FASHION & BEAUTY
19 Februari 2020

6 Manfaat Madu untuk Kecantikan Wajah

Madu sudah lama mengklaim takhta sebagai ratu lebah dunia kecantikan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Orami

Moms pasti pernah mencoba berbagai resep masker wajah rumahan untuk wajah dengan aneka bahan dasar alami seperti oatmeal, pisang, alpukat, dan buah lainnya. Namun, hasil akhirnya bisa jadi hanya kekacauan dan tumpukan kekecewaan.

Tapi jangan menyerah pada perawatan kulit buatan sendiri dulu, karena ternyata bahan alami kuno seperti madu adalah yang sebenar-benarnya bisa menjadi bahan untuk perawatan kecantikan yang sangat sederhana.

Madu adalah cairan kental yang lengket juga manis dan dihasilkan serta disimpan oleh lebah dalam sarang.

Dalam bentuknya yang alami, madu dihasilkan oleh aktivitas enzim, bahan tanaman, dan bakteri hidup yang bergabung untuk menciptakan bahan yang kuat dengan ratusan kegunaan praktis.

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil Yang Tidak Banyak Diketahui

Proses unik dalam pembuatan madu tersebut membuatnya sangat berarti untuk keperluan kosmetik, seperti membersihkan jerawat, menyembuhkan bekas luka, dan menghilangkan warna kulit.

Mona Gohara, MD, profesor klinis di Yale Department of Dermatology, mengungkapkan bahwa madu memiliki sifat penyembuhan alami, khususnya untuk penyembuhan luka.

"Manfaat madu ini adalah peran pentingnya untuk pembangunan kolagen, sehingga bisa menjadikannya sebagai anti-aging yang hebat," katanya seperti dikutip dari womenshealthmagz.com.

Founder situs gaya hidup dan kecantikan alami kimberlyloc.com, Kim Wallace, mengatakan madu mentah adalah bahan alami dengan manfaat luar biasa untuk kulit karena memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang bisa menyelamatkan kulit.

"Apakah Anda mencari solusi resep rumahan untuk perawatan kulit yang murah dan benar memberikan manfaat, maka madu mentah dapat membantu kulit Anda kembali bercahaya," katanya seperti dikutip dari sheknown.com.

Manfaat Madu untuk Kecantikan

Berikut ini adalah manfaat madu untuk kecantikan wajah yang bisa Moms lihat dan buktikan dengan mencobanya langsung.

1. Madu untuk Jerawat dan Kulit Eksim

Perawatan Kulit Berjerawat

Madu dapat bermanfaat untuk kondisi kulit yang cukup buruk. Moms dapat menggunakannya sebagai obat dengan meneteskannya pada titik-titik jerawat atau dijadikan masker wajah dengan membiarkannya selama beberapa menit.

Cara lain untuk memanfaatkan madu untuk wajah adalah dengan mencampurkannya bersama bahan lain agar dapat menjadi bahan masker wajah madu yang menyejukkan.

Hal terpenting tentang menggunakan madu untuk mengobati kondisi ini adalah gunakan madu yang tidak dipasteurisasi, seperti madu manuka.

Manfaat madu jenis tersebut adalah kandungannya yang masih berisi bakteri sehat yang efektif dan dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh.

Sebelum mencoba manfaat madu ini, pastikan untuk melakukan tes tempel madu dan bahan-bahan lainnya untuk memastikan Moms tidak memiliki reaksi alergi.

2. Madu untuk Mencerahkan Kulit

Kulit Cerah dan Bersinar

Berbicara tentang manfaat madu untuk mencerahkan kulit, para peneliti belum menemukan hubungan langsung antara menggunakan madu di wajah dan bintik-bintik gelap yang lebih terang.

Tetapi karena madu memiliki sifat pengelupas, menggunakannya pada wajah dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam. Ini bisa menjadikan kulit menjadi lebih cerah.

Setelah mencuci wajah dengan sabun dan air, oleskan madu manuka atau jenis madu mentah yang tidak dipasteurisasi ke wajah.

