RUPA-RUPA
5 Agustus 2019

Mati Listrik di Setengah Area Jawa, Apa Penyebabnya?

Pemadaman listrik terjadi secara mendadak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Pada Minggu, 4 Agustus 2019, masyarakat di area Jawa dikejutkan dengan pemadaman listrik secara tiba-tiba. Mungkin jika mendengar istilah mati lampu rasanya sudah biasa karena durasinya cenderung tidak terlalu lama.

Namun pemadaman listrik kali ini rasanya berbeda, karena sangat lama, bahkan di beberapa daerah terjadi dari siang hingga hampir tengah malam.

Di tengah aktivitas masyarakat yang sebagian besar membutuhkan listrik untuk melakukan aktivitasnya, hal ini tentu akan sangat mengganggu. Terlebih lagi, tidak adanya pemberitahuan dari PT PLN terkait pemadaman ini.

Lalu apa sebenarnya penyebab mati listrik di area Jawa ini?

Baca Juga: 5 Cara Menghemat Pemakaian Listrik Bulanan yang Bisa Moms Coba

Penyebab Mati Listrik

pemadaman listrik

Dilansir dari CNN Indonesia, pemadaman listrik yang melumpuhkan sebagian besar wilayah Jawa ini, terjadi pada pukul 11.45 detik 27 karena terjadi gangguan saluran udara di Ungaran pada sirkuit 1.

Lalu disusul dengan gangguan pada sirkuit 2, yang menyebabkan jaringan Depok-Tasik alami gangguan.

Peristiwa pemadaman listrik ini adalah kejadian yang termasuk dalam tragedi besar di sektor kelistrikan. Padahal Sripeni Inten baru saja resmi menjabat sebagai PLT Dirut pada 2 hari lalu dan sudah terjadi tragedi pemadaman listrik besar-besaran.

Baca Juga: Pangkas Tagihan Listrik Dengan Cara Ini

Pernah Terjadi Insiden Padam Listrik Lainnya

113 desktop Blackout.jpg

Sebelumnya insiden pemadaman listrik secara besar-besaran ini pernah terjadi juga di Indonesia. Tepatnya pada tahun 1997, terjadi pemadaman listrik juga di Jawa-Bali. Pemadaman ini terjadi cukup lama.

Selain itu, mengutip dari CNN Indonesia, pemadaman listrik lainnya juga pernah terjadi pada tahun 2005. Tepatnya pada 18 Agustus 2005 sekitar pukul 09:00 WIB, pasokan listrik di Jawa-Bali mendadak putus dan mengakibatkan terjadinya listrik padam.

Hal ini disebabkan karena adanya kerusakan jaringan transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 KV Saguling, Cibinong, dan Cilegon. Sehingga membuat sistem kehilangan pasokan hampir 50% listrik.

Baca Juga: Benarkah Tidur dengan Lampu Dimatikan Mampu Meningkatkan Kesuburan?

Semoga masalah gangguan listrik ini bisa segera teratasi dan Moms di rumah tentunya bisa menggunakan listrik dengan lebih bijak lagi ya.

Artikel Terkait