BAYI
29 Juni 2020

Ini Cara Mencegah Otitis Media pada Bayi, Catat!

Temukan cara tepat mencegahnya ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Otitis media merupakan salah satu masalah paling umum yang dihadapi oleh dokter dalam merawat anak-anak.

Otitis media adalah peradangan yang terletak di telinga tengah. Otitis media dapat terjadi karena disebabkan dari pilek, sakit tenggorokan, atau infeksi pernapasan.

Dalam jurnal Paediatrics & Child Health, otitis media sangat umum, dan 75 persen anak-anak mengalami setidaknya satu infeksi telinga sebelum mulai sekolah atau sebelum mereka berusia 3 tahun.

Baca Juga: Patut Tahu Nih Moms, 5 Do's & Don'ts Membersihkan Telinga Bayi

Tapi otitis media juga dapat menyerang orang dewasa, meskipun umumnya terjadi pada anak-anak.

Apa yang menyebabkan otitis media pada bayi? Yuk kita lihat di bawah ini, Moms.

Penyebab Otitis Media pada Bayi

otitis media pada bayi

Foto: independentnurse.co.uk

Infeksi telinga tengah biasanya merupakan akibat dari kerusakan tuba eustachius, saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan daerah tenggorokan. Pipa eustachius membantu menyamakan tekanan antara telinga luar dan telinga tengah.

Ketika tabung tidak berfungsi dengan baik, maka akan menghambat drainase cairan yang normal dari telinga tengah, lalu menyebabkan penumpukan cairan di belakang gendang telinga.

Baca Juga: Bolehkah Anak dengan Otitis Externa Berenang? Ini Jawabannya!

Ketika cairan tidak dapat mengalir, maka memungkinkan untuk bakteri dan virus tumbuh di telinga yang dapat menyebabkan otitis media akut. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa tuba eustachius mungkin tidak berfungsi dengan baik:

  • Pilek atau alergi yang dapat menyebabkan pembengkakan dan kemacetan lapisan hidung, tenggorokan, dan tuba eustachius (pembengkakan ini mencegah aliran cairan yang normal).
  • Pertumbuhan tidak normal tuba eustachius.

Lalu bagaimana mencegah otitis media ini pada bayi?

Mencegah Otitis Media pada Bayi

otitis media pada bayi

Foto: homeopathyplus.com

Otitis media pada bayi dapat dicegah dengan mengobati infeksi saluran napas atas dengan tepat dan cepat.

“Selain itu, pada bayi dengan faktor risiko seperti celah langit-langit, sindroma down, pembesaran kelenjar adenoid, dan riwayat alergi, perlu diwaspadai kemungkinan otitis media berulang,” jelas dr. Rangga Rayendra Saleh, dokter spesialis THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) RS Pondok Indah – Puri Indah.

Baca Juga: 4 Alergi Pada Bayi yang Perlu Moms Kenali Gejalanya

Menurut dr. Rangga, otitis media dapat dicegah dengan menjaga tubuh dari ISPA, dan segera melakukan pengobatan awal pada kasus ISPA (seperti dengan membersihkan hidung).

Untuk perawatannya sendiri, tergantung pada jenis otitis media yang diderita anak. Agar bisa diobati dengan tepat, baiknya Moms konsultasikan dengan dokter anak mengenai pilihan perawatan.

Artikel Terkait