BALITA DAN ANAK
8 Juni 2020

5 Tips Mengatasi Anak Stres saat Belajar di Rumah Menurut Psikolog

Buat Si Kecil agar tetap produktif
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Berubahnya rutinitas di kala pandemi ini bisa memberikan dampak pada anak-anak. Apalagi, mereka juga harus melakukan kegiatan belajar mengajar dari rumah.

Karena itu, dibutuhkan langkah-langkah yang penting, dan persiapan yang baik sehingga Moms sebagai orang tua tahu seperti apa tips mengatasi anak stres saat belajar di rumah.

Mengutip Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), anak-anak dapat merespons stres dengan berbagai cara seperti menjadi lebih lekat, cemas, menarik diri, marah atau gelisah, mengompol, dan lain-lain.

Karena itu, tanggapi reaksi Si Kecil dengan cara yang mendukung, dengarkan keprihatinan mereka dan beri mereka cinta dan perhatian ekstra selama pandemi COVID-19 ini.

Baca Juga: COVID-19 Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental Anak, Ini Langkah yang Dapat Dilakukan

Tips Mengatasi Anak Stres Saat Belajar di Rumah

Dalam The Journal of Pediatrics, anak-anak bisa mengalami ketakutan, ketidakpastian, serta isolasi fisik dan sosial dan mungkin tidak akan bersekolah untuk waktu yang lama.

Memahami reaksi dan emosi Si Kecil sangat penting untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan benar, dan dalam mengetahui bagaimana tips mengatasi anak stres saat belajar di rumah.

1. Jelaskan Informasi Tentang Pandemi COVID-19

tips mengatasi anak stres saat belajar di rumah-1

Foto: Orami Photo Stock

Psikolog RS Pondok Indah - Bintaro Jaya Jane Cindy Linardi, M. Psi, Psi, CGA menjelaskan agar orang tua memberikan informasi terkait situasi pandemi virus corona yang sedang terjadi di seluruh dunia.

"Orang tua harus memberikan informasi kepada anaknya terkait apa yang sedang terjadi saat ini, yaitu adanya pandemi virus COVID-19 yang sedang berlangsung di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia," jelasnya.

Moms dapat memberikan ilustrasi video sederhana yang bisa dicari dan dilihat di berbagai media sosial yang memang dibuat khusus untuk menjelaskan virus COVID-19 pada anak.

"Dengan demikian, anak dapat menangkap pesan bahwa kondisi stay at home (termasuk learn from home) yang sedang mereka alami adalah suatu hal yang baik untuk mencegah penyebaran virus COVID-19," sambung Jane.

Baca Juga: Daftar Rujukan Rumah Sakit COVID-19 di Indonesia

2. Berikan Waktu Bersosialisasi dengan Teman-temannya

tips mengatasi anak stres saat belajar di rumah-2.jpg

Foto: techrepublic.com

Langkah ini juga menjadi tips dalam mengatasi anak stres saat belajar di rumah. Berikan anak kesempatan untuk melakukan video call dengan teman-teman sekolahnya, termasuk saudara-saudaranya.

"Hal ini agar Si Kecil tetap merasa terkoneksi dengan orang-orang terdekatnya," terang Jane.

Moms bisa mengajak orang tua dari murid di kelas Si Kecil untuk sama-sama mengadakan conference call. Buat momen di mana anak bisa kembali bercerita dengan teman-teman sekelasnya sehingga ia tidak merasa stres.

3. Ajak Si Kecil Melakukan Hobinya

tips mengatasi anak stres saat belajar di rumah-3

Foto: Orami Photo Stock

Sebagai orang tua, Moms dapat menyisihkan waktu di rumah untuk bersama-sama dengan anak melakukan hal yang ia sukai, seperti hobinya.

Kenalkan juga aktivitas-aktivitas baru yang menarik, yang mungkin biasanya jarang dilakukan bersama. Misalnya, berjemur bersama di pagi hari sambil mendengarkan lagu favorit.

Ada banyak aktivitas di dalam rumah yang bisa dilakukan Si Kecil dan keluarga di tengah pandemi ini, dan jadikan kegiatan ini sebagai tips mengatasi anak stres saat belajar di rumah.

Baca Juga: 3 Faktor Utama yang Memengaruhi Perilaku Balita, Wajib Tahu!

4. Jaga Perilaku Hidup Sehat

tips mengatasi anak stres saat belajar di rumah-4

Foto: Orami Photo Stock

Moms juga perlu mengingatkan tentang perilaku hidup sehat kepada Si Kecil sebagai cara untuk mengurangi paparan infeksi virus corona, sekaligus tips dalam mengatasi anak stres saat belajar di rumah.

"Aktivitas mencuci tangan bisa disertai dengan lagu mencuci tangan untuk anak-anak agar Si Kecil lebih menyukai aktivitasnya. Beri juga penjelasan kepada anak bahwa cuci tangan adalah tindakan bagus untuk mencegah penularan virus," jelas Jane.

Menurut jurnal American Society for Microbiology, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun lebih efektif membersihkan kotoran dibanding dengan setetes gel hand sanitizer yang belum digosokkan.

5. Buat Si Kecil Tetap Produktif

tips mengatasi anak stres saat belajar di rumah-5

Foto: Orami Photo Stock

Membuat anak tetap produktif menjadi tips terakhir dalam membantu anak agar tidak merasa stres saat belajar di rumah. Moms bisa turut ikut dalam membuat proyek kreatif bersama Si Kecil.

"Misalnya, membuat rumah-rumahan dari kardus bekas kemudian dapat dihias bersama-sama, atau membuat kemah-kemahan dari seprai bekas yang tidak terpakai," kata Jane memberikan contoh.

"Poin terpenting adalah sikap positif orang tua selama menjalani stay at home. Anak akan menangkap apa yang direfleksikan orang tuanya baik dari perilaku, ujaran, maupun reaksi terhadap pandemi COVID-19 yang sedang terjadi," tutup Jane.

Itu dia Moms, beberapa tips dalam mengatasi anak stres saat belajar di rumah atau learn from home. Semoga berguna.

Artikel Terkait