BALITA DAN ANAK
12 Agustus 2019

Manfaat Sarapan untuk Si Kecil

Memberikan anak energi untuk beraktivitas di pagi hari
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Carla Octama

Sarapan memiliki banyak manfaat sarapan untuk anak, terutama bagi anak-anak.

Menurut sebuah laporan dari Biro Statistik Australia ditemukan bahwa satu dari tujuh anak sekolah yang melewatkan makan pagi, akan melewatkan manfaat penting sarapan bagi tubuh.

Angka ini sangat mengkhawatirkan mengingat bahwa sarapan pagi ternyata berkaitan dengan peningkatan kemampuan bahasa dan berhitung pada anak-anak sekolah!

Selain itu, apa ya kira-kira manfaat sarapan untuk anak? Yuk cari tahu bareng Moms.

Baca Juga: Ini Alasan Anda Harus Sarapan Setiap Pagi

Mengapa Sarapan itu Penting?

manfaat sarapan

Sarapan adalah cara yang bagus untuk memberikan tubuh kita energi yang dibutuhkan.

Anak-anak yang tidak melewatkan sarapan akan lebih memilih makan makanan sehat dan memiliki energi lebih banyak dalam melakukan setiap kegiatan yang melibatkan fisik.

Hal ini merupakan dua manfaat yang baik untuk membantu menjaga berat badan anak.

"Sarapan normal dengan konsumsi karbohidrat dan protein saja sudah cukup,” ujar Sabrena Jo, pelatih pribadi dan juru bicara American Council on Exercise.

Sedangkan melewatkan sarapan dapat membuat Si Kecil merasa lelah, gelisah, atau mudah marah. Di pagi hari, tubuh mereka perlu diisii bahan bakar untuk melakukan aktivitas seharian.

Suasana hati dan energi anak akan turun di tengah hari jika mereka tidak sarapan.

Sementara itu, sarapan juga dapat membantu menjaga berat badan anak agar tetap terkendali.

Dengan mengonsumsi sarapan, metabolisme tubuh yang mengubah bahan bakar dalam makanan menjadi energi, akan dimulai. Dan ketika metabolisme mulai terjadi, tubuh akan mulai membakar kalori.

Baca Juga: 5 Manfaat Makan Sebutir Telur Untuk Sarapan Anak Setiap Hari

Jangan biarkan Si Kecil melewatkan sarapan. Anak-anak yang tidak sarapan seringkali mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalori sepanjang hari, sehingga kemungkinan besar akan memiliki kelebihan berat badan.

Mengapa? Karena saat seseorang melewatkan sarapan, ia akan merasa kelaparan sebelum waktu makan siang dan ngemil makanan berkalori tinggi. Bisa juga seseorang itu akan makan berlebihan saat makan siang.

Untuk Meningkatkan Kekuatan Otak

manfaat sarapan

Penting bagi anak-anak untuk sarapan setiap hari, namun memerhatikan apa yang dikonsumsi juga penting.

Cobalah pilih makanan yang kaya akan biji-bijian, serat, dan protein. Tambahan gula rendah pada anak dapat meningkatkan fokus anak, konsentrasi, dan memori anak dalam belajar di sekolah.

Baca Juga: Dukung Perkembangan Otak Anak Dengan 5 Nutrisi Ini

Anak-anak yang mengonsumsi sarapan pasti akan mendapatkan serat, kalsium, dan nutrisi penting lainnya.

Buah hati Moms juga cenderung menjaga berat badan, memiliki kadar kolesterol darah, dan akan bisa beraktivitas padat tanpa mengalami masalah kesehatan apa pun. Tubuh menjadi kuat dan berenergi.

Itu dia Moms beberapa manfaat sarapan untuk anak. Buatkan Si Kecil menu-menu yang menarik, agar mereka tidak menolak sarapan di pagi hari.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh Yoshihiko Koga, seorang profesor di Kyorin University di Tokyo, menemukan bahwa makan es krim di pagi hari akan membuat orang dewasa dan anak lebih siap secara mental.

Ingin coba Moms?

Artikel Terkait