KEHAMILAN
25 Mei 2020

4 Cara Moms Membangun Bonding Saat Hamil dengan Dads

Dads juga harus melakukannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms dan Dads tidak perlu menunggu sampai Si Kecil lahir untuk terikat dengan mereka. Kehamilan bisa menjadi waktu yang tepat untuk mulai membentuk keterikatan dengan Bayi.

Tak hanya menjalin bonding dengan suami, Moms juga bisa membantu Si Kakak untuk menjalin ikatan dengan adiknya di dalam perut dengan berbicara kepada mereka tentang hal itu dan membiarkan mereka menyentuh perut Moms.

Apa yang Mungkin Dirasakan Si Kecil dalam Perut?

4 Cara Membangun Bonding dengan Dads Selama Hamil.jpg

Foto: erywellfamily.com

Suara. Menurut Pregnancy Birth and Baby, pada sekitar minggu ke-18 kehamilan Moms, bayi akan mulai mendengar suara-suara tubuh Moms, seperti detak jantung dan perut saat Si kecil sedang beratraksi.

Pada 26 minggu, seorang bayi dapat bereaksi terhadap suara-suara baik di dalam maupun di luar tubuh Moms, dan sangat memungkinkan bisa ditenangkan dengan suara-suara.

Nah, bonding saat hamil bisa dilakukan pada momen ini, yaitu Dads bisa mengelus perut Moms sambil menenangkannya. Suara luar yang didengar bayi Moms di dalam rahim adalah sekitar setengah dari volume yang kita dengar.

Namun, bayi yang belum lahir mungkin masih kaget dan menangis jika terkena suara keras yang tiba-tiba.

Baca Juga: Baby Bonding Tips Untuk New Dads, Lakukan Ini!

Perkembangan bahasa. Setelah 32 minggu, bayi Moms akan mulai mengenali suara vokal tertentu dari bahasa kita. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa perkembangan bahasa sangat dini mungkin dimulai sebelum kelahiran.

Memori. Selain mengingat suara-suara tertentu dari bahasa ibu mereka, bayi mungkin ingat musik tertentu yang dimainkannya di dalam rahim.

Melihat. Retina bayi yang belum lahir dikembangkan pada 20 minggu, dan mereka membuka mata mereka dan dapat melihat cahaya dari 22 minggu. Namun, mata bayi terus berkembang setelah mereka dilahirkan.

Sensasi. Setelah sekitar 18 minggu, bayi suka tidur di dalam rahim ketika ibu mereka terjaga, karena gerakan dapat membuat mereka goyang untuk tidur.

Mereka dapat merasakan sakit pada 22 minggu, dan pada 26 minggu mereka dapat bergerak sebagai tanggapan terhadap tangan yang digosokkan pada perut ibu.

Cara Dads Menjalin Bonding Saat Hamil dengan Si Kecil

Sama seperti naluri keibuan, versi ayah tidak selalu secara ajaib muncul segera setelah Moms hamil.

Agar Moms tidak stres dan merasa nyaman dengan kehamilan ini, maka penting bagi Dads memiliki strategi untuk membangun bonding saat hamil antara Dads dan Si Kecil.

Baca Juga: Ini 10 Ide Aktivitas Bonding dengan Anak Laki-laki

1. Tingkatkan Hormon Oksitoksin

4 Cara Membangun Bonding dengan Dads Selama Hamil 2.jpg

Foto: parent24.com

Dorong produksi oksitoksin (hormon cinta) pada Moms, hal ini yang akan membuatnya merasa terhubung dengan Dads.

Menurut, Gayle Berry, pendiri perusahaan pijat bayi Blossom & Berry, hanya membuat Dads mengusap perut atau sekedar memegangnya saat bayi bergerak, maka hormon oksitoksin akan meningkat. Jika dilakukan secara terus menerus makan bonding saat hamil yang dilakukan Dads akan berhasil.

Menurut penelitian, berbicara dengan Si Kecil dalam perut bisa meningkatkan kemampuan bayi untuk mendeteksi perbedaan halus dalam suara setelah Ia lahir. Jadi Ia akan mengenali suara yang didengarnya. Jika Dads merasa sadar diri, rekam suara Dads, sehingga Moms bisa memainkannya saat dia tidak ada.

2. Mendengarkan Musik

4 Cara Membangun Bonding dengan Dads Selama Hamil 3.jpg

Foto:dreamstime.com

Perdengarkan musik untuk Si Kecil. Musik yang meniru detak jantung sekitar 60 detak per menit, seperti lagu pengantar tidur, sangat berguna.

Moms dan Dads juga dapat mencari musik "santai" atau "menenangkan”.

Baca Juga: Ini Caranya Menggunakan Ponsel Untuk Membangun Bonding dengan Anak

3. Bermain dengan Si Kecil Dalam Perut

4 Cara Membangun Bonding dengan Dads Selama Hamil 4.jpg

Foto: vix.com/

Ketika Moms berada di trimester terakhir dan bayi akan bergerak secara teratur, merangsang responsnya dengan memainkan permainan sederhana ini bersama Dads. ‘Matikan lampu dan senter dengan lembut ke perut Moms, gerakkan perlahan. Biasanya bayi akan beralih ke cahaya.

4. Dampingi Moms Saat Kontrol Rutin

4 Cara Membangun Bonding dengan Dads Selama Hamil 5.jpg

Foto: dreamstime.com

Melihat Si Kecil bergerak di dalam rahim bisa menjadi pengalaman yang mengharukan bagi orang tua, dan dapat membantu Moms dan Dads membangun bonding saat hamil dengan bayi. Sehingga, hal ini akan dirasakan Si Kecil di dalam perutnya.

Nah, saatnya Dads membangun bonding saat hamil. Selain bisa menjalin kedekatan antara Dads dan Si Kecil kelak. Setidaknya, Dads membuat Moms merasa nyaman dan mendapat dukungan selama menjalani kehamilan.

Artikel Terkait