3-12 BULAN
17 November 2019

4 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Bayi

Mudah didapatkan dan banyak manfaatnya!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mungkin Moms pernah mendengar bahwa lidah buaya merupakan tanaman dengan berbagai khasiat. Lidah buaya juga seringkali dipakai sebagai salah satu bahan dalam skincare, termasuk skincare bayi.

Saat digunakan secara alami pun, lidah buaya memberikan banyak manfaat bagi kulit bayi lho, Moms. Sebab, lidah buaya bersifat anti inflamasi dan mengandung enzim yang bisa mengurangi iritasi, serta melembapkan kulit.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Bayi

Mari simak apa saja manfaat lidah buaya untuk kulit bayi!

Baca Juga: Indonesia Dilanda Cuaca Panas, Ini 5 Tips Mencegah Kulit Terbakar Sinar Matahari pada Anak

1. Mengatasi Kulit Terbakar

4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kulit bayi yang pertama adalah mengatasi kulit terbakar. Bayi memiliki kulit yang lembut dan sensitif, sehingga kulit mereka gampang terbakar sinar matahari.

Meski sinar matahari baik untuk kulit bayi, terlalu lama menjemur mereka di bawah matahari akan membuat kulit jadi merah dan terbakar.

Gunakan lidah buaya untuk mengurangi inflamasi dan kemerahan tersebut. Lidah buaya bisa mendinginkan dan menenangkan kulit Si Kecil.

Gel dari lidah buaya atau produk yang mengandung lidah buaya efektif untuk perawatan kulit terbakar ringan pada bayi. “Lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan kulit,” ujar Dr. Daniel Mackey, dokter anak di Children's Hospital of Orange County.

2. Mengurangi Eksim pada Bayi

manfaat mengonsumsi lidah buaya saat hamil hero

Manfaat lidah buaya untuk kulit bayi yang selanjutnya adalah mengurangi eksim.

Dalam jurnal bertajuk Isolation, Purification and Evaluation of Antibacterial Agents from Aloe Vera yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine, lidah buaya mengandung antibakteri, antijamur, dan antiperadangan yang sangat berguna untuk mengurangi eksim.

Kulit yang terkoyak akan lebih mudah terkena infeksi bakteri atau jamur. Karena itu, kandungan dalam lidah buaya bisa membantu mengurangi eksim.

Beberapa bayi bisa mengalami kondisi kulit eksim. Kulit mereka pun akan terasa tidak nyaman, memerah, dan gatal.

Moms bisa mengoleskan lidah buaya untuk meringankan rasa gatal dan inflamasi tersebut.

Dilansir dari Healthline, menggunakan lidah buaya untuk mengatasi eksim tidaklah susah. Pertama, Moms harus memastikan kulit buah hati bersih agar lidah buaya bisa menyerap dengan sempurna.

Bersihkan area kulit eksim dengan sabun lembut dan air. Lalu aplikasikan lidah buaya, diamkan sampai menyerap ke kulit. Moms bisa mengaplikasikannya dua kali sehari.

Baca Juga: Perbedaan Jerawat dan Eksim pada Bayi

3. Mengatasi Gigitan Serangga

5 Rekomendasi Aloe Vera Gel Lokal di Bawah 50 Ribu!

Manfaat lidah buaya untuk kulit bayi yang selanjutnya adalah mengatasi gigitan serangga. Bila Si Kecil terkena gigitan serangga, kulitnya pasti akan jadi gatal dan tidak nyaman.

Oleh sebab itu, oleskan lidah buaya pada bagian yang digigit tersebut untuk meringankan kondisinya.

4. Mengatasi Ruam Popok

5 Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Aloe Vera

Jangan panik saat bayi mengalami ruam popok! Manfaat lidah buaya untuk kulit bayi selanjutnya adalah mengatasi ruam popok.

Bersihkan dan keringkan kulit Si Kecil, kemudian aplikasikan lidah buaya pada area ruam popok tersebut.

Selain ruam popok, lidah buaya juga bisa digunakan untuk menyembuhkan kondisi kulit bayi lainnya akibat jamur atau bakteri.

Itu dia berbagai manfaat lidah buaya untuk kulit bayi, Moms. “Tanaman lidah buaya mungkin mengandung pestisida dan kotoran, makanya bersihkan dengan benar terlebih dahulu,” ujar suster di klinik anak, Elizabeth Cole.

Baca Juga: Mudahnya Menanam Lidah Buaya. Ini Caranya!

Itulah beberapa manfaat lidah buaya untuk kulit bayi. Selain lidah buaya alami, Moms juga bisa menggunakan aloe vera gel yang dijual di pasaran. Tapi pastikan kalau aloe vera gel tersebut memang dibuat khusus buat kulit bayi, ya.

Sebelum memakai lidah buaya, sebaiknya Moms mengetes alergi pada kulit bayi dulu. Bila ada reaksi alergi yang ditimbulkan, hapus dengan air, dan hentikan pemakaian.

Agar lebih yakin dalam menggunakan lidah buaya pada kulit bayi Moms, konsultasikan dulu ke dokter anak ya!

Artikel Terkait