TREN
16 Juni 2019

Jangan sampai Tertukar, Ini Berbagai Varian Pempek yang Perlu Moms Tahu!

Ada pempek yang digoreng, direbus, dan dipanggang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pempek adalah kuliner khas Indonesia yang berasal dari Palembang. Pempek adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan dan tepung.

Jenis makanan ini bisa disantap sebagai camilan, makanan pendamping saat ada acara, ataupun makanan berat yang mengenyangkan.

Pempek yang lembut bercampur dengan saosnya yang manis dan sedikit pedas, akan menciptakan cita rasa yang selalu dirindukan siapa saja.

Jika Moms hanya mengenal varian pempek lenjer dan kapal selam, selain itu ternyata masih banyak lagi lho Moms. Kira-kira apa lagi ya varian pempek yang ada? Yuk kita cari tahu Moms!

Baca Juga: Selain Pempek, Ini 7 Kuliner Khas Palembang yang Harus Dicoba

1. Pempek Adaan

jenis pempek

Varian pempek yang pertama adalah adaan. Pempek adaan juga biasanya banyak penggemarnya. Pempek ini berbentuk bulat seperti bakso ikan. Bedanya, pempek adaan teksturnya tidak selembut bakso ikan. Teksturnya sedikit kasar dan kenyal, tapi rasanya tetap enak.

Oiya, jenis pempek ini ukurannya juga lebih besar dari pempek lainnya. Langsung cobain ya kalau belum pernah mencoba.

2. Pempek Pistel

WhatsApp-Image-2019-04-01-at-12.33.34.jpeg

Foto: Kicaupalembang.com

Varian pempek selanjutnya adalah pempek pistel. Bahan dasar pempek pistel sama dengan bahan adonan lenjer. Bentuknya seperti pastel lengkap dengan penutup di bagian atasnya. Makanya jangan heran, jika pempek ini juga dikenal dengan sebutan pempek pistel.

Jenis pempek ini juga ada 2 jenis lho, yakni yang memiliki isi dan tidak berisi. Pempek pistel berisi, biasa diisi dengan telur.

Di Palembang, jenis pempek ini dikenal juga dengan nama pempek kates, karena berisi parutan pepaya muda.

3. Pempek Keriting atau Pempek Kerupuk

jenis pempek

Varian pempek selanjutnya adalahpempek keriting. Pempek ini bentuknya memang lainya daripada yang lain, yaitu berbentuk keriting seperti kerupuk putih yang biasa kita makan.

Jenis pempek ini dibuat dengan alat khusus yang dikenal dengan nama pirikan, atau bisa juga dengan menggunakan penggiling daging.

Baca Juga: Penggila Pempek? Ini Resep Pempek Asli Palembang

4. Pempek Kulit

jenis pempek

Varian pempek selanjutnya adalah pempek kulit. Jenis pempek ini terbuat dari bahan utama kulit ikan. Bisa dikatakan, adonan kulit ini hanya dikhususkan untuk membuat pempek kulit saja.

Sama dengan adaan, pempek ini tidak melalui proses perebusan terlebih dahulu. Adonan kulit yang telah jadi dibentuk bundar dan pipih biasa, lalu langsung dimasukkan ke dalam penggorengan dengan minyak panas.

5. Pempek Tahu

Resep Pempek Tahu.jpg

Foto: Reseptina.com

Varian pempek selanjutnya adalah pempek tahu. Adonan untuk jenis pempek ini terbuat dari adonan pempek adaan. Tahu yang dipakai biasanya adalah tahu lembut seperti tahu sutra. Kelezatan pempek dan tahu dalam satu gigitan, harus Moms coba.

6. Pempek Panggang

jenis pempek

Varian pempek selanjutnya adalah pempek panggang. Sesuai namanya, pempek ini tidak direbus ataupun digoreng, melainkan dipanggang. Adonan yang digunakan sama dengan adonan pempek lenjer. Adonan dibentuk bulat pipih, kemudian dipanggang di atas bara arang seperti barbeque dengan waktu 15-20 menit.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat yang Bantu Lawan Infeksi Virus

7. Pempek Lenggang

jenis pempek

Varian pempek selanjutnya adalah pempek lenggang. Proses pembuatan pempek lenggang juga dengan dipanggang. Namun ada juga yang menyajikannya dengan digoreng.

Bila digoreng, proses pembuatannya sama seperti membuat telur dadar. Jika sudah matang, Moms bisa menikmatinya dengan saus cukanya.

Nah Moms, sekarang sudah tahukan ternyata aja banyak varian pempek. Sudah pernah coba semuanya? Atau mungkin tertarik mencoba?

Artikel Terkait