22 Agustus 2023

5 Aplikasi Siaran Langsung Kekinian Terbaik untuk Berbisnis

Jadi, sudah siapkah Moms berbisnis melalui streaming online?
5 Aplikasi Siaran Langsung Kekinian Terbaik untuk Berbisnis

Terobsesi jadi pebinis andal tapi bingung harus mulai dari mana? Jangan khawatir, ada beberapa aplikasi siaran langsung yang bisa Moms coba.

Nah, aplikasi siaran langsung ini pun nyatanya sudah sangat digandrungi banyak orang, bahkan tak jarang yang berhasil viral.

Sebut saja Bunda Corla, Kak Jill Gorden, dan masih banyak lagi.

Teknologi ini pun telah membantu dan memudahkan orang untuk mencapai apa yang diimpikannya.

Bahkan fitur ini sudah sangat membantu sektor bisnis di Indonesia, seperti yang sedang dilakukan di TikTok.

Selain TikTok, berikut ini terdapat beberapa aplikasi siaran langsung yang bisa Moms coba pelajari dan gunakan untuk membantu bisnis!

Baca Juga: 5 Doa Mengusir Setan, Baca Doa Ini Saat Jin Mulai Mengganggu

Aplikasi Siaran Langsung yang Bisa Moms Coba

Aplikasi Siaran Langsung (Orami Photo Stock)
Foto: Aplikasi Siaran Langsung (Orami Photo Stock) (Orami Photo Stock)

Berikut beberapa aplikasi siaran langsung yang sedang banyak orang gunakan:

1. Instagram

Rasanya hampir semua orang di dunia sudah mengenal Instagram.

Sebagai salah satu media sosial paling populer ini, nyatanya terus memperluas layanan mereka, salah satunya menjadi aplikasi siaran langsung.

Fitur ini memang sudah cukup lama dibuat dan hingga kini masih banyak yang menggunakannya.

Salah satu tujuannya adalah untuk membantu promosi bisnis, mengadakan webinar, dan masih banyak lagi.

Fitur siaran langsung di Instagram juga terbilang lengkap.

Moms bisa mengundang beberapa orang untuk melakukan siaran langsung bersama.

Ada juga fitur tanya-jawab, fitur agar followers dapat mengirimkan like dan comment pada saat siaran berlangsung, dan masih banyak lagi.

2. YouTube

Selain Instagram, YouTube juga kerap menjadi aplikasi siaran langsung oleh para konten kreator.

Algoritma YouTube yang paling terkenal untuk menguntungkan konten kreator adalah dengan menyisipkan iklan.

Untuk itu, YouTube Live Streaming juga kerap memasukkan iklan untuk konten kreator mendapatkan penghasilan tambahan.

Nah, cukup menguntungkan juga, bukan?

3. TikTok

Nah, ini adalah salah satu media sosial yang perlahan-lahan sedang menggeser kepopuleran Instagram.

Selain itu, warganet Indonesia sebelah mana yang kini tidak kenal TikTok?

Aplikasi asal Cina ini selain dapat mengunggah klip atau video pendek, Moms bisa menggunakan TikTok LIVE untuk memamerkan konten-konten menarik.

Dalam waktu secara langsung atau nyata, para konten kreator yang mengadakan TikTok LIVE dapat berinteraksi dengan para followers-nya yang hendak mengikuti acara siaran langsung.

Bahkan kini banyak brand yang membuat akun di TikTok dan mengadakan live shopping hampir setiap hari.

Para pekerja kreatif pun banyak yang turun tangan untuk mendapatkan banyak penonton lewat aplikasi siaran langsung ini.

4. Twitch

Para gamer dan atlet e-sport pasti sudah tidak asing dengan aplikasi siaran langsung satu ini.

Sebab Twitch sering kali digunakan oleh konten kreator gaming hingga perusahaan atau industri game.

Selebihnya, Twitch memudahkan para konten kreatornya untuk bisa streaming game melalui PC, laptop, PS4, Xbox One, hingga Nintendo Switch.

Cukup ampuh, bukan?

5. Bigo Live

Sebelum ramai-ramai orang menggunakan TikTok Live, Bigo adalah aplikasi siaran langsung favorit orang Asia.

Bigo juga merupakan aplikasi broadcast bikinan China.

Sejak kemunculannya, aplikasi Bigo sudah diunduh hingga jutaan orang.

Namun, kini tren aplikasi siarang langsung bergeser ke Instagram atau TikTok.

Aplikasi broadcast bisa menjadi cara praktis untuk mengolah kemampuan Moms dalam menyampaikan siaran secara langsung.

Nah, jika Moms ingin melakukan promosi bisnis, aplikasi siaran langsung di atas bisa dicoba, ya.

Namun ingat Moms, aplikasi broadcast harus dimanfaatkan semestinya untuk menyampaikan berita yang valid pada khalayak luas, bukan yang bersifat hoax.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok, Jadi Cuan Tambahan!

Tips Agar Bisa Menarik Perhatian saat Siaran Langsung

Live Shopping (allstars.id)
Foto: Live Shopping (allstars.id)

Apakah Moms baru pertama kali menggunakan aplikasi siaran langsung di sosial media?

