NEWBORN
4 September 2020

11+ Ide Nama Bayi Perempuan Islami dari Istri Nabi Muhammad SAW

Ada nama yang menarik perhatian Moms?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ada banyak ide nama untuk bayi perempuan, tidak hanya inspirasi yang didapat dari budaya atau bahasa asing, tetapi juga dari tokoh-tokoh inspiratif seperti istri-istri Nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad SAW, sebagai Rasul tentunya adalah sosok panutan bagi umat Muslim di seluruh dunia. Wajar jika Moms ingin memilih inspirasi nama bayi perempuan Islam dari tokoh perempuan yang hidup bersama Nabi Muhammad SAW.

Nama Bayi Perempuan Islami

nama bayi perempuan Islam

Foto: Orami Photo Stock

Berikut ini beberapa inpsirasi nama bayi perempuan Islami yang diambil dari nama para istri Nabi Muhammad SAW, beserta dengan makna dan juga sejarah singkat tentang sosok mereka.

Baca Juga: 10 Nama Cantik dan Tak Pasaran Berawalan R Untuk Bayi Perempuan

1. Khadijah

Nama bayi perempuan Islami dari istri Rasulullah SAW yg pertama adalah Khadijah. Nama lengkapnya adalah Khadijah bintu Khuwailid bin Asad al-Quraisyiyyah, yang merupakan istri pertama Nabi Muhammad SAW. Khadijah memiliki arti "dapat dipercaya".

Keduanya menikah ketika Khadijah berusia 40 tahun, dan Nabi Muhammad SAW berusia 25 tahun. Pernikahan mereka terjadi sebelum Nabi diangkat menjadi Rasul.

Khadijah sebelumnya sudah menikah 2 kali sebelum menikah dengan Nabi Muhammad SAW. Suami pertama Khadijah adalah Aby Haleh Al Tamimy dan suami keduanya adalah Oteaq Almakzomy, keduanya sudah meninggal sehingga menyebabkan Khadijah menjadi janda.

Lima belas tahun setelah menikah dengan Khadijah, Nabi Muhammad SAW pun diangkat menjadi Nabi, yaitu pada umur 40 tahun. Khadijah meninggal pada tahun 621 A.D, di mana tahun itu bertepatan dengan Mi’raj nya Nabi Muhammad SAW ke Surga.

Nabi SAW sangatlah mencintai Khadijah. Sehingga hanya setelah sepeninggalnya Khadijah lah Nabi SAW baru mau menikahi wanita lain.

2. Saudah

Nama bayi perempuan Islami yang terinspirasi dari istri Nabi Muhammad SAW selanjutnya adalah Saudah, dengan nama lengkap Saudah bintu Zam’ah bin Qais. Saudah memiliki arti "harta melimpah".

Saudah menikah dengan Nabi Muhammad SAW beberapa saat setelah Khadijah wafat. Sama seperti Khadijah, Saudah pun merupakan janda. Suami pertamanya adalah Al Sakran Ibn Omro Ibn Abed Shamz, yang meninggal beberapa hari setelah kembali dari Ethiopia.

Saudah sudah 65 tahun, tua, miskin dan tidak ada yang mengurusinya. Ini menjadi alasan kenapa Nabi Muhammad SAW menikahinya.

3. Aisyah

Nama bayi perempuan Islami dari istri Rasulullah SAW lainnya adalah Aisyah. Aisyah merupakan putri dari Abu Bakar al-Shiddiq. Dirinya dinikahkan oleh ayahnya sendiri dengan Nabi Muhammad SAW saat usianya berumur 6 tahun. Aisyah memiliki arti "gadis cantik".

Mahar yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW kepada Aisyah yaitu sebanyak 400 dirham. Orang-orang di Makkah tidaklah keberatan dengan pernikahan Aisyah, karena walaupun masih muda, tapi sudah cukup dewasa untuk mengerti tentang tanggung jawab di dalam sebuah pernikahan.

Nabi Muhammad SAW bertunangan dulu selama 2 tahun dengan Aisyah sebelum kemudian menikahinya.

4. Hafshah

Hafshah bisa menjadi inspirasi nama bayi perempuan Islami yang indah untuk Si Kecil ya, Moms. Nama Hafshah dalam bahasa Arab berarti "adil".

