GAYA HIDUP
19 Juli 2019

Mau Tahu Caranya Negosiasi buat Naik Gaji?

Tentukan apa yang bisa ditawarkan untuk memajukan perusahaan, tak hanya sekadar bicara angka
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Menegosiasikan kenaikan gaji bisa jadi sulit. Baik itu ketika akan memulai pekerjaan baru atau hendak mengajukan kenaikan gaji dengan atasan.

Jika salah langkah, hal ini bukan tidak mungkin akan memengaruhi karier dan hubungan dengan atasan saat ini. Karenanya, ketahui cara negosiasi gaji dengan atasan secara halus dan tidak salah langkah, dikutip dari CNBC.

Baca Juga: 5 Profesi Bergaji Besar yang Memungkinkan Anda bisa Traveling Sepuasnya

1. Lakukan Penelitian Terlebih Dahulu

negosiasi kenaikan gaji

Seperti halnya segala jenis negosiasi, langkah pertama adalah melakukan riset dan mencari tahu 'harga' dari posisi pekerjaan saat ini.

"Bicaralah dengan perekrut, kolega, dan rekan kerja untuk melihat berapa tinggi nilai pasar yang sesuai dengan pekerjaan dan pengalaman Anda," kata Oliver Cooke, direktur eksekutif di perusahaan rekrutmen New York City, Selby Jennings.

Moms bisa mencari tahu dari situs online yang memberikan gambaran penghasilan kasar bagi orang dengan jenis pekerjaan tertentu.

Namun, Cooke memperingatkan agar tidak bergantung sepenuhnya pada mereka.

“Mereka memang menyediakan data, tetapi kadang-kadang bisa tidak akurat karena dipengaruhi oleh faktor-faktor lain,” kata Cooke.

Hal yang dimaksud di sini bahwa situs-situs tersebut gagal untuk memperhitungkan variabel-variabel seperti geografi, keahlian dan pendidikan, yang dapat memengaruhi upah secara signifikan.

2. Berikan Tawaran kepada Perusahaan

tipe bos-1.jpg

Setelah mencari tahu kisaran kenaikan gaji yang sesuai dengan jenis pekerjaan, negosiasi kenaikan gaji tidak hanya perihal untuk memiliki pemasukan yang lebih baik.

Namun, Moms juga harus memberikan penawaran apa yang dirasa dapat membantu bisnis perusahaan menjadi lebih baik dan tentunya menguntungkan.

"Ketika Anda hendak mengajukan kenaikan gaji, pastikan itu didasarkan pada filosofi perusahaan dan bagaimana hal itu akan membantu bisnis perusahaan tersebut," kata Cooke.

Baca Juga: Pekerjaan yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

3. Ketahui Harga yang Pantas

negosiasi kenaikan gaji

Terakhir, tunjukkan bahwa Moms serius dalam bernegosiasi untuk meminta kenaikan gaji dengan atasan.

Mungkin kenaikan gaji tidak akan terjadi dengan segera, tetapi ini menunjukkan ambisi dan dapat mengarah ke percakapan yang berlanjut tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapatkan kenaikan gaji.

Cooke menambahkan bahwa ketika bernegosiasi gaji, penting untuk mengingat prospek jangka panjang sebagai karyawan.

"Salah satu kesalahan terbesar yang kita lihat adalah ketika orang menjadi terpaku pada jumlah, dan mereka melupakan faktor-faktor lain seperti perkembangan karir," tutup Cooke.

Artikel Terkait