KESEHATAN
18 Oktober 2020

11+ Manfaat Bunga Telang, Bisa Obati Asma dan Lancarkan Menstruasi!

Manfaat bunga telang saat hamil bisa menggantikan teh lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apakah Moms pernah melihat bunga telang? Bunga berwarna biru ini memiliki banyak nama. Ada yang menyebutnya dengan Butterfly Pea, Asian Pigeonwings, Bluebellvine, Blue Pea, Cordofan Pea dan Darwin Pea.

Selain warnanya yang cantik, ternyata banyak juga manfaat bungat telang lho Moms.

Menurut Health Benefit Times, bunga telang adalah tanaman yang berumur pendek, tumbuh cepat, dan bisa tumbuh hingga sekitar 2,5 meter. Tanaman ini dapat ditemukan tumbuh di padang rumput; hutan terbuka, lahan semak, vegetasi sungai, dan hutan.

Bunga telang terlihat seperti klitoris dengan bentuk standar obovate besar, yang memiliki panjang sekitar 4 cm dan lebar 3 cm. Meski sering terlihat berwarna biru, bunga telang juga memiliki banyak varian warna seperti biru muda sampai tua, ungu muda atau putih dan kuning di bagian.

Orang Thailand percaya bahwa bunga telang memiliki banyak khasiat penyembuhan, termasuk meningkatkan penglihatan, pertumbuhan rambut, dan kemampuan untuk memperkuat sistem kekebalan. Beberapa dari kepercayaan yang dianut secara luas ini didukung oleh sains.

Sebuah penelitian dari Journal of Ethnopharmacology menunjukkan bahwa bunga telang memiliki kualitas antiasthmatic. Journal of Food, Science an Technology juga menemukan bahwa bunga itu penuh dengan antioksidan yang bermanfaat dan dapat mengurangi stres oksidatif.

Apa lagi manfaat bunga telang untuk kesehatan?

Baca Juga: 5 Bunga yang Baik Bagi Kesehatan

Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Selama ini hanya beberapa penduduk lokal di negara asal tanaman bunga ini seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand yang menggunakan bunga ini dalam kesehariannya.

Di negara-negara tersebut, kelopak bunganya digunakan sebagai pewarna makanan alami sedangkan bagian lainnya digunakan sebagai obat tradisional atau herbal.

Di bawah ini adalah daftar manfaat bunga telang untuk kesehatan yang bisa didapatkan.

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat bunga telang yang pertama adalah untuk meningkatkan kesehatan otak. Kesehatan otak yang baik bergantung pada tingkat komunikasi otak. Bunga telang terdiri dari Asetilkolin yang jika dikonsumsi dapat membantu meningkatkan kadar

Asetilkolin di otak. Asetilkolin akan menurun seiring bertambahnya usia yang menyebabkan hilangnya memori dan masalah lainnya.

Jika rutin mengkonsumsi bunga telang, proses ini akan berbalik. Bunga telang akan membantu memperbaiki kinerja otak. Sebab, bunga telang memiliki manfaat kesehatan pada otak yang meningkatkan kemampuan berpikir, dikutip dari Journal of Natural Remedies.

2. Solusi Menstruasi Tidak Teratur pada Perempuan

11 Manfaat Bunga Telang -2.jpg

Foto: Earthlingnature.wordpress.com

Manfaat bunga telang yang selanjutnya adalah sebagai solusi menstruasi tidak teratur. Perempuan Asia pasti tahu betapa hebatnya bunga telang dalam membantu mengatasi masalah menstruasi yang tidak teratur.

Banyak hal yang menyebabkan tidak teraturnya masalah menstruasi, namun dengan mengkonsumsi bunga telang, hal tersebut dapat diatasi.

Selain itu, menurut penelitian Journal of Traditional and Complimentary Medicine, bunga cantik ini juga mampu membantu mengatasi beberapa masalah reproduksi pada perempuan selain menstruasi yang tidak teratur. misalnya seperti keputihan yang tidak normal.

Baca Juga: Selain Bunga Mawar, 7 Bunga Ini Juga Menandakan Kasih Sayang

3. Meningkatkan Sistem Saraf

Manfaat bunga telang yang selanjutnya adalah meningkatkan sistem saraf. Sistem saraf memiliki peran penting dalam metabolisme di dalam seluruh tubuh. Bunga telang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja sistem tersebut, sebab bunga telang terdiri dari beberapa senyawa yang bagus untuk menunjang hal tersebut.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pharmacology Biotechnology and Behavior mencatat, kandungan-kandungan yang ditemukan pada bunga telang memiliki aktivitas nootropik, ansiolitik, antidepresan, antikonvulsan dan antistres. Dengan kata lain, bunga ini juga bagus untuk saraf otak.

4. Mengobati Asma Secara Alami

11 Manfaat Bunga Telang -4.jpg

Foto: Freepik.com

Manfaat bunga telang yang selanjutnya adalah mengobati asma secara alami. Reaksi alergi bisa menjadi pemicu asma. Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan keefektifan bunga Telang yang bermanfaat sebagai obat alami dari asma karena tidak menimbulkan alergi saat dikonsumsi.

Studi yang dilakukan oleh International Journal of Pharmaceutical Science and Research menemukan, kandungan antioksidan dan antiastmatik ekstrak etanol dari akar bunga telang menunjukkan perlindungan yang signifikan alergi.

5. Obat Alami untuk Diabetes

Manfaat bunga telang yang selanjutnya adalah obat alami untuk diabetes. Salah satu manfaat kesehatan yang luar biasa yang bunga telang adalah dapat mengontrol penyerapan gula darah, sehingga dapat membantu dalam mengontrol kadar gula darah pada pasien diabetes. Tentunya hal ini dapat menambah daftar makanan dan minuman yang membantu mengatasi diabetes diabetes.

Tropical Journal of Pharmaceutical Research mencatat, ekstrak air daun dan bunga dari bunga telang secara signifikan mengurangi glukosa serum, hemoglobin terglikosilasi dan aktivitas enzim glukoneogenik, glukosa-6-fosfatase, tetapi meningkatkan insulin serum, glikogen hati dan otot rangka dan aktivitas enzim glikolitik, glukokinase.

Baca Juga: 10 Nama Bayi Laki-Laki yang Terinspirasi dari Bunga, Tetap Maskulin dan Gagah Lho!

6. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

11 Manfaat Bunga Telang -6.jpg

Foto: Ideakart.com

Manfaat bunga telang yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Akar tanaman pada bunga telang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit mata, khususnya di Asia Tenggara.

Bunga-bunga indah bunga telang dapat digunakan untuk mengobati infeksi mata seperti 'mata merah muda' atau konjungtivitis.

Procedia Chemistry mengatakan, dalam studi yang dilakukannya, bunga telang membantu menjaga konjungtivitas dengan menjadipenjaga agar tidak ada bakteri yang dapat merusak mata dan mensterilkannya.

7. Bagus untuk Sistem Pencernaan

Manfaat bunga telang yang selanjutnya adalah bagus untuk sistem pencernaan. Karena sifat antibakterinya, bunga telang dapat membantu mengatasi beberapa masalah pencernaan termasuk keracunan makanan.

Studi Multidisciplinary Digital Publising Institute mencatat, bunga telang dapat menghambat aktivitas amilase pankreas, yang mengarah pada pengurangan pelepasan maltosa dari tepung.

Temuan menunjukkan bahwa penambahan ekstrak bunga telang ke dalam tepung dapat menghambat kecernaan pati melalui penghambatan enzim pencernaan karbohidrat, termasuk amilase pankreas dan glukosidase usus.

8. Digunakan sebagai Tonik untuk Mengobati Demensia

11 Manfaat Bunga Telang -8.jpg

Foto: Freepik.com

Manfaat bunga telang yang selanjutnya adalah mengobati demensia. Dalam sistem pengobatan tradisional India, bunga telang dipercaya sebagai tonik otak dan diyakini dapat meningkatkan daya ingat dan kecerdasan.

Beberapa penelitian pada hewan juga menunjukkan keefektifan Bunga Telang dalam meningkatkan kemampuan menghafal pada tikus, sehingga sangat memungkinkan untuk mengobati demensia pada manusia.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Pharmaceutical Biology menunjukkan bahwa ekstrak bunga telang bermanfaat untuk meningkatkan kandungan asetilkolin otak tikus dan aktivitas asetil kolinesterase dengan cara yang mirip dengan obat pelindung otak standar Pyritinol.

9. Pengobatan Rumah untuk Sakit Kepala

Apakah Moms pernah mengalami masalah sakit kepala tetapi sedang tidak boleh mengonsumsi obat penghilang rasa sakit? Kini Moms tidak perlu khawatir. Sebab, bunga telang ternyata dapat digunakan sebagai pengobatan rumahan untuk sakit kepala.

Journal of Pharmacy Research mencatat, berbagai unsur yang bermanfaat telah ditemukan di berbagai bagian tanamannya. Konstituen kimia aktif yang dilaporkan dari tanaman ini adalah tanin, resin, pati, taraxerol, taraxerone, alkaloid, flavonoid, saponin, protein, antosianin dan karbohidrat.

Dalam pengobatan tradisional, tanaman digunakan untuk pengobatan penyakit kuning, migrain, tenggorokan, infeksi mata, penyakit kulit, asma, sendi bengkak, sakit telinga, erupsi, demam, infeksi saluran kemih, sembelit, sakit kepala, gangguan pencernaan, kusta dan gangguan sistem saraf pusat.

10. Mengatasi Rambut Rontok

11 Manfaat Bunga Telang -10.jpg

Foto: Fattumyid.blogspot.com

Manfaat bunga telang yang selanjutnya adalah mengatasi rambut rontok. Dalam pengobatan Thailand kuno, ramuan bunga telang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati kebotakan pola pada pria dan adanya uban yang terlalu dini. Ramuan tersebut dipercaya secara turun temurun dan diklaim berhasil.

Bahan utama dalam bunga telang yang mendukung hal tersebut adalah Antosianin, yang dipercaya dapat meningkatkan aliran darah di kulit kepala dan mempertahankan serta memperkuat folikel rambut yang dapat mengatasi kerontokan rambut dan uban.

Baca Juga: 11 Inspirasi Nama Bayi dengan Tema Bunga, Cantik!

11. Membantu dalam Kehamilan

Manfaat bunga telang yang selanjutnya adalah pengganti kafein saat hamil. Bunga telang memiliki bentuk yang mirip dengan klitoris pada alat kelamin perempuan. Ini juga menjadi alasan bunga telang mendapatkan nama botani dari kemiripannya dengan itu.

Oleh karena itu, ada hal mendasar mengapa bunga telang bermanfaat dalam membantu selama masa kehamilan.

Seperti halnya teh chamomile dan teh hijau, bunga telang juga dapat menjadi alternatif yang sehat sebagai pengganti kafein selama kehamilan, dikutip dari sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Reseach Gate

Cara Mengkonsumsi Bunga Telang Sebagai Tanaman Obat

  • Sembelit: Ambil beberapa biji dari bunga telang kemudian dipanggang dan dibuat menjadi bubuk. Minumlah bubuk tersebut dengan air hangat suam selama 3 hari. Atau Ambil 10 g akarnya dan rendam dalam 2 gelas air selama 5 jam. Minum dua kali sehari selama 3 hari.
  • Sakit telinga: Ambil ekstrak daun bunga telang kemudian hangatkan. Campur sedikit garam dan usapkan di area luar telinga.
  • Kaki gajah: Ambil akarnya dan buat menjadi pasta dengan sedikit air. Minumlah pasta tersebut dengan air hangat suam.
  • Bengkak: Haluskan beberapa daun. Tambahkan sedikit garam kemudian dicampur. Oleskan pasta di bagian yang sakit dua kali sehari.
  • Penambah Memori: Goreng pasta bunga telang dengan mentega murni. Konsumsi sebanyak 3 gram dua kali sehari.
  • Perdarahan uterus: Giling bunga kering dari bunga telang. Ambil 1 gram bubuk dan campur dengan madu. Minum tiga kali sehari.
  • Migrain: Kunyah 2 lembar daun bunga telang setiap hari.
  • Gangguan Pencernaan: Asupan 5 gram bubuk akar bunga telang membantu menyembuhkan gangguan pencernaan.

Manfaat Bunga Telang untuk Dunia Kuliner

Ternyata selain bermanfaat untuk kesehatan, bunga telang juga bisa digunakan untuk makanan dan minuman. Bahkan, bunga telang dapat mengubah minuman biasa menjadi minuman yang dapat berubah warna, dari nila tua menjadi safir menjadi biru transparan, tergantung pada berapa lama dan seberapa banyak teh bunga telang yang diseduh.

John Mark Reyes, pemilik Dingle Berries sebuah kedai kopi dan teh di Rosemead, California yang menjual boba dan camilan manis lainnya, pertama kali tertarik pada teh bunga telang setelah melihat bahan pada menu koktail.

“Kami menginginkan versi teh. Meskipun warna adalah salah satu dari banyak alasan mengapa toko menggunakannya, warnanya juga vegan dan tanpa kafein secara alami. Ini memiliki rasa berbeda yang ringan,” jelasnya, dilansir Thrillist.

Di kedainya, John menggunakan teh bunga telang organik dan metode seduhan yang tepat untuk memastikan bahwa minumannya mengawetkan rasa yang alami dan ringan, terasa seperti versi teh hijau yang sangat lembut. “Jika Anda mendapatkan metode dan rasio saat mencampurkannya dengan rasa lain, rasanya sangat menyenangkan," kata dia.

Bunga biru yang indah juga ditemukan dalam hidangan makanan. Di Farmhouse Kitchen, sebuah restoran Thailand dengan lokasi di San Francisco, Oakland, dan Portland, Chef Kasem Saengsawang menggunakan teh bunga telang sebagai pewarna untuk kreasi kulinernya.

“Di sini kami menyajikan bunga telang untuk nasi kami di restoran dan juga untuk rujak nasi. Cara kami membuat nasi biru adalah dengan merebus bunga telang dengan air untuk mengeluarkan cairan birunya lalu mengukusnya dengan nasi melati,” kata Kasem.

Itulah beberapa manfaat bunga telang. Selain manfaat bunga telang untuk kesehatan, ada juga manfaat bunga telang untuk dunia kuliner. Dengan segudang manfaat bunga telang, Moms juga bisa lho berkreasi dengan bunga berwarna cantik itu,

Artikel Terkait