RUPA-RUPA
14 Maret 2020

5 Tips Menata Dapur Kecil agar Terlihat Luas

Dapur yang rapi akan bikin Moms makin semangat masaknya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Dapur atau pantry yang tersusun dengan rapi dan baik adalah pemandangan yang diinginkan oleh hampir semua ibu rumah tangga.

Seperti yang Moms ketahui, meskipun setiap hari kita selalu melakukan aktivitas di dapur, tidak menutup kemungkinan dapur kecil kita bisa menjadi berantakan, plastik kosong berserakan, atau piring kotor menumpuk. Tentu hal ini akan sangat menjengkelkan.

Berdasarkan jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, dapur yang bersih dan nyaman akan membuat kita bisa memasak dengan nyaman, jadi tidak perlu membeli makanan di luar. Konsumsi makanan cepat saji dan makanan dari luar nyatanya dikaitkan dengan rendahnya kualitas diet dan obesitas di kalangan orang dewasa.

Baca Juga: Mengintip Dapur Milik 5 Selebriti Indonesia dan Dunia, Seperti Apa ya?

Jadi walapun Moms memiliki dapur yang kecil, hal ini tidak menjadi masalah dan dapur kita tetap bisa terlihat rapi dan nyaman. Kuncinya ada pada bagaimana kita menata barang-barang yang diperlukan.

Menata Dapur Kecil

menata dapur kecil

Agar Moms bisa melakukannya di dapur masing-masing, simak yuk tips menata barang-barang di dapur yang kecil berikut ini.

1. Gunakan Rak

Tidak masalah jika dapur kita kecil dan berada di tempat yang terbuka atau tertutup di sebuah ruangan, manfaatkan ruang dinding vertikal dengan menempelkan rak-rak yang tinggi dan rendah.

Tempatkan barang-barang yang tidak terlalu sering digunakan di rak tersebut dan barang-barang penting yang sering digunakan di bagian bawah.

Baca Juga: 5 Bahan Dapur untuk Obat Kolesterol, Ampuh!

2. Laci Tarik

Daripada membiarkan ruang di bawah rak kosong, isi dengan laci tarik, yang cocok untuk menyimpan makanan ringan favorit dan persediaan makan kering kita. Dengan begitu, dapur Moms yang kecil akan terlihat lebih rapi.

3. Wadah yang Diberi Label

Agar dapur Moms yang kecil bisa terlihat lebih luas, coba gunakan wadah yang berisi barang-barang yang sejenis.

Cobalah untuk memberikan label di setiap wadah di bagian atasnya, sehingga Moms dapat dengan mudah melihat apa yang ada di dalamnya tanpa harus membongkarnya.

4. Taruh Bahan Memasak di Tempat yang Mudah dijangkau

Pindahkan bahan-bahan yang sering Moms gunakan untuk memasak, seperti tepung, gula, gula merah, pasta, dan sebagainya ke dalam toples kaca dengan tutup, dan letakkan di rak tengah agar mudah dijangkau.

Baca Juga: Ingin Mulai Mengajari Anak Memasak? Begini Aturannya, Moms!

5. Menggunakan Kabinet Kaca

Sekalipun Moms tidak memiliki lemari atau ruangan dapur khusus karena dapur yang terlalu kecil, Moms tetap dapat menyimpan semua barang tetap rapi. Masukkan saja semuanya ke keranjang dan stoples, dan letakkan di sebuah lemari kaca.

Itu dia Moms beberapa cara yang bisa digunakan untuk menata dapur yang kecil agar terlihat lebih luas. Selamat mencoba!

Artikel Terkait