TRIMESTER 1
15 Juli 2019

Mengapa Makan Ikan Saat Hamil Sangat Dianjurkan? Ini Ulasannya!

Makanlah ikan secara rutin selama hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Kesehatan sang buah hati perlu Moms perhatikan sejak 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) yaitu sejak masa konsepsi sampai anak umur 2 tahun.

Menurut Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP (K) , MARS, DTM&H, DTCE, menjaga kecukupan gizi dengan memberikan nutrisi yang baik selama 1.000 HPK sangatlah penting lho, Moms.

“Menjaga kecukupan gizi dengan memberikan gizi yang baik selama 1.000 HPK sangatlah penting. S‎alah satu upaya yang dilakukan adalah membuat suatu gerakan gizi nasional sebagai gerakan Scaling Up Nutrition (SUN) berupa Gerakan Nasional Sadar Gizi,” ujar Prof. Dr. Tjandra, dilansir dari Sehat Negeriku oleh Kementerian Kesehatan.

Selama masa 1.000 HPK ada baiknya Moms makan makanan yang bergizi untuk gizi Si Kecil. Masa 1.000 HPK ini merupakan masa keemasan perkembangan otak, pertumbuhan, dan ‎metabolisme pada sang janin.

Jika si buah hati terpenuhi gizinya sejak dalam kandungan, maka akan terhindar dari stunting dan risiko penyakit degeneratif seperti hipertensi, diabetes, obesitas, penyakit jantung koroner dan stroke.

Prof. Dr. Tjandra juga menganjurkan agar Moms makan ikan saat hamil untuk menambah gizi.‎ Mengapa Moms harus makan ikan saat hamil? Yuk simak ulasannya!

Baca Juga: 5 Ikan yang Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

1. Pertumbuhan Otak Janin

makan ikan saat hamil

Makan ikan saat hamil bermanfaat untuk pertumbuhan otak janin. Ibu hamil rentan untuk kekurangan zat-zat gizi, terutama omega-3 yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan otak janin.

Padahal, otak akan mengalami pertumbuhan pesat sekitar pada minggu ke 20-36 usia kehamilan. Nah, pada masa ini akan mempengaruhi kualitas kecerdasan. Beberapa ikan yang tinggi akan omega-3 adalah lele, salmon, sarden, dan nila.

2. Mencegah Anemia

makan ikan saat hamil

Saat masa kehamilan, Moms akan rentan terkena anemia karena sel darah merah dari Moms juga dialirkan pada sang bayi. Makan ikan saat hamil adalah kunci pentingnya.

Zat besi yang merupakan salah satu kandungan terbaik dalam ikan yang bisa mengurangi Moms terkena risiko anemia saat hamil.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang? Ketahui Faktanya!

3. Menjaga Jantung Tetap Sehat

makan ikan saat hamil

Makan ikan saat hamil secara rutin, mampu menurunkan tekanan darah. Berbagai kandungan dalam ikan lebih bersahabat dengan jantung dan tidak menimbulkan sumbatan-sumbatan di pembuluh darah. Sehingga jantung tetap sehat dan terhindar dari risiko penyakit jantung.

BPOM AS menganjurkan untuk mengonsumsi 2-3 porsi ikan dalam seminggu. Satu porsi untuk orang dewasa adalah 4 ons, berarti Moms bisa makan ikan sebanyak 12 ons dalam seminggu.

4. Menjaga Berat Badan

makan ikan saat hamil

Terkadang Moms galau untuk makan karena takut berat badan tak terkontrol. Makan ikan saat hamil adalah solusi yang tepat untukmu Moms.

Kandungan protein pada ikan tergolong tinggi dan lemak pada ikan bukanlah lemak jenuh. Makan ikan saat hamil secara rutin, Moms bisa mendapat asupan protein namun kenaikan berat badan masih tergolong wajar.

Baca Juga: Kaya DHA dan Omega-3, Ini Panduan Konsumsi Seafood saat Hamil

Itulah alasan mengapa makan ikan saat hamil sangat dianjurkan. Mulai saat ini, Moms bisa mengatur menu makan sehari-hari dengan ikan. Namun perlu diingat, hindari mengonsumsi ikan dengan kadar merkuri yang tinggi ya Moms!

(TAL)

Artikel Terkait