RUPA-RUPA
27 Maret 2020

Bantu Petugas yang Terlibat Tangani Pandemi COVID-19, dengan 4 Langkah Ini

Langkah kecil dan sederhana ini sangat berarti!
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Infeksi virus COVID-19 di Indonesia semakin meluas. Hingga kini, bahkan juga sudah mencapai beberapa daerah di pulau lain, seperti Kalimantan, Bali, dan Lampung.

Pemberitaan massal tentang virus corona di satu sisi memberikan rasa cemas bagi publik. Dampaknya, tidak sedikit masyarakat melakukan panic buying dengan berbelanja dalam jumlah besar, terutama tisu toilet, hand sanitizer, dan masker.

Petugas kesehatan seperti dokter dan perawat, sedang berusaha untuk mengobati pasien yang terinfeksi. Karena itu, Moms sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dapat melakukan langkah untuk menekan angka kasus infeksi.

Baca Juga: 5 Tips Bekerja di Rumah Agar Tetap Fokus di Tengah Pandemi COVID-19

Cara Mendukung Petugas Kesehatan Saat COVID-19

Untuk mendukung petugas kesehatan, serta petugas-petugas lain saat menghadapi pandemi COVID-19, ketahui beberapa langkah kecil dan berarti yang bisa Moms lakukan berikut ini.

1. Bekerja di Rumah (WFH)

COVID-19

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip detik.com, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta telah mendapatkan laporan 220 perusahaan yang sudah melakukan kebijakan bekerja di rumah.

Bekerja di rumah juga merupakan salah satu bagian dari social distancing, yang menjadi topik hangat saat pandemi COVID-19, agar dapat menghindari kontak dekat dengan orang lain sehingga virus tidak cepat menyebar.

"Social distancing saat ini merupakan faktor paling penting yang dapat kita kendalikan dalam wabah COVID-19, dan karenanya penting. Semakin tinggi angka reproduksinya, semakin cepat virus akan menyebar," kata Ahli Epidemiologi UC San Francisco, Jeff Martin, MD, MPH.

Lebih lanjut dijelaskan, faktor-faktor yang memengaruhi jumlah reproduksi termasuk seberapa menular virus corona itu, seberapa rentan orang terhadap infeksi, jumlah kontak di antara orang-orang, dan lamanya kontak tersebut.

Baca Juga: Review 7 Masker Pelindung untuk Antisipasi Virus Corona, Mana yang Terbaik?

2. Tidak Perlu Menimbun Masker

COVID-19-2

Foto: Orami Photo Stock

Saat diumumkannya kasus pertama positif COVID-19 di Indonesia, publik berbondong-bondong melakukan panic buying dan berburu kebutuhan sanitasi seperti tisu toilet, hand sanitizer, juga masker.

Apalagi, tidak sedikit yang membeli masker N95 karena dianggap lebih 'ampuh' dalam mencegah virus corona. Padahal, penggunaan masker biasa pun sudah cukup bagi orang yang sakit batuk atau pilek.

"Jaga kebersihan lingkungan, pakai masker bila sakit, tetapi tidak menggunakan masker N95 untuk masyarakat, karena masker jenis tersebut untuk tenaga kesehatan yang memeriksa PDP," jelas DR. Dr Anggraini Alam, Sp.A (K) Ketua UKK Infeksi dan Penyakit Tropis dalam konferensi pers Ikatan Dokter Anak Indonesia tentang COVID-19 pada Senin (16/3).

Mengutip Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bahwa penggunaan masker hanya diperlukan jika merawat orang yang dicurigai terinfeksi COVID-19, dan jika Moms memiliki penyakit batuk atau bersin.

Baca Juga: Lebih Baik Cuci Tangan daripada Menyetok Masker untuk Mencegah Corona, Ini Penjelasannya

3. Cukup dengan Rajin Mencuci Tangan

COVID-19-3

Foto: Orami Photo Stock

Langkah utama yang paling penting untuk melindungi diri dari COVID-19 adalah dengan rajin mencuci tangan. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan sebagai berikut:

  • Sering-sering mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik terutama setelah berada di tempat umum, atau setelah menyeka hidung, batuk, atau bersin.
  • Jika tidak ada sabun dan air, gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol setidaknya 60 persen. Oleskan ke seluruh permukaan tangan dan gosok sampai kering.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang tidak dicuci.

Baca Juga: 4 Cara Mengurangi Kecemasan di Tengah Pandemi COVID-19

4. Menjadi Sosok yang Proaktif

COVID-19-4

Foto: Orami Photo Stock

Karena keterbatasan petugas kesehatan dan pihak yang ikut campur dalam menangani pandemi COVID-19, Moms juga perlu menjadi sosok yang proaktif.

Tidak hanya dengan konsultasi ke dokter jika mengalami beberapa gejala COVID-19, tetapi juga dalam mencerna ragam informasi yang beredar. Apalagi, berita hoax juga bisa ditemukan dan disebarkan dengan mudah.

Jika Moms merasakan gejala COVID-19 seperti batuk, demam, sesak napas, atau ingin mengetahui informasi yang terpercaya tentang virus COVID-19 di Indonesia, bisa menghubungi Hotline Virus Corona 119 ext. 9.

Orami juga membuat ragam informasi yang kredibel tentang virus corona di Indonesia, yang bisa Moms akses melalui tag "COVID-19" dan "virus corona".

Pastikan Moms tetap melindungi keluarga dan orang-orang tersayang dengan mengikuti anjuran pemerintah serta tenaga medis ya, Moms.

Sebisa mungkin jangan keluar rumah untuk mengindari terinfeksi virus corona. Bila bosan di rumah saja, tenang saja, Moms!

Soalnya Orami memiliki promo lindungi keluarga yang sangat menarik, jadi Moms bisa menghabiskan waktu di rumah sambil shopping!

Moms bisa berbelanja berbagai kebutuhan secara mudah dan dengan harga yang miring. Orami juga menjamin kebersihan produk, gudang, dan kurir, sehingga Moms tidak perlu khawatir untuk berbelanja di Orami!

Artikel Terkait