KESEHATAN
25 September 2019

Benarkah Cuka Apel Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan? Ini Mitos dan Faktanya!

Cari tahu manfaat nyata dari cuka apel yuk, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Moms, pasti sering mendengar kalau cuka apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari merawat kesehatan tubuh bagian dalam, hingga mencerahkan kulit.

Namun, apakah benar cuka apel punya manfaat yang sangat baik untuk kesehatan? Apakah tidak ada efek sampingnya? Simak informasi berikut ini untuk mengetahui lebih lengkapnya, Moms!

Apa Itu Cuka Apel?

Cuka apel merupakan jenis cuka yang terbuat dari sari apel. dan ragi yang kemudian difermentasi menjadi asam asetat oleh bakteri tambahan. Cuka sari apel juga mengandung air, vitamin, mineral, dan sejumlah asam lainnya Aneka kandungan tersebut membuat cuka apel punya berbagai manfaat untui tubuh.

Manfaat Cuka Apel

Membunuh Jamur Dan Ragi

Mitos Atau Fakta Kalau Cuka Apel Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Foto: Reader's Digest

Banyak orang yang menyebutkan kalau cuka apel ampuh dijadikan obat untuk mengobati beberapa jenis infeksi jamur. Hal tersebut diperkuat dengan studi di tahun 2014 yang dikeluarkan oleh Prosthodontics, Implant, Esthethic, and Reconstructive Dentistry, yang menemukan bahwa merendam gigi palsu dengan cuka apel bisa mencegah timbulnya jamur pada gigi tersebut.

Selain itu, selain menghalang jamur, cuka apel juga memengaruhi permukaan dan tidak mengubah warna gigi. Hal tersebut menunjukkan kalau cuka apel memang aman dan efektif untuk mencegah infeksi jamur.

Baca Juga : Kenali 5 Manfaat Cuka Apel untuk Anak Yuk, Moms!

Menurunkan Berat Badan

Mitos Atau Fakta Kalau Cuka Apel Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Foto: Vibeler

Bagi para Moms, pasti sudah sering mendengar kalau cuka apel dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut Debbie Davis, RD seorang ahli gizi dan pakar diet, cuka apel memang benar mampu membantu proses penurunan berat badan.

Dalam penelitian yang dilakukan, terbukti kalau mengonsumsi 2 sendok makan cuka sebelum makan setiap harinya berhasil menurunkan berat badan. Namun, tidak dalam angka yang banyak. Sebab, tetap dibutuhkan pola makan yang sehat dan juga olahraga yang cukup.

Baca Juga : Cara Membuat DIY Cuka Apel untuk Membasuh Rambut

Menjaga Kadar Gula Dalam Darah

Mitos Atau Fakta Kalau Cuka Apel Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Foto: The Heart Foundation

Selain terkenal karena khasiatnya yang membantu menurunkan berat badan. Ccuka apel juga bafus untuk penderita diabetes. Penderita diabetes diharuskan menjaga kadar gula dalam darah. Cuka apel membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menjaga gula darah tetap stabil.

Hal itu karena cuka apel yang dikonsumsi dapat memperlambat proses pelepasan gula dari makanan ke dalam darah. Ini sangat membantu mencegah tubuh mengalami penlonjakan kadar gula darah secara mendadak setelah setelah mengonsumsi makanan yang mengandung gula.

Baca Juga : 5 Manfaat Cuka Apel untuk Rambut Keriting

Meski memiliki banyak manfaat, bila tidak dikonsumsi secara tepat rupanya cuka apel juga memiliki efek negatif, seperti di bawah ini.

Mengganggu Masalah Pencernaan

Mitos Atau Fakta Kalau Cuka Apel Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Foto: Medical News Today

Cuka apel memang ampuh mengontrol lonjakan gula dara pada tubuh. Namun, kalau dosis yang dikonsumsi terlalu banyak dapat membuat makanan lebih lama dicerna sehingga membuat saluran pencernaan terhambat.

Selain itu tingkat keasamannya bisa memperparah kondisi orang yang menderita sakit maag. Hindari mengonsumsi cuka apel jika Moms atau Dads menderita penyakit tersebut. Jangan dipaksakan, ya!

Merusak Gigi

Mitos Atau Fakta Kalau Cuka Apel Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Foto: Medical News Today

Makanan atau minuman yang mengandung asam berlebih memang dapat merusak enamel gigi. Bila konsumsi cuka apel secara berlebihan bisa membuat gigi berlubang. Jadi, sebaiknya konsumsi secukupnya dan tidak lama jangka waktu panjang.

(NA/KM)

Artikel Terkait