RESEP
28 Juni 2020

Mengapa Dalgona Coffee Bisa Mengembang?

Ini penjelasan ilmiah di balik dalgona coffee
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Dina Vionetta

Dalgona coffee adalah minuman yang dibuat dengan mengocok bubuk kopi instan, gula, dan air panas. Namun, mengapa dalgona coffee bisa mengembang, ya?

Untuk membuat dalgona coffee diperlukan kopi, gula, dan air dengan perbandingan yang sama. Biasanya masing-masing dua sendok makan. Buih yang fluffy seperti awan ini lalu diletakkan di atas segelas susu hangat atau dingin.

Dalgona coffee populer di media sosial baru-baru ini, tepatnya pada masa pandemi COVID-19. Namanya diambil dari dalgona, semacam permen di Korea, karena tampilan, rasa, dan cara membuatnya mirip. Padahal, dalgona coffee umumnya tidak menggunakan permen dalgona.

Nama dalgona coffee diduga pertama kali diciptakan oleh aktor Korea Selatan Jung Il-woo. Ia memesan kopi kocok di sebuah restoran di Macau saat tampil di sebuah acara kuliner di TV. Ia menyamakan rasanya dengan permen dalgona.

Dengan hashtag #dalgonacoffeechallenge, versi rumahan dalgona coffee mulai menyebar di saluran-saluran YouTube Korea Selatan. Barulah setelah itu viral di TikTok. Minuman ini banyak diminati karena tampilannya ala kafe dan Instagrammable tapi bisa dibuat di rumah dan murah. Sebaliknya, sekarang dalgona coffee juga dijual di kedai-kedai kopi, lo.

Dalgona coffee mirip dengan minuman di India yang disebut phenti hui coffee atau kopi kocok. Bedanya, kalau pada dalgona coffee buih kopi disendokkan ke atas susu, pada phenti hui, susu hangat yang dituangkan di atas buih. Hasilnya adalah kopi dengan busa tebal di atasnya.

Dalgona coffee paling cepat dibuat menggunakan mikser. Sebab, kalau pakai whisk manual atau bahkan sendok, bisa-bisa tangan Moms pegal dibuatnya. Konon dibutuhkan 400 kali kocok sampai buih kopi bisa mengembang!

Cara manual yang disebut-sebut lebih cepat menggunakan saringan, dua garpu, atau whisk yang diputar dengan kedua telapak tangan yang digosok-gosokkan.

Sains di Balik Dalgona Coffee

Sains di Balik Dalgona Coffee.jpg

Foto: pixabay.com

Dalgona coffee unik karena hanya bisa menggunakan bubuk kopi instan tanpa ampas. Jika Moms menggunakan kopi giling atau kopi yang sudah bercampur krim atau gula, dijamin akan gagal. Buih sekadar kental dan tidak mengembang, sehingga saat disendokkan ke atas susu akan tenggelam ke dasar gelas, tidak tetap berada di atas seperti saat menggunakan kopi instan.

Baca Juga: Resep Dalgona Coffee, Minuman Kopi Berbusa yang Sedang Viral

Ini penjelasannya:

Mengapa Dalgona Coffee Bisa Mengembang?

Mengapa Dalgona Coffee Bisa Mengembang?

Foto: Orami Photo Stocks

Kopi mengandung protein dan beberapa senyawa amfifilik (bisa berinteraksi dengan air dan minyak). Saat dikocok dengan kencang, udara masuk ke dalam kopi, sehingga protein di dalamnya berubah sifat. Protein tersebut mengikat satu sama lain dan membentuk struktur yang menstabilkan kantung-kantung udara tadi menjadi buih.

Baca Juga: Ini 4 Dampak Meminum Kopi Lebih Dari Sekali dalam Sehari

Mengapa Dalgona Coffee Hanya Bisa Menggunakan Kopi Instan?

Mengapa Dalgona Coffee Bisa Mengembang?

Foto: Orami Photo Stocks

Menurut blog Science Borealis, hal ini berhubungan dengan proses pengeringan (dehidrasi) butiran kopi yang sudah diseduh untuk menjadi kopi instan. Proses ini terjadi di pabrik.

Ada dua macam proses pengeringan, yakni dengan penyemprotan (spray drying) dan dengan pembekuan (freeze drying). Keunggulan metode penyemprotan adalah lebih efisien dan efektif biaya, sedangkan cara pembekuan menjaga lebih banyak senyawa aromatik dan minyak asli kopi, sehingga kopi yang dihasilkan lebih enak.

Kopi instan yang dijual dengan harga murah biasanya menggunakan teknik spray drying. Minimnya kandungan minyak di dalam kopi instan membuat kopi jenis ini lebih mudah dikocok hingga berbuih dibanding kopi instan yang mahal atau kopi seduh biasa.

Mengapa Minyak Membuat Buih Sulit Terbentuk?

Mengapa Dalgona Coffee Bisa Mengembang?

Foto: Orami Photo Stocks

Konsepnya mirip seperti membuat meringue atau putih telur yang dikocok hingga mengembang dan kaku. Agar berhasil, Moms tidak boleh menggunakan peralatan yang berminyak dan putih telur harus bersih dari kuning telur.

Minyak yang terdapat dalam kuning telur bisa melemahkan dinding yang dibentuk oleh protein di sekeliling gelembung, sehingga membuatnya lebih mudah pecah. Hal ini juga berlaku untuk kopi giling noninstan.

Baca Juga: 5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Kulit Sehat dan Halus

Fungsi Gula dalam Pembuatan Dalgona Coffee

Mengapa Dalgona Coffee Bisa Mengembang?

Foto: Orami Photo Stocks

Air lebih berat daripada udara. Gravitasi menarik dinding-dinding gelembung yang mengandung air ke bawah, sedangkan udara di dalamnya ingin naik. Gula berfungsi meningkatkan viskositas (kekentalan air), sehingga dinding gelembung lebih stabil dan buih tidak mudah pecah. Buih juga tenggelam lebih lama.

Tanpa gula, kopi seduh tetap bisa berbuih. Namun, buihnya berwarna lebih gelap dan lebih mudah tenggelam.

Semoga penjelasan di atas bisa menjawab rasa penasaran Moms, ya, terkait mengapa dalgona coffee bisa mengembang!

Artikel Terkait