Hafshah adalah putri dari sahabat Nabi, yaitu ‘Umar bin al-Khattab. Sebelum menikah dengan Nabi Muhammad SAW, Hafshah pernah menikah dengan Khunais bin Khudzafah al-Sahmi.

Pada mulanya, Umar meminta Usman mengawini anaknya, Hafshah. Tapi Usman menolak karena istrinya baru saja meninggal dan dia belum mau menikah lagi. Umar pun pergi menemui Abu Bakar yang juga menolak untuk mengawini Hafshah.

Akhirnya Umar pun mengadu kepada Rasulullah SAW bahwa Usman dan Abu Bakar tidak mau menikahi anaknya. Nabi Muhammad SAW pun berkata pada Umar bahwa anaknya akan menikah demikian juga Usman akan menikah lagi.

Akhirnya, Usman menikahi putri Nabi Muhammad SAW yiatu Umi Kaltsum dan Hafshah sendiri menikah dengan Nabi Muhammad SAW. Hal ini membuat Usman dan Umar gembira.

Baca Juga: 49 Nama Bayi Perempuan Bernuansa Islami yang Indah dan Tidak Pasaran

5. Zainab

Zainab memiliki nama asli Zainab binti Khuzaimah. Sebagai inspirasi nama bayi perempuan Islami, nama Zainab memiliki arti "baik".

Menikahnya Zainab dengan Rasulullah berawal pada saat perang Uhud, suami Zainab yang bernama ‘Abdullah bin Jahys gugur di medan perang, dan ia menjanda.

Nabi Muhammad SAW pun melamar Zainab melalui utusannya, dan mereka menikah pada bulan Ramadan tahun ke-3 atau ke-4 Hijriyah.

Selain Zainab binti Khuzaimah, Rasulullah juga punya istri lain bernama Zainab, yakni Zainab binti Jahsy bin Rabab.

Dia adalah putri bibi Nabi Muhammad SAW, Umamah binti Abdul Muthalib. Pada awalnya Nabi Muhammad SAW sudah mengatur agar Zainab menikah dengan Zayed Ibn Hereathah Al Kalby.

Tapi pernikahan ini kandas dan Nabi menerima wahyu bahwa jika mereka bercerai Nabi Muhammad SAW harus menikahi Zainab seperti tertulis pada Surah 33:37.

6. Ummu Salamah

Nama bayi perempuan Islami dari istri Rasulullah SAW lainnya adalah Ummu Salamah. Ummu Salamah memiliki nama asli Ummu Salamah Bintu Abi Umayyah bin al-Mughirah al-Makhzumiyyah. Tetapi, Ummu lebih dikenal dengan nama Hindun.

Nabi Muhammad SAW menikahinya setelah suaminya meninggal pada tahun ke-4 Hijriyah. Ummu Salamah terdiri dari dua kata yaitu Ummu yang berarti "ibu" dan Salamah yang artinya "dapat diandalkan".

Saat dinikahi Rasulullah SAW, Ummu Salamah juga merupakan seorang janda. Suaminya, Abud Allah Abud Al Assad Ibn Al Mogherab, meninggal dunia, sehingga meninggalkan dia dan anak-anaknya dalam keadaan miskin. Ketika itu, usianya 65 tahun.

Abu Bakar dan beberapa sahabat lainnya meminta Ummu Salamah menikah dengan mereka, tapi karena sangat cinta pada suaminya, Ummu Salamah menolak. Baru setelah Nabi Muhammad SAW menikahinya dan merawat anak-anaknya, dia bersedia.

7. Juwairiyyah

Ide nama bayi perempuan Islami lainnya adalah Juwairiyyah, yang merupakan istri Nabi Muhammad SAW dengan nama lengkap Juwairiyah bintu al-Harits bin Dharar bin Habib bin Jadzimah al-Khaza’iyyah al-Mushtaliqiyyah.

Nama Juwairiyyah memiliki arti "harapan menjadi perempuan yang solehah, rajin beribadah, cantik dan indah."

