KESEHATAN
8 September 2020

7 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Wajah

Salah satunya mengatasi jerawat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Erwanto
Disunting oleh Amelia Puteri

Minum teh hijau memang nikmat dan menenangkan ya, Moms? Teh hijau dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya sebagai antioksidan, mencegah diabetes, juga mengurangi berat badan.

Tidak ada salahnya untuk minum teh ini dan merasakan manfaat teh hijau bagi kesehatan dan juga wajah. Yuk, cari tahu apa saja keunggulan dari teh hijau berikut ini.

Mengutip WebMD, tentu saja, tidak ada makanan yang akan melindungi dari penyakit.

Kesehatan tentu dipengaruhi oleh gaya hidup dan gen, jadi meskipun Moms minum teh hijau sepanjang hari, tetapi juga perlu menjaga diri dengan cara lain, seperti tidak merokok, aktif, dan makan makanan yang sehat.

Manfaat terbesar teh hijau ada dalam kandungan katekinnya. Katekin adalah antioksidan yang melawan dan bahkan dapat mencegah kerusakan sel. Karena Teh hijau tidak banyak diproses sebelum dituangkan ke dalam cangkir, jadi teh hijau kaya akan katekin.

Baca Juga: Bumil Ingin Minum Teh Hijau? Perhatikan Hal Ini

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

manfaat teh hijau untuk kesehatan

Foto: Orami Photo Stock

Teh hijau sangat baik untuk Moms, karena memberikan ragam manfaat bagi tubuh, dan bahkan membuat beberapa peneliti memuji khasiat dari minuman ini.

"Itu hal paling sehat yang dapat saya pikirkan untuk diminum," kata Christopher Ochner, PhD. Dia seorang ilmuwan peneliti nutrisi di Fakultas Kedokteran Icahn di Rumah Sakit Mount Sinai.

Dalam jurnal Chinese Medicine, diketahui bahwa teh hijau dapat menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung koroner.

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa teh hijau dapat melindungi dari perkembangan penyakit jantung koroner dengan mengurangi kadar glukosa darah dan berat badan.

Untuk informasi lebih lanjut, berikut ini beberapa manfaat teh hijau untuk kesehatan yang dapat diketahui.

1. Bisa Meningkatkan Pembakaran Lemak

Jika Moms melihat daftar bahan untuk suplemen pembakar lemak, kemungkinan besar, teh hijau akan ada sebagai salah satu bahannya. Ini menjadi salah satu manfaat teh hijau untuk kesehatan.

Ini karena teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan laju metabolisme, menurut American Journal of Physiology.

Dalam penelitian lain yang melibatkan 12 pria sehat, ekstrak teh hijau meningkatkan oksidasi lemak sebesar 17%, dibandingkan dengan mereka yang menggunakan plasebo.

Namun, beberapa penelitian tentang teh hijau tidak menunjukkan peningkatan metabolisme, jadi efeknya mungkin tergantung pada individu dan cara penelitian tersebut dilakukan.

Menurut jurnal National Library of Medicine, kafein juga dapat meningkatkan kinerja fisik dengan memobilisasi asam lemak dari jaringan lemak dan membuatnya tersedia untuk digunakan sebagai energi.

2. Kandungan Antioksidannya Mungkin Dapat Menurunkan Risiko Beberapa Jenis Kanker

Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Itu salah satu penyebab utama kematian di dunia.

Dalam jurnal Free Radical Biology & Medicine, penelitian telah menunjukkan bahwa kerusakan oksidatif dapat menyebabkan peradangan kronis, yang dapat menyebabkan penyakit kronis, termasuk kanker.

Antioksidan dapat membantu melindungi dari kerusakan oksidatif, dan teh hijau adalah sumber antioksidan kuat yang sangat baik. Ini menjadi manfaat teh hijau untuk kesehatan yang selanjutnya.

Penelitian telah mengaitkan senyawa teh hijau dengan penurunan risiko kanker, termasuk penelitian berikut:

Kanker payudara. Sebuah tinjauan komprehensif studi observasional menemukan bahwa wanita yang minum teh hijau paling banyak memiliki risiko sekitar 20-30% lebih rendah terkena kanker payudara, salah satu kanker paling umum pada wanita.

Kanker prostat. Satu studi mengamati bahwa pria yang minum teh hijau memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat.

Kanker kolorektal. Analisis terhadap 29 penelitian menunjukkan bahwa mereka yang minum teh hijau sekitar 42% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker kolorektal.

Banyak studi observasi menunjukkan bahwa peminum teh hijau cenderung tidak mengembangkan beberapa jenis kanker, tetapi penelitian berkualitas lebih tinggi diperlukan untuk mengkonfirmasi efek ini.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal, hindari menambahkan susu ke dalam teh. Beberapa penelitian menunjukkan itu bisa mengurangi nilai antioksidan di beberapa teh.

Baca Juga: 5 Langkah Sederhana untuk Mencegah Alzheimer

3. Dapat Melindungi Otak dari Penuaan

Manfaat teh hijau untuk kesehatan juga termasuk melindungi otak dari penuaan. Teh hijau tidak hanya dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek, tetapi juga dapat melindungi otak seiring bertambahnya usia.

Dalam National Institute of Aging, penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang umum dan penyebab paling umum dari demensia pada orang dewasa yang lebih tua.

Penyakit Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif umum lainnya dan melibatkan kematian neuron penghasil dopamin di otak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa katekin dalam teh hijau dapat memiliki berbagai efek perlindungan pada neuron dalam tabung reaksi dan model hewan, kemungkinan menurunkan risiko demensia.

4. Membuat Tubuh Jadi Lebih Rileks

Menyeruput teh membantu merasa lebih rileks. Bahan kimia alami yang disebut theanine yang ditemukan dalam teh hijau dapat memberikan efek menenangkan.

Sehingga, manfaat teh hijau untuk kesehatan bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Sebagai tips cara membuat cangkir teh hijau, Moms jangan tambahkan teh hijau ke air mendidih. Itu buruk untuk katekin, bahan kimia sehat yang ada di dalam teh. Lebih baik, seduh teh hijau pada suhu air 71-76 derajat Celcius.

Moms juga bisa menambahkan lemon. Vitamin C membuat katekin lebih mudah diserap. Sebaliknya, produk susu membuat lebih sulit untuk diserap.

Kadar nutrisi dalam teh hijau bisa bermacam-macam. Teh yang lebih mahal biasanya memiliki lebih banyak teh, dan minuman teh hijau kalengan biasanya lebih sedikit.

Baca Juga: Cara Membuat Teh Mawar dan Manfaatnya untuk Tubuh

Manfaat Teh Hijau untuk Wajah

manfaat teh hijau pada skincare (2).jpg

Foto: shutterstock.com

Untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak berbagai manfaat teh hijau untuk wajah di bawah ini!

5. Mencegah Jerawat di Wajah

Berdasarkan studi berjudul Green Tea and Other Tea Polyphenols: Effect on Sebum Production and Acne Vulgaris, teh hijau memiliki epigallocatechin gallate (EGCG), yang bermanfaat sebagai antioksidan, anti inflamasi, dan antibakteri.

EGCG bersifat anti androgenik, sehingga mampu mengurangi produksi minyak berlebih di kulit, sehingga bisa menghentikan kemunculan jerawat.

Androgen sendiri merupakan hormon yang diproduksi oleh tubuh. Bila level androgen tubuh tinggi, kulit akan memproduksi lebih banyak minyak.

Baca Juga: Ketahui Bahaya Kandungan Triclosan pada Sabun Antibakteri

6. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Manfaat teh hijau untuk wajah selanjutnya yaitu kemungkinan dapat mengurangi risiko kanker kulit masih belum banyak diketahui.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Current Drug Targets. Immune, Endocrine and Metabolic Disorders, polifenol pada teh hijau bisa digunakan untuk mencegah bahaya sinar UVB pada kulit manusia dan hewan.

Bentuk risiko kanker kulit yang bisa dicegah dengan teh hijau adalah melanoma dan photoaging.

7. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat teh hijau untuk wajah termasuk dapat mencegah penuaan dini. Minum teh hijau dan mengaplikasikannya ke kulit sudah terbukti bisa mengurangi tanda-tanda penuaan.

Penelitian di tahun 2005 menunjukkan bahwa 80 perempuan merasakan kulit mereka lebih elastis setelah rutin minum teh hijau.

Sedangkan, pada studi di tahun 2013, 24 orang yang mengalami kerusakan kulit akibat sinar matahari membuktikan adanya peningkatan kondisi kulit dengan menggunakan skincare yang mengandung teh hijau.

Para peneliti menyimpulkan bahwa produk kosmetik dengan ekstrak teh hijau dapat melembapkan dan menenangkan kulit.

Moms tidak perlu khawatir tentang keamanan kandungan teh hijau pada produk skincare dan kosmetik. Sebab, Cosmetic Ingredient Review (CIR) telah melakukan penelitian mendalam tentang bahan yang satu ini.

CIR Safety menyatakan bahwa teh hijau tidak bersifat karsinogenik (penyebab kanker), serta tidak menimbulkan iritasi dan alergi. Namun, untuk merasa lebih aman, Moms tentu saja bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit terpercaya.

Artikel Terkait