NEWBORN
30 Juni 2020

Mata Bayi Belekan? Cek Cara Mengatasinya!

Berikut cara tepat menangani mata bayi belekan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Jedi Satu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Jangan panik Moms ketika mata bayi belekan! Hal ini adalah hal yang lumrah. Satu dari 20 bayi yang baru lahir mengalami belekan pada beberapa minggu pertama.

“Umumnya, orang tua bisa santai soal ini. Dan ini terjadi berbulan-bulan. Bahkan kadang membuat mata lengket dan sulit dibuka,” kata Dr. A. B. Naylor, seorang ahli mata di Eye Center, Arkansas Children's Hospital.

Oke, bolehlah kita santai ketika mata bayi belekan. Tapi, harus bagaimana?

Baca Juga: 3 Masalah Mata yang Umum Dialami Bayi

Penyebab Mata Bayi Belekan

Bayi-Menangis-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Belekan pada mata bayi terjadi karena saluran air matanya belum terbentuk sempurna. Jadilah air mata tidak dapat keluar sempurna. Seringkali, bayi menangis tanpa air mata. Kondisi ini tidak berbahaya selama tidak terjadi infeksi.

Ada beberapa mitos yang berkembang di kalangan Moms soal ini. Yang pertama, meneteskan ASI di mata bayi, dan satu lagi agak lucu dan jorok kedengarannya, yaitu menjilat mata bayi dengan ludah basi. Apa benar begitu?

Baca Juga: Bayi Tidur dengan Mata Terbuka, Berbahayakah?

“Keduanya mitos. Karena bisa membuat bayi makin bermasalah! Penggunaan air ludah, apalagi yang basi, dapat memicu infeksi pada mata bayi,” lanjut Dr Naylor.

Untuk cara pertama, sebenarnya tidak salah 100 persen, hanya tidak tepat guna saja.

Dr William Sears, ahli mata di Amerika mengatakan, beberapa pasiennya menggunakan ASI sebagai penyembuhan alami. Namun ASI bukan diteteskan pada mata bayi belekan, melainkan dioleskan di ujung mata dekat hidung.

Cara Cepat Mengatasi Mata Bayi Belekan

Kenapa Bayi Sering Mengucek Mata? 5

Foto: Orami Photo Stocks

1. Beri Pijatan

Cara mengatasi bayi belekan yang pertama adalah dengan memberi pijatan lembut di antara mata dan hidung si bayi. Cara ini adalah yang terbaik untuk mengatasinya.

2. Bersihkan Belek

Lalu selanjutnya, gunakan kapas basah untuk membersihkan belek dari mata bayi. Cara membersihkannya adalah dari arah dalam ke luar.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Mata Belekan Pada Anak!

3. Pergi ke Dokter

Pada umumnya masalah belekan akan hilang ketika saluran air mata telah terbentuk sempurna, yaitu beberapa minggu kemudian. Bila masalah tersebut tetap terjadi hingga bayi berusia 8 bulan, bawalah ke dokter untuk mendapatkan bantuan medis.

Nah itu dia Moms, penyebab dan bagaimana caranya mengatasi mata bayi belekan. Mudah dan tidak sulit, dicoba ya Moms!

Artikel Terkait