PASCA MELAHIRKAN
14 November 2019

5 Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Akibat Pil KB

Flek hitam akan muncul karena terjadi perubahan hormon
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Pil KB atau kontrasepsi baik untuk banyak hal, seperti membersihkan jerawat dan minyak berlebih, mengurangi menstruasi yang berat dan gejala PMS, dan mencegah kehamilan tentunya.

Tapi tentu ada efek samping yang dihasilkan. Pil KB yang menjaga kulit Moms bersih dan bebas jerawat ini bisa menyebabkan masalah kulit berbeda, namun sama-sama mengganggu, yaitu flek hitam.

“Flek hitam pada kulit karena pil KB bisa menyebabkan melasma, karena terkait dengan paparan sinar matahari atau perubahan hormon," kata Luu Ireland, spesialis keluarga berencana, yang juga anggota The American College of Obstetricians and Gynecologistsi, dan asisten profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Massachusetts.

Flek hitam ini dapat dipicu oleh perubahan kadar hormon. Keadaan ini akan mulai selama kehamilan karena tingginya kadar estrogen dan progesteron, dua hormon yang merangsang melanosit untuk menghasilkan lebih banyak melanin.

Sementara kadar estrogen dan progesteron jauh lebih rendah pada wanita yang menggunakan kontrasepsi hormonal (dibandingkan dengan wanita hamil), mereka lebih berisiko tinggi mengembangkan flek hitam saat menggunakan pil KB.
Baca Juga: Flek Hitam Muncul Saat Hamil, Ini Cara Mengatasinya

Menghilangkan Flek Hitam Akibat Pil KB

Lalu bagaimana cara alami menghilangkan flek hitam akibat pil KB ini?

1. Jangan Berhenti Mengonsumsi Pil KB

cara alami menghilangkan flek hitam

Meski ingin mencoa cara alami menghilangkan flek hitam, jangan menghentikan pil kontrasepsi ini, jika hal ini sudah menjadi pilihan gaya hidup kita.

"Wanita dapat mempertimbangkan untuk beralih ke metode kontrasepsi non-hormonal, seperti Paragard IUD (metode kontrasepsi yang diletakkan di dalam rahim). Wanita tidak boleh sama sekali mengabaikan kontrasepsi karena kehamilan akan menyebabkan flek hitam yang jauh lebih terlihat daripada pil kontrasepsi," kata Luu Ireland.

Baca Juga: 5 Alat Kontrasepsi untuk Pria, Termasuk Pil dan Suntik KB

2. Gunakan Sunscreen

cara alami menghilangkan flek hitam

Kedua, lindungi diri dari sinar matahari. Luu Irlandia mengatakan bahwa paparan sinar matahari memainkan peran yang sama besar atau lebih besar dalam hiperpigmentasi kulit dibandingkan hormon.

"Cara alami menghilangkan flek hitam, hindari paparan sinar matahari, misalnya dengan pakai topi bertepi besar, dan gunakan tabir surya berbahan mineral setiap saat,” jelas Luu Ireland.

American Academy of Dermatology juga menyebutkan bahwa sunscreen sangat penting. Kita perlu menggunakannya setiap hari, bahkan saat hujan sekalipun, tabir surya dapat mencegah penggelapan lebih lanjut.

Menurutnya tabir surya berbasis mineral mengandung seng atau titanium oksida dan lebih baik melindungi kulit dari perubahan pigmen terkait dengan sinar ultraviolet.

Baca Juga: 4 Bahan Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

3. Gunakan Cuka Apel

cara alami menghilangkan flek hitam

Apa yang tidak bisa dilakukan cuka apel? Bahan satu ini bermanfaat untuk melembutkan rambut, membantu mengontrol produksi minyak dan jerawat, serta telah terbukti bisa dijadikan sebagi cara alami untuk menghilangkan flek hitam.

Cuka apel bekerja karena mempercepat proses penumpahan dan pertumbuhan kembali kulit, yang tentu saja berarti kulit segar yang tidak berubah warna dibawa ke permukaan lebih cepat.

Rendam kapas dalam cuka, dan aplikasikan ke flek hitam di wajah beberapa kali seminggu selama beberapa menit, lalu dibilas dengan air.

4. Hilangkan Flek Hitam dengan Lemon

cara alami menghilangkan flek hitam

Lemon merupakan bahan alami untuk mencerahkan wajah, itulah mengapa buah satu ini banyak digunakan dalam produk pencerah wajah.

“Jus lemon mengandung asam sitrat dan bahan kimia yang dikenal sebagai psoralen. Keduanya dikenal mengiritasi kulit,” kata John Diaz, dokter kulit.

Oleh karena itu untuk mencegah iritasi, buat campuran lemon-dan-air, lalu aplikasikan ke wajah Moms sebelum tidur. Untuk perawatan DIY ini, gabungkan lemon dan air dengan jumlah yang sama banyaknya.

Baca Juga: 4 Manfaat Lemon Untuk Kecantikan

5. Maker Wajah dari Pepaya

cara alami menghilangkan flek hitam

Pepaya tidak hanya enak, namun juga memiliki kandungan sejumlah besar asam alfa hidroksi yang terjadi secara alami.

Jenis asam ini biasa ditemukan dalam pengelupasan kimia yang secara lembut mengelupas dan mencerahkan kulit. Moms bisa jadikan buah satu ini sebagai masker wajah ya.

Itu dia Moms beberapa cara alami untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Pastikan Moms mencobanya ya.

Artikel Terkait