TRIMESTER 1
20 Mei 2020

4 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil, Enak dan Bernutrisi!

Temukan manfaat kacang hijau jika dikonsumsi secara rutin selama masa kehamilan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, sebagian besar orang pasti setuju kalau bubur kacang hijau menjadi makanan favorit banyak orang.

Biasanya disajikan dengan ketan hitam atau roti, bubur kacang hijau sangat nikmat disantap selagi masih hangat.

Kacang hijau ternyata juga memiliki nilai nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Lantas, bagaimana dengan ibu hamil? Bolehkah tetap mengonsumsi kacang hijau? Selain itu, apa manfaat yang bisa didapatkan dari kacang hijau jika dikonsumsi selama masa kehamilan?

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Nah, untuk mengetahui manfaat kacang hijau bagi ibu hamil, sebaiknya Moms menyimak ulasan berikut ini agar tidak termakan mitos belaka, ya.

1. Baik untuk Perkembangan Bayi

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil-1.jpg

Foto: healthline.com

Pada dasarnya, segala jenis kacang-kacangan itu baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Studi dari Food Chemistry mengungkapkan, kacang hijau merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik.

Kacang hijau kaya akan asam amino esensial, seperti fenilalanin, leusin, isoleusin, valin, lisin, arginin, dan masih banyak lagi.

Perlu Moms pahami, tubuh kita tidak dapat memproduksi asam amino esensial sendiri, sehingga butuh asupan makanan yang mendukungnya.

Baca Juga: Resep Bubur Kacang Hijau, Cocok untuk Hangatkan Tubuh

Kebutuhan protein selama kehamilan juga akan meningkat, bersama dengan persyaratan untuk nutrisi lainnya.

“Protein dapat memengaruhi berat lahir dan komposisi tubuh bayi, lingkar kepala. Selain itu, memengaruhi risiko diabetes, penyakit jantung, atau obesitas jangka panjang bayi. Maka dari itu, penting untuk mendapatkan kecukupan protein saat hamil,” ujar Monica Reinagel, ahli nutrisi dari Amerika Serikat.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil-2.jpeg

Foto: sheknows.com

Selain bermanfaat untuk perkembangan janin, kacang hijau berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

Studi yang dikembangkan dalam National Institutes of Health menyebutkan, kacang hijau mampu membantu menurunkan tekanan darah.

Alasannya, kacang hijau menjadi sumber potasium, magnesium, dan serat yang baik.

Studi tersebut telah menghubungkan masing-masing nutrisi ini dengan risiko tekanan darah tinggi yang secara signifikan lebih rendah.

Kacang hijau juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menjaga stamina dan kekebalan tubuh pada ibu hamil.

Kandungan serat dalam kacang hijau juga dapat mengurangi risiko sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil.

3. Menurunkan Risiko Celiac pada Anak

kacang hijau

Foto: Orami Photo Stocks

Ternyata ada hubungannya antara serat yang dikonsumsi oleh ibu hamil dan risiko penyakit celiac pada anak-anak.

“Ibu hamil yang rutin mengonsumsi serat dapat mencegah penyakit celiac pada anak-anak nantinya. Jadi, disarankan untuk setiap ibu hamil makan serat 10 gram lebih banyak karena dapat menurunkan risiko 8 persen anak untuk alami penyakit celiac,” ujar Dr. Ketil Størdal, dokter dari Norwegia.

Baca Juga: 7 Manfaat Makan Cokelat saat Hamil, BIsa Kurang Risiko Preeklamsia

4. Sumber Folat untuk Kehamilan

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil-3.jpg

Foto: smithsonianapa.org

Moms, wanita hamil disarankan untuk makan banyak makanan kaya folat selama kehamilan.

Folat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal janin di kandungan.

Studi dari National Institutes of Health mengungkapkan, sebagian besar wanita yang tidak mendapatkan folat yang cukup berisiko alami cacat lahir yang lebih tinggi.

Nah, kacang hijau adalah makanan yang mengandung folat, dan juga kaya akan zat besi, di mana ibu hamil membutuhkannya lebih banyak selama kehamilan.

Baca Juga: Apa Beda Folat dan Asam Folat? Mana yang Harus Dikonsumsi Saat Program Hamil?

Jika Moms ingin makan bubur kacang hijau juga sebenarnya tidak ada larangan.

Namun, tetap perhatikan asupan gula yang dimasukkan ke dalam semangkuk bubur kacang hijau agar tidak melebihi kebutuhan gula setiap harinya, ya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari kacang hijau.

Yuk, seimbangkan dengan nutrisi lainnya agar kebutuhan gizi Moms dan Si Kecil dapat terpenuhi dengan baik, ya!

Artikel Terkait