NEWBORN
12 Maret 2019

Kaki Bayi Dingin? Cek Kapan Saatnya Perlu Khawatir!

Pastikan Si Kecil mendapatkan kehangatan yang membuatnya nyaman
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Meski sudah mengenakan pakaian berlapis dan udara sedang panas, tapi kaki bayi tetap terasa dingin. Hal ini tidak jarang menimbulkan sedikit kekhawatiran, terutama bagi Moms dan Dads yang baru memiliki anak.

Kekhawatiran ini pun seringkali bertambah, karena kaki bayi dingin juga sering disertai dengan warna kaki bayi yang menjadi biru keunguan. Pernah mengalami hal seperti ini juga, Moms?

Yuk kenali penyebabnya dan saat kapan Moms bisa mulai khawatir jika kaki bayi dingin!

1. Kaki Bayi Dingin adalah Hal yang Normal

hal yang normal kaki bayi selalu dingin, apakah perlu dikhawatirkan

Foto: pixabay.com

Jika Moms sedang mengalami hal ini, tidak perlu segera mengatur jadwal untuk menanyakan penyebabnya pada dokter. Karena kaki bayi dingin sangat wajar dialami oleh bayi yang baru lahir.

“Kaki dan tangan bayi menjadi warna biru keunguan disebabkan oleh belum matangnya sistem sirkulasi bayi, sehingga membuat pergerakan darah menjadi terhambat,” ungkap dokter anak, Dr. Daniel Ganjian, M.D.

Tidak hanya membuat kaki bayi terlihat keunguan, belum matangnya sirkulasi bayi juga bisa membuat kaki bayi dingin.

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui Saat Memilih Sepatu Bayi

2. Periksa dengan Seksama

berikan kehangatan kaki bayi selalu dingin, apakah perlu dikhawatirkan.jpg

Foto: pixabay.com

Selain belum matangnya sistem sirkulasi, kaki bayi dingin dan warnanya yang menjadi biru keunguan juga bisa terjadi jika dipicu oleh hal lain dari luar.

Untuk itu, Moms perlu memeriksa bayi dengan seksama terutama di bagian kaki bayi. Antara lain:

- Adanya benda yang menghambat jalannya sirkulasi darah. Misalnya: perhiasan seperti gelang kaki atau tangan yang terlalu ketat.

- Rasa dingin atau warna biru keunguan yang juga terdapat di bagian lain tubuh bayi. Seperti bibir, wajah, lidah atau dada.

Jika kedua hal di atas tidak Moms temukan, maka kaki bayi dingin dan warnanya yang biru keunguan adalah hal yang wajar pada bayi baru lahir.

Hal ini juga tidak membahayakan Si Kecil, karena kaki bayi dingin akan hilang dengan sendirinya, seiring bertambahnya usianya.

Baca Juga: Haruskah Bayi Baru Lahir Selalu Dipakaikan Kaus Kaki?

3. Berikan Kehangatan Pada Si Kecil

periksa dengan seksama kaki bayi selalu dingin, apakah perlu dikhawatirkan.jpg

Foto: pixabay.com

Selama perut bayi terasa hangat, maka ia tidak merasa kedinginan meski kaki bayi dingin. Jadi jangan terlalu khawatir dengan kaki bayi dingin, apalagi sampai memberikannya pakaian berlapis hingga kaus kaki saat udara panas. Cukup berikan buah hati kehangatan agar membuatnya lebih nyaman, seperti:

- Memijat kaki hingga telapak kaki bayi untuk membantu melancarkan peredaran darahnya.

- Memilih pakaian bayi yang sesuai dengan cuaca saat ini.

- Mengatur suhu ruangan. “Pastikan ruangan bayi hangat saat siang dan sedikit lebih dingin saat malam,” ungkap penulis buku From First Kicks to First Steps, Alan Greene, M.D., seperti dikutip dari Parents.com

Jadi tidak perlu lagi khawatir apakah bayi merasa kedinginan atau tidak saat kakinya dingin. Cukup pastikan ia merasa nyaman dengan tips di atas dan tentunya dengan hangatnya pelukan dari Moms dan Dads.

(GS)

Artikel Terkait