Jika Moms mau, encerkan madu dengan air agar tidak lengket dan lebih mudah dihilangkan.

Biarkan madu di kulit selama beberapa menit sebelum dibilas untuk melihat manfaat madu yang lebih jelas.

Baca Juga: 5 Cara Alami Memutihkan Wajah dengan Tomat

3. Madu untuk Memudarkan Bekas Luka

Sembuhkan Bekas Luka Bakar dengan Madu

Dilansir dari jurnal berjudul Honey: A Therapeutic Agent for Disorders of the Skin, madu bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan tubuh dan dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.

Moms dapat menggunakan madu sebagai pengobatan untuk bekas luka dengan mengoleskannya setiap hari sebagai pasta di lokasi jaringan kulit yang terlihat bekas luka.

Moms juga dapat melihat hasilnya yang lebih maksimal jika menggunakan masker wajah madu sebagai bagian dari rutinitas kecantikan seperti dijelaskan di atas.

"Madu memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan anti-inflamasi alami," kata Dendy Engelman, MD, Cosmetic Dermatologist from New York.

4. Melembutkan Bibir Pecah-Pecah

Bibir Pecah

Manfaat madu untuk kecantikan bibir adalah kemampuannya terutama kemampuan jenis madu murni yang dapat membantu mengatasi kondisi bibir kering dan pecah-pecah.

Moms hanya perlu mengoleskan sedikit madu di bibir sesaat sebelum tidur dan membiarkannya semalaman.

Madu akan menyerap ke dalam kulit dan membuat bibir halus dan kenyal apabila digunakan setiap hari.

Akan tetapi, alangkah baiknya apabila Moms menghubungi dokter terlebih dahulu karena menggunakan madu di bibir dan membiarkannya dalam semalam juga bisa membawa risiko botulisme.

5. Membantu Mencerahkan Kulit

Memutihkan Kulit dengan Madu

Madu dapat membantu memutihkan kulit dengan berbagai cara. Sifat antibakterinya, bisa meringankan peradangan, mempertahankan atau menjaga kulit dari kuman, dan juga melembapkan kulit.

Mengkombinasikannya dengan yogurt akan membuat lebih baik dan menunjukan manfaat madu yang maksimal.

Moms hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan yogurt segar dengan 1 ½ sendok makan madu.

Oleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Cuci bersih dengan air hangat dan ulangi setiap hari.

Baca Juga: 4 Bahan Skincare Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam

6. Mengatasi Kulit Kering

Ketahui Tanda Kulit Dehidrasi, Beda dengan Jenis Kulit Kering

Selain itu, kombinasi madu dan yogurt dapat membantu merawat kulit kering dan bersisik. Keduanya memiliki sifat antibakteri yang sangat mampu membersihkan kulit.

Dan madu, yang kaya antioksidan dan juga humektan, berfungsi meningkatkan kadar kelembapan kulit.

Campurkan 1 sendok makan yogurt tanpa pemanis dan tanpa rasa dengan 1 sendok makan madu.

Oleskan campuran ke wajah dan biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Madu tidak mungkin menyebabkan reaksi alergi pada kebanyakan orang. Akan tetapi, Moms harus menggunakan salah satu dari solusi ini dengan hati-hati jika memiliki alergi terhadap serbuk sari, seledri dan racun lebah.

Baca Juga: 6 Produk Skincare yang Ampuh Menghilangkan Komedo

Sebelum mencoba manfaat madu di atas, selalu uji madu yang akan digunakan pada area kecil kulit Moms yang terlihat.

Minimal dengan hal ini Moms bisa mengetahui apakah ada alergi yang ditimbulkan.

Pastikan juga untuk menghilangkan madu dari wajah sebelum tidur karena madu yang tertinggal di wajah dapat menarik debu dan kotoran lainnya dan hal itu tidak disarankan.

Selama Moms tidak memiliki alergi, tidak banyak alasan untuk tidak mencobanya!

(RIE/ERW)

Artikel Terkait