KESEHATAN
12 Agustus 2019

Mau Tahu Apa Saja Makanan yang Mengandung Zinc?

Kandungan ini bisa membantu memperlambat proses penuaan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Zinc adalah salah satu mineral penting yang berperan lebih dari seratus reaksi enzimatik dalam tubuh, itulah sebabnya mengapa mengonsumsi makanan yang kaya akan zinc itu sangat penting.

Mineral ini diperlukan dalam jumlah kecil setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh Moms dan melakukan fungsi-fungsi penting lainnya. Manfaat seng berasal dari keberadaannya di semua jaringan tubuh, diperlukan untuk pembelahan sel yang sehat, dan bertindak seperti antioksidan, melawan kerusakan akibat radikal bebas dan memperlambat proses penuaan.

“Selain itu, zinc juga diperlukan untuk fungsi kekebalan tubuh, mineral ini dapat membantu membekukan darah ketika kita terluka, dan membantu mengatur gula darah kita,” kata Amy Gorin, pemilik Nutrisi Amy Gorin di wilayah New York City.

Menurut World Health Organization (WHO), jutaan orang di seluruh dunia mungkin memiliki kadar zinc yang tidak mencukupi dalam makanan mereka sehari-hari.

Nah, agar kebutuhan tubuh akan zinc kita terpenuhi setiap harinya, yuk kita sama-sama lihat makanan yang mengandung zinc apa saja yang bisa dimakan.

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Lebih Banyak Vitamin C dibanding Jeruk

1. Tiram

makanan yang mengandung zinc

Foto: medium.com

Makanan yang mengandung zinc, pertama adalah tiram. Makanan ini merupakan salah satu makanan paling padat nutrisi di dunia, dan jenis makanan ini juga merupakan sumber zinc yang tinggi.

Per enam tiram ukuran sedang, kita bisa mendapatkan sekitar 178% dari nilai harian untuk zinc. Selain zinc, tiram juga memiliki kandungan sejumlah besar vitamin B12, tembaga, selenium, bahkan omega-3.

2. Biji Labu

makanan yang mengandung zinc

Foto: fantabulosity.com

Janis makanan ini juga diperkaya dengan zinc. Selain itu, biji labu dan minyak biji labu dipercaya mampu mengurangi risiko kanker payudara pada wanita pasca-menopause, berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam "Nutrisi dan Kanker".

Biji labu juga baik untuk kesehatan prostat, dan mampu meningkatkan kesehatan mental kita.

Baca Juga: 6 Makanan Mengandung Beta-Karoten yang Baik Untuk Ibu Hamil

3. Biji Rami

makanan yang mengandung zinc

Foto: fimela.com

Biji rami tidak hanya kaya akan zinc, tetapi makanan ini juga merupakan sumber asam lemak omega-3 dan omega-6 yang sangat baik. Mengonsumsi biji rami akan berefek pada sistem kardiovaskular Moms dan membantu menjaga peradangan di teluk.

4. Buncis

makanan yang mengandung zinc

Foto: fimela.com

Buncis, seperti semua kacang-kacangan, memiliki karbohidrat kompleks yang dapat dicerna oleh tubuh secara perlahan, kemudia digunakan sebagai energi.

Studi menunjukkan bahwa buncis meningkatkan rasa kenyang dan membantu menurunkan berat badan. Jenis makanan ini juga meningkatkan pencernaan dengan memindahkan makanan dengan cepat melalui saluran pencernaan.

Moms bisa memvariasikan buncis dengan memasaknya menjadi tumis buncis bawang putih, atau dimasak dengan hidangan lainnya.

Baca Juga: Resep Tumis Buncis Telur

5. Lentil

makanan yang mengandung zinc

Foto: jessicagavin.com

Lentil dikenal karena efeknya dalam meningkatkan kesehatan, karena diperkaya dengan polifenol dan zat gizi mikro, termasuk kaya akan zinc.

Lentil berfungsi sebagai protein nabati, menjadikannya makanan yang mengandung zinc dan sangat baik untuk vegetarian.

Baca Juga: 7 Makanan Mengandung Serat yang Baik Untuk Balita

6. Bubuk Kakao

makanan yang mengandung zinc

Foto: inspirasibaking.com

Bubuk kakao adalah sumber yang baik untuk dua flavonoid, epicatechin dan catechin, yang berfungsi sebagai antioksidan dalam membantu mencegah peradangan dan penyakit.

Karena adanya flavonoid dalam bubuk kakao, juga bisa membantu meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

Itulah beberapa makanan yang mengandung zinc dan bisa kita temukan di sekitar kita. Makanan-makanan ini tidak hanya kaya akan zinc, namun juga memiliki manfaat lainnya.

Artikel Terkait