariawan di mulut.

Cara menggunakannya:

  • Ambil buah parijoto segar sebanyak 4 atau 6 gram, sebelum dicuci.
  • Lalu ditumbuk halus dan larutkan dalam sekitar 100 ml air mineral, kemudian gunakan untuk berkumur sebanyak 2 kali sehari sampai sariawan hilang.
  • Gunakan sisanya untuk berkumur lagi.

3. Mengatasi Diare

manfaat buah parijoto, buah parijoto

Foto: Orami Photo Stock

Dalam penelitian Jurnal Ethnobotany of utilization, role, and philosopical meaning of Parijoto, disebutkan kalau manfaat buah parijoto juga membantu mengatasi diare. Caranya dengan mengambil 15-20 gram daun parijoto segar, lalu cuci dulu.

Baru kemudian rebus dengan 450 ml air hingga mendidih selama kira-kira 15 hingga 20 menit. Saring, setelah dingin minum sebanyak dua kali sehari pagi dan sore.

Baca Juga: Cara Mengatasi Diare Pada Balita

4. Sebagai Obat Kolesterol

Buah yang didapatkan dari alam memang memiliki banyak kegunaan. Manfaat buah parijoto lainnya yang bisa kita nikmati adalah sebagai obat untuk kolesterol.

Tidak perlu dimasak atau dihancurkan, Moms bisa memakan buahnya langsung setelah dicuci.

5. Mampu Menangkal Radikal Bebas

manfaat buah parijoto

Foto: plantotheday.blogspot.com

Manfaat buah parijoto yang cantik ini mengandung antioksidan alami seperti tanin, flavonoid, dan saponin yang dapat menangkal radikal bebas masuk ke tubuh.

Senyawa flavonoid ini juga memiliki manfaat antara lain untuk mengahambat penyebaran tumor, menghambat pertumbuhan sel kanker, serta menghambat aktivitas enzim yang merupakan pemicu terjadinya peradangan dan penyakit pada sistem imun.

6. Menambah Nutrisi Ibu Hamil

Penelitian terhadap buah parijoto secara ilmiah menunjukkan bahwa buah ini mengandung Saponin, Flavonida, Kardenolin dan Tanin.

Manfaat buah parijoto ini sangat baik untuk penambah nutrisi bagi ibu hamil. Yang sudah Moms ketahui tentang khasiat secara umum adalah buah ini dikonsumsi ibu hamil setelah usia kandungannya memasuki lima bulan teratas.

Tetapi juga bisa dikonsumsi pada usia kehamilan dari dua hingga tiga bulan.

7. Mampu Menurunkan Berat Badan

buah parijoto bisa menurunkan berat badan

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah parijoto selanjutnya yaitu mampu menurunkan berat badan.

Berdasarkan penelitian dalam jurnal Antihyperlipidemic and Anti-obesity Effects of The Methanolic Extract of Parijoto menunjukkan bahwa pemberian ekstrak metanol parijoto (M. speciosa) pada tikus, menurunkan kadar trigliserida secara bertahap, menurunkan bobot badan hingga 34% dan jaringan adiposa di peritoneum tikus hiperlipidemia.

Baca Juga: 5 Camilan Sehat yang Bisa Menaikkan Berat Badan Janin

8. Menjadikan Anak Ganteng atau Cantik

Manfaat buah parijoto dipercaya mempunyai manfaat yang banyak saat dikonsumsi ibu hamil. Salah satunya, anak yang akan dilahirkan oleh sang ibu yang mengonsumsi buah parijoto akan tumbuh menjadi anak yang ganteng atau cantik.

Tidak ada penjelasan ilmiah mengenai hal ini, namun masyarakat setempat mempercayai khasiat satu ini.

Selain itu, buah parijoto juga bermanfaat untuk menjaga fisik bayi dalam kandungan. Hal ini yang membuat calon bayi akan memiliki wajah yang cantik atau tampan.

Percaya atau tidak, tak ada salahnya Moms coba untuk mengonsumsi buah parijoto saat hamil kan?

9. Menjaga Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

manfaat buah parijoto

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah parijoto mengandung antioksidan alami seperti tanin, flavonoid, dan saponin. Flavonoid memiliki manfaat antara lain untuk menghambat penyebaran tumor, mengambat pertumbuhan sel kanker, dan penyakit yang menyerang sistem imun.

Seorang ibu hamil sangat rentan terserang berbagai penyakit karena sistem imun tubuhnya yang melemah.

Guna meningkatkan lagi peran sistem kekebalan tubuh untuk melindungi ibu hamil dan kandungannya dari serangan penyakit, mengkonsumsi buah parijoto adalah salah satu solusinya.

Inilah mengapa salah satu manfaat buah parijoto sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

10. Mencegah Kanker

Penyakit kanker terjadi akibat adanya kerusakan sel tubuh yang dipicu oleh radikal bebas. Oleh karena manfaat buah parijoto adalah untuk menangkal radikal bebas, maka secara tidak langsung turut menghasilkan khasiat buah parijoto dalam mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Kanker Darah pada Anak dan Cara Mengatasinya

11. Mencegah Tumor

manfaat buah parijoto, buah parijoto

Foto: Orami Photo Stock

Selain kanker, penyakit berbahaya lainnya adalah tumor. Manfaat buah parijoto lainnya, dipercaya dari kandungan antioksidan alami di dalamnya adalah mencegah dan menghambat perkembangan daripada sel tumor ganas yang dapat mengancam jiwa.

12. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Kandungan vitamin C pada buah parijoto juga efektif untuk mencegah atau meminimalisir penyakit jantung yang merupakan salah satu penyakit yang banyak menyebabkan kematian.

Mengingat manfaat buah parijoto itu, maka melakukan langkah pencegahan sedini mungkin perlu untuk dilakukan, dan buah parijito adalah salah satu solusinya. Jadi, jangan sia-siakan manfaat buah parijoto yang satu ini, ya.

13. Menjadi Sumber Energi untuk Ibu Hamil

manfaat buah parijoto

Foto: Orami Photo Stock

Seorang ibu hamil tentunya memerlukan lebih banyak asupan energi, agar ia dan bayi di dalam kandungannya selalu dalam kondisi prima.

Dari sekian banyak sumber energi alami bagi tubuh yang tersedia, buah parijoto adalah salah satu sumber energi terbaik yang bisa diperoleh. Ini menjadi manfaat buah parijoto lainnya.

14. Membantu Meminimalisir Risiko Keguguran

Keguguran adalah masalah awal kehamilan yang banyak ditakuti para ibu hamil. Mengutip National Health Service UK, keguguran biasanya terjadi selama trimester pertama kehamilan, disebabkan oleh masalah pada janin atau akibat dari kondisi kesehatan ibunya.

Trimester pertama dari usia kehamilan adalah masa-masa di mana janin masih sangat lemah dan rentan mengalami keguguran apabila ibu hamil tidak ditopang oleh asupan nutrisi yang mencukupi.

Oleh sebab itu, hendaknya di trimester pertama para ibu hamil harus benar-benar memerhatikan asupan nutrisinya agar janin senantiasa kuat dan terus berkembang.

Manfaat buah parijoto bisa jadi alternatif untuk meminimalisir keguguran. Lagi-lagi, khasiat buah parijoto yang satu ini dikarenakan adanya zat antioksidan.

Baca Juga: Kaya Antioksidan, Ketahui 7 Jenis Buah Beri dan Manfaat Kesehatannya!

15. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

manfaat buah parijoto

Foto: Orami Photo Stock

Ibu hamil yang masih mempunyai usia kandungan yang muda rentan dengan penyakit. Manfaat buah parijoto mengandung antioksidan alami yang dapat menangkal berbagai penyakit.

Konsumsi buah parijoto dengan rutin akan mengoptimalkan kesehatan ibu hamil agar tidak mudah terserang penyakit.

Itu dia Moms beberapa manfaat buah parijoto untuk kesehatan. Jika Moms menemui buah ini, jangan coba rasakan khasiatnya untuk tubuh ya.

Artikel Terkait