BAYI
2 Juli 2020

5 Tips Mengatasi Separation Anxiety untuk Working Moms, Yuk Coba!

Apa sih Separation Anxiety pada bayi dan gimana cara mengatasinya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Begita
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Cuti melahirkan yang bentar lagi habis tentu jadi momen galau buat para working Moms. Kebersamaan sehari semalam antara Moms dan si bayi akan terganti dengan jadwal baru.

Enggak jarang juga lho ada bayi yang mengalami separation anxiety atau rasa cemas berlebihan saat berpisah. Apa sih itu dan bagaimana cara mengatasi separation anxiety pada ibu yang bekerja?

Mengutip presentasi di Konferensi tentang Bayi dan Balita OSSE 2016 di Washington DC, kecemasan pemisahan adalah hal yang wajar pada bayi terutama ketika menginjak usia 8 sampai 14 bulan.

Di fase ini, anak cenderung takut atau tidak nyaman untuk menempel dengan orang baru.

Sebetulnya, tidak jarang kecemasan berpisah lebih berdampak pada Moms karena bayi bisa beradaptasi cukup baik dengan pengasuh lainnya.

Paparan ini menyebut, selama kebutuhan bayi terpenuhi, sebagian besar bayi di bawah 6 bulan bisa menyesuaikan diri dengan mudah untuk orang lain.

Di sekitar usia ini pula bayi mulai mengembangkan indera objek permanen dan memahami bahwa benda dan manusia ada bahkan ketika mereka tidak terlihat. Di fase ini, bayi mulai mencoba mendapat perhatian orang dewasa dengan menjatuhkan benda dan mengharapkan orang dewasa mengambilnya.

Baca Juga: Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Separation Anxiety pada Anak, Catat!

Tapi pada beberapa bayi, mereka menyadari bahwa hanya ada ibu atau ayah di rumah dan ketika mereka tidak dapat melihat Moms dan Dads-nya, bayi beranggapan orang tua sedang pergi jauh.

Sebagian besar bayi di fase ini juga belum memahami konsep waktu sehingga mereka tidak tahu apakah orang tua sedang di dapur, di kamar tidur, atau kantor.

Begitu bayi menyadari bahwa Moms benar-benar pergi itu akan membuatnya cemas. Tantangan pada usia 15 atau 18 bulan bisa juga membuat separation anxiety pada bayi menjadi lebih berasa seiring perkembangan anak yang mulai sadar akan perpisahan.

Apalagi kalau bayi sedang tidak enak badan.

Tips Mengatasi Separation Anxiety untuk Working Moms

mengenal separation anxiety dan tanda tandanya pada bayi hero

Foto: Orami Photo Stock

Mengatasi separation anxiety pada bayi dengan ibu bekerja mungkin sedikit agak sulit. Jam kerja yang cukup panjang hingga drama saat Moms hendak berangkat seringkali menyisakan perasaan serba salah.

Tapi ini adalah hal yang wajar lho Moms dan menunjukkan keterikatan yang baik antara Moms dengan bayinya. Beberapa cara ini mungkin membantu. Yuk simak!

1. Biasakan Lakukan Perpisahan yang Singkat

Keuntungan Sering Mengajak Bayi Bermain di Luar, Moms Perlu Tahu!.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Memberi ritual perpisahan yang lama sangat mungkin membuat kecemasan pada anak semakin meningkat. Jadi, sebaiknya beri perpisahan yang singkat aja ya Moms. Bisa dengan kecup pipi bayi kanan kiri atau memberi mainan khusus saat Anda pergi.

2. Konsisten

01 IBU DAN BAYI SEHAT - sumber reporterheraldcom (1).jpg

Foto: Orami Photo Stock

Buat ritual perpisahan ini konsisten. Yakni ritual yang sama pada waktu yang sama setiap hari Moms berpisah dengan bayi. Sebuah rutinitas dapat mengurangi rewel pada anak dan sedikit demi sedikit membangun kepercayaan pada kemandiriannya dan pada Moms lho.

Baca Juga: Atasi Separation Anxiety Balita, Lakukan Ini sebelum Anak Masuk Sekolah

3. Jangan Lupa Perhatian

pengaruh sentuhan penuh kasih sayang bagi perkembangan balita 5

Foto: Orami Photo Stock

Meski ritualnya singkat, saat berpisah, tetap beri anak perhatian penuh ya. Dengan cara yang penuh kasih sayang kemudian ucapkan selamat tinggal dengan cepat terlepas dari kejenakaan atau tangisannya yang meminta Anda untuk berlama-lama.

4. Jangan Sampai Ingkar Janji

Bekerja Shift Saat Hamil 3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Perpisahan bayi dengan ibu bekerja akan membangun kepercayaan dan kemandirian bagi si bayi. Tapi Moms juga harus berpegang teguh pada janji untuk kembali.

Biasakan juga membuat janji dengan bahasa anak. Misalnya jika Moms akan pulang di jam 15.00, maka bilang ke anak Anda kalau nanti akan pulang di jam makan camilan. Jika harus menginap bilang pada anak bahwa Moms akan pulang setelah anak bangun tidur.

5. Berlatih berpisah

Ini Lho Manfaat Mengajarkan Bayi Berenang -3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Enggak ada salahnya juga melatih anak berpisah sejak dini. Seperti mengirim anak ke rumah nenek, menjadwalkan teman bermain, atau mengizinkan teman dan keluarga untuk memberikan penitipan anak untuk Anda pada akhir pekan.

Beri anak kesempatan untuk bersiap, mengalami, dan berkembang dalam ketidakhadiran Anda.

Baca Juga: Mengenal Separation Anxiety dan Tanda-tandanya Pada Bayi

Nah, itulah beberapa tips mengatasi separation anxiety untuk working Moms. Prosesnya tentu enggak mudah ya Moms, tapi sedikit demi sedikit pasti bisa kok! Semangat Moms!

Artikel Terkait