RUPA-RUPA
5 Juli 2019

6 Mitos di Era 90-an, Mana yang Pernah Moms Percaya?

Kisah Mister Gepeng membuat banyak anak SD tak mau ke kamar mandi sendirian!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Keberadaan mitos nampaknya tidak mengenal zaman ya Moms. Jika masih ingat, di era 90-an dulu ada mitos yang terkenal dan dipercaya tak hanya para orang tua, juga anak-anak.

Beberapa mitos ini mungkin pernah Moms ketahui semasa sekolah, yang sampai sekarang tidak terbukti kebenarannya.

Berikut ini daftar mitos di era 90-an. Ada mitos yang masih Moms ingat sampai sekarang?

Baca Juga: Yuk Nostalgia 7 Primadona Jajanan Depan SD Ini, Moms!

1. Pulpen Narkoba

mitos 90an-pulpen narkoba.jpg

Narkoba menjadi hal yang meresahkan banyak orang, baik itu orang tua maupun anak-anak. Nah, mitos di era 90-an yang pertama adalah pulpen narkoba.

Di zaman dahulu, banyak pulpen dan penghapus yang dijual memiliki aroma manis dan menarik, sehingga banyak yang menyangka bila alat tulis tersebut mengandung narkoba yang membuat ketagihan anak-anak.

2. Mister Gepeng

mitos 90an-mr gepeng.jpg

Moms yang saat duduk di bangku SD pada tahun 90-an pasti pernah mendengar kisah tentang Mr. Gepeng. Meninggalnya Mr. Gepeng sendiri punya banyak versi.

Ada yang menceritakan jika Mr. Gepeng adalah seorang pria yang meninggal karena tergencet lift hingga tubuhnya menjadi gepeng.

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa penyebab kematian Mr. Gepeng adalah gara-gara tubuhnya terlindas buldozer hingga gepeng.

Anak-anak di tahun 90-an percaya bila Mr. Gepeng akan muncul jika mereka mengetuk pintu kamar mandi sebanyak tiga kali. Karena ini, banyak anak SD yang tidak berani ke kamar mandi sendirian.

Baca Juga: 9 Permen Jajanan SD yang Bikin Kangen, Mana yang Paling Kamu Suka?

3. Pensil Sependek Ibu Jari

blue-college-drawing-412903.jpg

Tidak tahu berawal dari mana, tetapi ada mitos di era 90-an yang tersebar bahwa jika seseorang berhasil memakai pensil hingga seukuran ibu jari, ibu anak tersebut akan meninggal.

Hal ini yang kemudian membuat banyak anak SD lebih memilih menggunakan pensil baru ketimbang memakai pensil hingga habis.

4. Menahan Buang Air Besar dengan Batu

mitos 90an-pegang batu.jpg

Ada saat-saat di mana Moms dulu merasa ingin segera buang air besar, tetapi sedang berada di kondisi yang sulit, atau merasa tidak berani.

Banyak yang mengatakan, cara untuk menahan buang air besar yaitu dengan menggenggam batu, atau memasukkannya ke saku celana.

Cara ini pun diikuti oleh banyak anak-anak tahun 90-an. Ada yang berhasil, tapi ada juga yang gagal. Nampaknya, yang berhasil menahan ini hanya sekadar sugesti saja ya, Moms.

Baca Juga: 7 Serial Drama Korea Jadul yang Pasti Bikin Kangen Untuk Nonton Lagi

5. Bulu Mata Jatuh

eye-195684_1280.jpg

Selalu ada saja mitos di era 90-an, termasuk mitos tentang bulu mata yang jatuh. Konon, bila ada bulu mata jatuh dari mata sebelah kanan menandakan ada seseorang yang rindu.

Sebaliknya, jika ada bulu mata jatuh di sebelah kiri, menandakan ada seseorang yang sedang membenci Moms.

6. Sekolah yang Didirikan di Atas Kuburan

mitos 90an-sekolah di atas kuburan.jpg

Untuk bisa membangun sekolah, memang diperlukan lahan yang luas agar bisa didirikan fasilitas yang menunjang kebutuhan sekolah tersebut.

Tetapi, nampaknya selalu ada gosip atau mitos dari mulut ke mulut bahwa sekolah yang ditempati anak-anak SD tahun 90-an sebenarnya dulu berasal dari kuburan yang digusur.

Dari sini, kemudian mulai muncul kisah-kisah misteri yang tak jarang membuat banyak anak SD takut mendatangi tempat-tempat sepi.

Itu dia Moms, 6 mitos di era 90-an yang paling dikenal. Mitos mana yang paling Moms percaya dulu?

Artikel Terkait