Juwariyyah juga merupajan seorang janda. Suami pertamanya adalah Masafeah Ibn Safuan. Nabi Muhammad SAW menghendaki agar kelompok dari Juwariyyah (Bani Al Mostalaq) masuk Islam. Juwariyyah menjadi tahanan ketika Islam menang pada perang Al-Mustalaq (Battle of Al-Mustalaq).

Ayah Juwariyyah datang pada Nabi SAW dan memberikan uang sebagai penebus anaknya. Nabi Mhammad SAW pun meminta sang ayah agar membiarkan Juwariyyah untuk memilih.

Ketika diberi hak untuk memilih, Juwariyyah menyatakan ingin masuk islam dan menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah yang terakhir. Akhirnya Nabi pun menikahinya, dan Bani Almustalaq pun masuk islam.

Baca Juga: 10 Nama Bayi Perempuan Islami yang Populer, Simak di Sini!

8. Mariah

Nama bayi perempuan Islami dari istri Rasulullah SAW lainnya adalah Mariah. Nama lengkapnya adalah Mariah al-Qibthiyyah, merupakan budak yang dihadiahkan oleh Raja Mesir kepada Nabi Muhammad SAW. Dia awalnya adalah orang yang membantu menangani permasalahan di rumah Rasullullah.

Ia kemudian dinikahi Nabi Muhammad SAW dan melahirkan seorang anak laki-laki yang diberina nama Ibrahim. Ibrahim meninggal di usia 18 bulan. Tiga tahun setelah menikah dengan Mariah, Nabi Muhammad SAW meninggal dunia. Lima tahun kemudian, Mariah menyusul.

Nama Mariah memiliki arti "kecantikan." Sebagai alternatif, Moms bisa menggunakan inspirasi nama bayi perempuan lainnya seperti Amariah, Azmariah, atau Qomariah.

9. Ramlah/Ummu Habibah

Nama bayi perempuan Islami dari istri Rasulullah SAW lainnya adalah Ramlah/Ummu Habibah. Dikenal dengan Ummu Habibah, istri Nabi Muhammad SAW ini nama lengkap Ramlah Bintu Abi Shafyan bin Harb. Rasulullah menikahinya dengan mahar sebesar 400 dinar.

Ramlah memiliki arti "tokoh sahabat wanita". Nama ini juga memiliki lafal yang manis, cocok sebagai nama bayi perempuan Islam untuk Si Kecil.

10. Shafiyyah

Ada Shafiyyah sebagai ide nama bayi perempuan Islami dari istri Nabi Muhammad SAW. Shafiyyah mempunyai arti "jernih dan murni".

Sejarahnya, Shafiyyah merupakan perempuan keturunan Yahudi Bani Nadhir. Ia merupakan tawanan pada perang Khaibar, dan Rasulullah menebusnya dan menikahinya pada tahun ke-7 Hijriyah.

11. Raihanah

Nama bayi perempuan Islami dari nama istri Rasulullah lainnya adalah Rainahan. Nama Raihanah punya arti wanita yang baik jiwanya dan tanaman yang harum baunya.

Raihanah merupakan seorang budak dari Bani Quraidzah. Ia merupakan perempuan Yahudi yang sebelumnya menolak masuk Islam. Banyak orang beranggapan bahwa Nabi Muhammad SAW menikahi Raihanan usai membebaskannya dari tawanan.

12. Maimunah

Nama bayi perempuan Islami dari nama istri Rasulullah lainnya adalah Maimunah. Nama Maimunah yang memiliki makna Yang diberi kebaikan dan Yang diberi taufik.

Nama ini pun dapat dimaknai sebagai Yang diberi kebaikan, dan Yang diberi taufik sebagai doa agar calon bayi perempuan Moms menjadi bayi perempuan yang mendapatkan keistimewaan.

Maimunah merupakan istri terakhir Nabi Muhammad SAW dan saudara seibu dengan istri Nabi Muhammad SAW, Zainab binti Khuzaimah. Dia masih berumur 36 tahun ketika menikah dengan Nabi Muhammad SAW yang sudah 60 tahun.

Nah, itulah beberapa nama bayi perempuan Islami dari nama istri-istri Rasulullah SAW. Nama-nama indah penuh makna itu pas sekali lho untuk Si Kecil.

Artikel Terkait