KESEHATAN
17 September 2019

Mari Cegah, 4 Komplikasi Asam Urat Ini Sangat Perlu Diwaspadai!

sam urat adalah penyakit yang menyerang sendi dan banyak dialami oleh orang di usia lanjut. Komplikasi asam urat, kadang menimbulkan hal yang lebih berbahaya dari sekadar asam urat tinggi.
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Gejala asam urat pada setiap orang tidak sama. Ada yang sempat sekali terserang asam urat namun setelahnya tidak kambuh. Ada juga yang asam uratnya kambuhan. Hati-hati, kalau tidak ditindaklanjuti, asam urat dapat memicu komplikasi yang lebih berbahaya. Seperti apa sih contohnya?

1. Tophi

T--SCU-WestChina--Wiki-Background-image006.png.jpeg

Foto: igem2017.com

Tophi adalah komplikasi asam urat paling umum. Biasanya ditandai dengan penumpukan kristal-kristal di bawah permukaan kulit. Gumpalan ini biasanya muncul di sekitar pergelangan tangan dan kaki, jari jemari, dengkul, hingga telinga.

“Rasanya seperti benjolan keras di bawah kulit. Dan, tidak terasa sakit. Tapi, jangan remehkan Tophi. Karena, saat asam urat Anda kambuh dan Tophi membengkak, nyeri sekali rasanya,” ungkap Kaitlin A. Quinn, MD, seorang rheumatologist di Rumah Sakit Universitas Medstar Georgetown.

Kalau tidak ditangani, gumpalan kristal akan terus membesar, dan merusak sendi.

Baca Juga: Simak 9 Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi yang Harus Dihindari

2. Deformitas Sendi

manfaat kunyit asam - meredakan nyeri sendi.jpg

Saat asam urat meninggi, Moms kadang bisa melihat ada perubahan bentuk di persendian. Nah, inilah yang disebut deformitas sendi.

Jika asam urat tidak ditanggulangi, dapat menyebabkan jaringan sendi semakin rusak. Akibatnya, sendi akan sulit digerakkan, karena keluar dari jalurnya.

Baca Juga: Penting! Ketahui Bahaya Asam Urat dari Sekarang

3. Batu Ginjal

kidney_stones_900.jpg

Foto: UAB.edu

Hati-hati, batu ginjal adalah komplikasi asam urat yang perlu diwaspadai.

Moms mungkin bertanya-tanya, apa hubungannya asam urat dengan batu ginjal?

Ahli Urologi Douglas Gaker, MD, dari Premier Urology Centre, mengatakan, “kristal urat yang menyebabkan asam urat terbentuk dari dalam ginjal. Semakin lama Moms membiarkan asam urat tanpa pengobatan, maka kristal tadi dapat menumpuk dan memicu batu ginjal,”

Baca Juga: Makanan-makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

4. Gagal Ginjal

Ginjal berperan dalam pengeluaran zat toksik, produk limbah (seperti asam urat), dan urine dari dalam tubuh. Ketika organ vital ini rusak, tubuh kehilangan kemampuan untuk menyaring zat-zat buangan tadi. Dan berujung pada gagal ginjal.

Menurut National Kidney Foundation, orang-orang dengan sakit ginjal kronis, akan lebih sering terkena asam urat. Sedangkan orang dengan asam urat juga berisiko tinggi terkena sakit ginjal kronis.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait