GAYA HIDUP
16 Mei 2019

Moms, Cara Ini Bisa Membantu Redakan Stres

Ruang terbuka menjadi salah satu tempat untuk redakan stres
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla

Banyak hal yang bisa menjadi cara kita untuk meredakan stres.

Namun, ada satu hal yang gampang banget bisa Moms lakukan jika sedang merasa pusing, bingung, dan gelisah akibat stres.

Mau tahu caranya?

Luangkan 20 Menit di Tempat Terbuka

shutterstock_289358327.jpg

Foto: Shutterstock

Moms cukup pergi ruang terbuka hijau atau taman dan duduklah di sana selama 20 menit.

Ya, cukup duduk selama 20 menit di taman niscaya stres yang Moms rasakan bakal hilang dengan cepat.

Menurut para ilmuwan, dengan duduk minimal selama 20 menit di alam terbuka, kandungan hormon stres di dalam tubuh akan turun dengan sendirinya.

Mengutip dari Newsweek, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Psychology, bersentuhan dengan alam adalah cara paling mudah untuk menurunkan kadar stres yang ada di dalam tubuh manusia.

Baca Juga : Stres dan Trauma Berkelanjutan? Atasi dengan Metode TRE!

Dalam riset tersebut, para peneliti mengambil 36 orang yang tinggal di kota dan meminta mereka untuk duduk, menghabiskan waktu di ruang terbuka selama tiga kali seminggu.

Batas waktu yang diberikan setidaknya selama 10 menit dalam sekali kunjungan ke ruang terbuka tersebut.

Mereka pun diminta melakukan hal tersebut sebanyak 8 minggu.

Artinya, mereka mempunyai 24 kali kesempatan dan 240 menit untuk dapat merenung, santai, dan rileks di taman atau alam terbuka.

Selama empat kali dalam waktu penelitian, ke-36 orang tersebut diminta untuk memberikan sampel air liur mereka sebelum dan sesudah berkunjung ke taman atau tempat terbuka lainnya.

Hindari Kegiatan yang Membuat Stres

shutterstock_1204947595.jpg

Foto: Shutterstock

Selain itu, para subjek penelitian juga diminta untuk tidak mengikuti kegiatan yang dapat membuat mereka stres.

Hal itu termasuk pergi keluar pada malam hari, berolahraga, menggunakan telepon, bercakap-cakap, atau bahkan membaca.

Lantas bagaimana hasilnya?

Setelah dilakukan penelitian, tingkat kortisol di dalam air liur para peserta riset turun menjadi rata-rata 21,3% per jam setelah menjalani waktu di taman atau alam terbuka.

Selain itu, penurunan sebanyak 28% per jam dalam enzim alfa-amilase juga turut dicatat pada peserta yang paling tidak aktif dan duduk atau duduk dan sedikit berjalan.

Hasil tersebut kemudian membuat upaya penghilangan stres melalui interaksi dengan alam sudah dipromosikan oleh beberapa organisasi seperti Mood Walks di Kanada dan Holy Nature di Amerika Serikat.

Bahkan American Hearts Association, juga telah merekomendasikan untuk bepergian ke luar rumah dalam rangka menghilangkan stres dan rasa cemas berlebih.

Baca Juga : Stres Bisa Bikin Susah Hamil?

Adanya hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi cara utama bagi masyarakat untuk menghilangkan stres.

Para peneliti juga berharap agar berinteraksi dengan alam bisa menjadi pil alami yang secara akurat bisa menjadi tindakan pencegahan dan pengobatan untuk masalah yang menyerang kesehatan mental seseorang.

Namun demikian, Mary Carol Hunter selaku penulis utama riset tersebut sekaligus profesor di Universitas Michigan, AS menyatakan masih belum ditemukan formula yang jelas tentang berapa lama atau seberapa sering orang harus menghabiskan waktu di alam terbuka untuk bisa benar-benar menghilangkan stresnya.

Yang jelas, kata Carol, dari hasil risetnya untuk menurunkan kadar kortisol secara efisien, seseorang harus menghabiskan 20 hingga 30 menit untuk duduk atau sekadar berjalan di tempat terbuka.

Nah, mulai sekarang sempatkan diri yuk Moms untuk berada di ruang terbuka selama 20-30 menit agar stres bisa cepat hilang.

(TETI)

Artikel Terkait