Nah, untuk bisa menarik banyak perhatian, Moms wajib memastikan agar siaran berjalan secara maksimal.

Salah satunya dengan memastikan koneksi internet sudah cukup kuat agar streaming berjalan lancar.

Sebab koneksi yang buruk bisa membuat penonton nantinya terganggu dan merasa malas untuk menontonnya, terutama bila gangguan terjadi lebih dari sekali.

Semakin lama siaran langsung Moms jalankan, semakin banyak pula waktu bagi pengikut untuk bergabung.

Pengikut nantinya akan menerima notifikasi saat Moms sedang melakukan siaran langsung.

Namun, penggunaan fitur siaran langsung tidak berhenti sampai situ.

Ada sejumlah cara yang bisa Moms terapkan agar penonton Live semakin banyak.

Berikut tipsnya:


1. Persiapan Sebelum Siaran Langsung

Sebelum siaran langsung dilakukan, buatlah akun berbeda khusus untuk menguji dan mempelajari fitur di Instagram.

Nah, akun khusus ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengecek atau memastikan pengaturan sosial media sebelum menjalankannya secara langsung di akun utama Moms.

Selain mempersiapkan pengaturan Live dan memanfaatkan fitur yang ada, Moms juga perlu memperhatikan waktu siaran.

Melakukan Live Instagram di waktu audiens online adalah salah satu cara termudah untuk membuat siaran langsung menjadi lebih banyak penontonnya.

Untuk memprediksi waktu atau kapan audiens online, Moms perlu mempelajari data insight dari akun Instagram atau TikTok.

Tiap sosial media pastinya akan menyediakan data seperti jam dan hari paling aktif dari audiens.

2. Perhatikan Lighting dan Lokasi

Merencanakan lokasi dan pencahayaan untuk siaran langsung juga nyatanya berdampak besar pada seberapa profesional siaran nantinya akan terlihat.

Selain menunjukkan profesionalitas, lokasi dan lighting yang tepat akan membuat penonton betah atau tahan untuk menetap di Live tersebut.

Pertimbangkan bagaimana latar belakang yang digunakan pada saat siaran langsung.

Misalnya, pengaturan background putih minimalis dengan tanaman tidak begitu cocok dengan produk yang bertemakan gothic.

Jika merek yang dimiliki bersifat eksentrik dan cerah, pertimbangkan cara merefleksikannya dengan penggunaan warna yang beragam.

Misalnya, semburat warna primer yang cerah dapat langsung mengubah suasana siaran dan membuatnya terasa lebih sesuai dengan merek yang diperdagangkan.

Dalam hal pencahayaan, cahaya alami umumnya menjadi pilihan yang paling terjangkau dan seringkali terbaik.

Namun, Moms juga bisa menggunakan softbox atau ringlight.

Baca Juga: Intip 10 Rekomendasi Wisata Pemalang Paling Instagramable!

3. Buat Perencanaan Konten yang Jelas

Seperti halnya konten video apa pun, penting untuk memiliki visi yang jelas tentang apa yang akan dibahas dalam siaran langsung.

Dengan memiliki perencanaan yang jelas, ini akan membantu brand untuk terhindar dari situasi canggung atau hening.

Sehingga Moms dapat mencapai semua poin penting yang harus disampaikan pada audiens.

Salah satu cara terbaik untuk merencanakan siaran langsung adalah dengan menganggapnya memiliki pengantar, titik fokus atau isi pesan, dan kesimpulan.

Lalu, buatlah catatan tentang pesan terpenting untuk disampaikan selama siaran.

Moms juga dapat membuat rencana cadangan bila terjadi skenario buruk.

4. Utamakan Tujuan Bisnis di Depan dan Tengah

Nyatanya penting untuk mempertahankan tujuan bisnis secara fokus, efektif, dan terukur pada saat siaran berlangsung.

Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti:

  • Membangun hype terkait peluncuran produk baru secara terus-menerus
  • Menyebarkan berita atau informasi penting dari perusahaan yang perlu penonton ketahui
  • Mendapatkan feedback atau kritik dan saran dari pelanggan secara real-time
  • Memposisikan merek sebagai ahli dalam domain tertentu

5 . Promosi Jadwal Siaran Langsung

Mempromosikan siaran langsung yang akan datang secara teratur dan strategis dapat menghasilkan traffic yang jauh lebih besar.

Moms dapat menjadwalkan Instagram Live dari 90 hari sebelumnya.

Rencana ini sangat bagus untuk membangun hype dan menciptakan lebih banyak "acara" dari siaran yang akan datang.

Baca Juga: Profil Kak Jill, Penjual Gorden yang Viral di TikTok!

Itulah cara untuk siaran langsung di media sosial agar Moms bisa meraih penonton atau audiens yang lebih banyak.

Selamat mencoba Moms!

  • https://www.brilio.net/gadget/11-aplikasi-live-streaming-terpopuler-tempat-siaran-para-artis-220103v.html
  • https://finance.detik.com/solusiukm/d-6293926/7-cara-live-di-instagram-agar-banyak-penonton
  • https://www.allstars.id/blog/2021/12/21/cara-live-tiktok/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb