KESEHATAN
16 November 2020

7 Manfaat Timun Rebus untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Air rebusan mentimun sangat kaya manfaat mulai dari kecantikan dan kesehatan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Banyak orang telah salah sangka mengkategorikan timun sebagai sayuran. Padahal, timun masuk dalam jenis buah-buahan. Timun memiliki nutrisi yang tinggi serta senyawa antioksidan yang ampuh untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit.

Selain itu, timun juga rendah kalori sekaligus mengandung banyak air juga serat sehingga sangat ideal untuk menghidrasi dan menurunkan berat badan. Namun, tahukah Moms ada juga manfaat timun rebus bagi tubuh, lho.

Dalam 3000 gram mentimun yang belum dikupas kulitnya, mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh yakni kalori, karbohidrat, protein, fiber, vitamin C, vitamin K, magnesium, potassium, dan manganese.

Tak hanya itu, menurut jurnal penelitian berjudul Contribution of Water from Food and Fluids to Total Water Intake: Analysis of a French and UK Population Surveys, mentimun mengandung 96% air.

Nah, untuk memaksimalkan kandungan gizinya terserap oleh tubuh, maka mentimun harus dimakan tanpa dikupas. Sebab, jika kulitnya dikupas, maka akan mengurangi jumlah serat, vitamin, dan mineral tertentu.

Cara menyantap timun tak hanya dimakan mentah tapi juga bisa direbus lho, Moms. Ada manfaat timun rebus bagi tubuh yang mungkin belum Moms ketahui sebelumnya.

Air rebusan mentimun sangat kaya manfaat mulai dari kecantikan dan kesehatan. Cara membuatnya pun sangat mudah, terlebih rasanya yang segar juga akan membuat Moms ketagihan.

Baca Juga: Apa Penyebab Keputihan, dan Apakah Bisa Diatasi Dengan Air Rebusan Sirih?

Manfaat Timun Rebus untuk Diet

Kandungan lemak 0% dan air yang melimpah, menjadikan timun rebus sebagai salah satu makanan alternatif untuk Moms yang sedang menjalankan program diet.

Bahkan diet minum sempat viral di masyarakat karena diklaim ampuh menurunkan berat badan hingga 7 kg selama seminggu. Lalu, apa saja manfaat timun rebus untuk diet? Berikut ulasannya.

1. Mengandung Antioksidan

xx manfaat timun rebus

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat timun rebus bisa sebagai kandungan oksigen.

Antioksidan adalah molekul yang memblokir oksidasi, reaksi kimia yang membentuk atom yang sangat reaktif dengan elektron tak berpasangan yang dikenal sebagai radikal bebas.

Menurut penelitian berjudul Free Radicals, Antioxidants in Disease and Health, akumulasi radikal bebas berbahaya ini dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit kronis.

Faktanya, stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas telah dikaitkan dengan kanker dan penyakit jantung, paru-paru, serta autoimun. Ini menjadi salah satu manfaat timun rebus.

Buah dan sayuran, termasuk mentimun, sangat kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis tersebut.

Dalam sebuah studi berjudul In Vivo Antioxidant Properties of Lotus Root and Cucumber: A Pilot Comparative Study in Aged Subjects, dilakukan pengukuran kandungan antioksidan dalam mentimun dengan mengubah rebusan air mentium menjadi bubuk mentimun dan dikonsumsi oleh 30 orang dewasa atau lansia.

Hasilnya, pada akhir penelitian selama 30 hari, bubuk mentium yang dikonsumsi menyebabkan peningkatan signifikan pada kandungan antioksidan dalam tubuh.

Namun, penting untuk dicatat bahwa bubuk mentimun yang digunakan dalam penelitian ini kemungkinan mengandung antioksidan dalam dosis yang lebih besar daripada yang Anda konsumsi dalam satu porsi mentimun pada umumnya.

Meski begitu, dalam sebuah penelitian lainnya berjudul Free Radical Scavenging and Analgesic Activities of Cucumis sativus L. Fruit Extract, menemukan bahwa sifat antioksidan mentimun dan menemukan bahwa mentimun mengandung flavonoid dan tanin, yang merupakan dua kelompok senyawa yang sangat efektif dalam memblokir radikal bebas berbahaya

Baca Juga: Inspirasi Menu Buka Puasa: Es Timun Serut

2. Mencegah Dehidrasi

xx manfaat timun rebus

Foto: Orami Photo Stock

Karena kandungan air yang tinggi, manfaat timun rebus juga bisa mencegah dehidrasi.

Saat Moms sedang diet, kebutuhan air sebanyak 2 hingga 3 liter sehari haruslah terpenuhi agar racun-racun dan lemak dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui kotoran. Selain itu, mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup juga dapat memperlancar pencernaan.

Air memiliki peran penting terutama untuk fungsi tubuh. Air bisa dijadikan sebagai alat pengatur suhu, mengangkut limbah, dan menutrisi tubuh. Namun, jika Moms kekurangan air, maka tubuh akan dehidrasi sehingga memengaruhi kinerja fisik dan metabolisme.

Padahal, metabolisme yang baik akan sangat berpengaruh terhadap pembakaran lemak. Rebusan air mentimun juga bisa jadi sumber air yang baik untuk tubuh ketika sedang diet.

Dalam satu studi berjudul Contribution of fruit and vegetable intake to hydration status in schoolchildren, sebanyak 422 anak mengikuti percobaan terkait hidrasi dan diet.

Kemudian, peneliti menemukan bahwa anak yang mengonsumsi buah dan sayuran secara teratur ampuh dalam meningkatkan hidrasi tubuh.

Selain itu, mentimun terdiri dari 96% air, oleh karena itu manfaat timun rebus sangat efektif untuk memenuhi cairan tubuh yang akan digunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Segarnya Es Timun Melon, Begini Cara Membuatnya

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

xx manfaat timun rebus

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat timun rebus, terutama air rebusan mentimun juga ampuh untuk menurunkan berat badan karena beberapa alasan.

Timun memiliki kalori yang rendah. Dalam satu cangkir atau seberat 104 gram hanya mengandung 16 kalori. Sedangkan untuk satu timun utuh seberat 300 gram hanya mengandung 45 kalori.

Ini berarti, Moms bisa memakan atau meminum air rebusan mentimun tanpa harus memasukkan ekstra kalori ke dalam tubuh yang akhirnya malah menghambat penurunan berat badan.

Maka tak heran jika timun menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan salad hingga menu sarapan pendamping makanan lainnya. Selain itu, kandungan air mentimun yang tinggi juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Dalam sebuah analisis berjudul Link between Food Energy Density and Body Weight Changes in Obese Adults, mengamati 13 penelitian termasuk 3.628 orang dan menemukan bahwa makan makanan dengan kandungan air tinggi dan rendah kalori dikaitkan dengan penurunan berat badan yang signifikan.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Timun, Banyak yang Belum Tahu Nih!

4. Membantu Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

xx manfaat timun rebus

Foto: Orami Photo Stock

Peneliti menemukan bahwa mentimun dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegah beberapa komplikasi diabetes.

Satu penelitian berjudul Anti-hyperglycemic effect of some edible plants, melakukan uji coba pada hewan dan meneliti efek berbagai tumbuhan pada gula darah. Hasilnya, ketimun terbukti efektif mengurangi dan mengontrol kadar gula darah.

Ini juga dapat menjadi salah satu manfaat timun rebus lainnya.

Sementara itu, penelitian lainnya berjudul Protective role of three vegetable peels in alloxan induced diabetes mellitus in male mice, dengan melakukan uji coba pada tikus yang telah disuntikkan diabetes, kemudian menambahkan ekstrak kulit ketimun pada makannya. Kulit ketimun efektif mengembalikan kadar gula dalam darah menjadi normal dan menurun.

Selain itu, dalam sebuah studi berjudul Protective mechanisms of Cucumis sativus in diabetes-related models of oxidative stress and carbonyl stress, menemukan bahwa air rebusan timun juga efektif untuk mengurangi stres oksidatif dan mencegah komplikasi diabetes.

Meskipun saat ini belum ada penelitian yang melibatkan manusia, namun peneliti masih terus harus menemukan penjelasan dan bukti lebih rinci terkait penemuan tersebut.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Timun? Temukan Jawabannya di Sini!

Manfaat Air Rebusan Timun untuk Ibu Hamil

Moms sudah mengetahui manfaat timun rebus. Ternyata, air rebusan timun memiliki nutrisi dan gizi yang sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil secara teratur. Mulai dari vitamin, mineral, dan air, semuanya memiliki peran penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Meskipun hanya dengan memakan timun tidak akan mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi si ibu dan anak, namun Moms bisa menjadikan air rebusan timun sebagai minuman dan makanan pelengkap sehari-hari.

Berikut ini sejumlah manfaat air rebusan timun untuk ibu hamil.

5. Mencegah Sembelit

xx manfaat timun rebus

Foto: Orami Photo Stock

Pada masa kehamilan, buang air besar (BAB) kerap terasa menyulitkan. Apabila dibiarkan maka bisa menyebabkan sembelit dan tentunya tidak nyaman ketika masa kehamilan.

Manfaat timun rebus dapat membantu mendukung pergerakan usus secara teratur. Dehidrasi adalah faktor risiko utama sembelit, karena dapat mengubah keseimbangan air dan membuat buang air besar menjadi sulit.

Ketimun mengandung banyak air dan meningkatkan hidrasi tubuh. Tetap terhidrasi dapat meningkatkan konsistensi feses, mencegah sembelit, dan membantu menjaga pencernaan lancar. Apalagi mentimun mengandung serat yang membantu mengatur pergerakan usus.

Secara khusus, pektin, jenis serat larut yang ditemukan pada mentimun, dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air besar. Dalam sebuah penelitian dengan cara memberikan suplemen dan pektin ke 80 orang peserta.

Ditemukan bahwa pektin mempercepat pergerakan otot usus, sambil memberi makan bakteri menguntungkan di usus yang meningkatkan kesehatan pencernaan.

Baca Juga: Benarkah Makan Timun Bisa Bikin Vagina Becek?

6. Kaya Vitamin

xx manfaat timun rebus

Foto: Orami Photo Stock

Saat hamil, tentu Moms membutuhkan banyak vitamin yang dapat memberikan nutrisi yang baik untuk janin dalam kandungan. Moms bisa menambahkan mentimun di sela-sela mengonsumsi makanan lainnya dan rasakan manfaat timun rebus.

Meskipun timun memiliki rasa yang hambar, namun menurut peneliti pentium kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin K, folat, kalium, magnesium, silika, dan mangan yang baik untuk kesehatan bayi dan ibu hamil.

Selain itu, para ahli biasanya merekomendasikan makan mentimun dalam bentuk mentah dan tidak dikupas untuk mendapatkan manfaat nutrisi dan serat paling banyak.

Namun, sebelum disantap pastikan untuk mencuci timun hingga bersih terlebih dahulu ya, Moms. Selain itu, air rebusan timun juga bisa bermanfaat untuk mencegah dehidrasi yang mana dapat membahayakan ibu hamil dan janin.

Baca Juga: Wajah Terlihat Flawless Berkat Masker Mentimun

7. Relaksasi

xx manfaat timun rebus

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat timun rebus juga bisa untuk relaksasi.

Ketika hamil, rasa lelah, pegal, dan capai karena perubahan bentuk tubuh akibat kandungan pastilah dirasakan pada ibu hamil. Tak hanya itu, nyeri sendi, line, dan sakit punggung pun tak terhindarkan.

Relaksasi adalah salah satu cara untuk memulihkan energi setelah seharian menggendong bayi dalam perut. Salah satu yang hal yang bisa Moms lakukan untuk memperoleh relaksasi tersebut ialah dengan masker wajah air rebusan timun.

Selain digunakan sebagai minuman atau makanan, air rebusan mentimun juga bisa dipakai sebagai campuran masker untuk melonggarkan otot-otot wajah yang tegang.

Caranya pun sangat mudah Moms, campurkan mentimun dan air rebusan timun dengan madu, yogurt, lalu aduk hingga merata.

Kemudian oleskan pada permukaan kulit wajah agar tekstur kulit menjadi kenyal dan aroma mentimun yang harum juga bisa membuat tubuh, pikiran, serta otot menjadi lebih rileks. Selain itu, masker mentimun juga punya khasiat lainnya seperti meredakan mata bengkak, membantu pengelupasan kulit, hingga melembabkan kulit.

Itulah sejumlah manfaat timun rebus yang bisa didapatkan jika Moms rutin mengonsumsi timun rebus dan air rebusan timun untuk diet hingga ibu hamil. Apakah Moms tertarik untuk mencobanya?

Artikel Terkait